Lokasi Syuting Film Layla Majnun

Film Layla Majnun yang baru aja tayang di Netflix sehari lalu ternyata mengambil lokasi syuting di Azerbaijan.

Alhamdulillah, dua tahun lalu, saya berkesempatan jalan-jalan sendirian ke Baku Azerbaijan, dan telah mengunjungi beberapa tempat yang dijadikan lokasi syuting film Layla Majnun ini. Apa saja itu?

Baku Boulevard

Baku Boulevard, lokasi syuting film Layla Majnun

Ada adegan ketika Layla (Acha Septriansa) dan Samir (Reza Rahardian) berjalan di tepian laut, dan di belakangnya ada gedung menjulang tinggi. Itulah Baku Boulevard, yang jadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu di sore hari.

Baku Boulevard ini sudah ada sejak seratus tahun lalu, diawali saat para orang kaya saudagar minyak di Azerbaijan mendirikan villanya di tepi Laut Caspia.

Lama kelamaan boulevard-nya bertambah panjang hingga sekarang membentang sejauh 26km. Di tepian Baku Boulevard ini berderet hotel, restoran mewah, mal, taman hiburan, hingga gedung pertunjukan.

Boulevard ini terbagi menjadi dua, yakni Boulevard lama dan Boulevard baru atau yang sering juga disebut dengan nama Yani Boulevard. Di Boulevard yang baru, bisa naik sepeda yang bisa disewa seharga 2 manat per jam

Baca Juga: Solo Backpacking ke Azerbaijan: Menikmati Laut Caspia di Baku Boulevard

Baku Old City

Baku Old Town, lokasi syuting film Layla Majnun
lokasi syuting film layla Majnun

Banyak banget adegan di film Layla Majnun yang diambil di sini. Mulai dari ketika Layla jalan-jalan bareng temen-temennya Samir, sampe ketika Layla makan di restoran tempat Samir pernah bekerja.

Old city atau dikenal juga dengan nama Ichari Shahar ini adalah kawasan kota tua di Baku yang konon menjadi dasar terbentuknya kota Baku di zaman dulu kala.

Di sana terdapat banyak cafe dan restoran, serta hotel-hotel yang cukup mahal. Jika ingin merasakan hal yang berbeda dari Baku, saran saya, berlama-lama lah di sini. Atau, menginaplah di sini kalau dananya cukup.

Di dalam kawasan Old City ini terdapat Palace of the Shirvanshahs and Maiden Tower. Saya sebenarnya berniat masuk ke Palace tapi entah kenapa hari itu antriannya panjaang sekali hingga akhirnya saya mengurungkan niat saya ke sana.

Baca Juga: Pengalaman Naik Buta Airways dari Azerbaijan ke Georgia

Highland Park Baku

Masjid Turki, salah satu lokasi syuting film Layla Majnun

Di film LayLa Majnun, terdapat adegan ketika Samir dan Layla menikmati pemandangan Baku di malam hari dari atas. Atau adegan ketika Samir menerangkan soal perang Azerbaijan dan kemudian menunjuk sebuah masjid.

Nah, semua adegan itu lokasi syutingnya berada di Highland Park Baku.

Di area ini terdapat banyak objek yang bisa dilihat antara lain Martyrs’ Lane (Martyrs’ Alley) yakni memorial lane yang dibangun untuk mengenang para pejuang yang gugur dalam perang dengan Armenia memperebutkan kawasan Nagorno-Karabakh.

Ada juga masjid Turki, yang dibangun sebagai rasa terima kasih masyarakat Azerbaijan kepada Turki yang selama ini mendukungnya.

Untuk menuju ke sini, enaknya menggunakan Baku Furnicular atau dalam bahasa Azeri Bakı funikulyoru.

Lokasi syuting film Layla Majnun Terfavorit: Demirchi Village

Kalau yang ini, adalah lokasi syuting film Layla Majnun yang paling cantik menurut saya.

Demirchi Village adalah perkampungan kuno di pegunungan Kaukasus yang masih mempertahankan budaya dan bangunannya. Kalau di Turki mirip Sirince.

Demirchi Village ini merupakan tempat persinggahan para pedagang jalur sutera sehingga banyak caravan

Saya tidak ke sini karena waktu saya di Azerbaijan hanya tiga hari. Sulit untuk ke sini sendirian dan jauh pula (sekitar 10 jam), tapi banyak tur di Baku yang menawarkan paket tur ke Demirchi Village.

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!