lifestyle

Review Scarlett Whitening Acne Serum

Review Scarlett Whitening Acne Serum
Scarlett Whitening Acne Serum dan Brightly Ever After

Setelah sebulan lalu mencoba bodycare-nya Scarlett Whitening dan cocok, saya memberanikan diri mencoba Scarlett Whitening serum. Nggak biasa-biasanya saya coba-coba skin care, tapi karena muka sedang beruntusan/jerawat kecil-kecil di pinggir mata dan di dagu dekat telinga, akhirnya kepingin juga coba ini.

Gara-gara liat Chelsea Verhouven juga sih. Hahaha, ketauan deh nontonin Kiano terus.

Sebenarnya, wajah saya ini bukan tipe wajah yang sensitif dan bermasalah. Tapi entah kenapa, sejak pandemi dan lebih banyak di rumah, malah muncul jerawat kecil-kecil. Dan susah banget hilangnya. Sepertinya sih karena saya malas cuci muka ya.

By the way, ada dua varian Scarlett Whitening serum yang saya coba yakni Brightly Ever After dan Acne Serum. Saya sudah coba selama 3 minggu dan ini review-nya.

Scarlett Whitening Acne Serum

Saya coba ini dulu pertama kali karena pengennya sih ngeberesin wajah yang jerawatan dulu baru selanjutnya buat muka jadi glowing.

Oiya, wajah saya ini tipe kombinasi, jadi di daerah T berminyak dan di daerah lainnya normal cenderung kering.

Review Scarlett Whitening Acne Serum
Scarlett Whitening Acne Serum kemasanannya berwarna ungu-putih

Gimana Kemasannya?

Kata orang: dont judge a book by its cover. Tapi buat saya, kemasan itu menentukan banget impresi pertama. Kadang beli produk gara-gara kemasannya menarik.

Nah, kemasan Scarlett Whitening Acne Serum ini lumayan menarik. Warnanya ungu-putih, terkesan simpel dan modern. Gaya kemasan begini emang lagi ngetren saat ini. Botolnya terbuat dari kaca lumayan tebal, bukan dari plastik. Dan tutupnya berupa pipet sehingga gampang kalau mau aplikasiin serum ini ke wajah.

Tadinya agak ngeri saat tau ini botol kaca. Takut pecah waktu pengiriman. Tapi ternyata, packaging luarnya menggunakan kardus tebal, dan diberi lapisan bubble wrap juga, jadi aman.

Gimana Kandungannya?

Ada beberapa kandungan yang tercantum di kemasannya. Ini saya tulis di sini ya, beserta manfaatnya yang saya cari di google.

  • Tea Tree Water
    Manfaatnya adalah untuk melawan bakteri penyebab jerawat, sekaligus melembabkan kulit serta mengurangi minyak diwajah
  • Jeju Centella Asiatica
    Fungsinya untuk menjaga kelembaban kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, serta mempercepat penyembuhan luka pada kulit
  • Vitamin C
    Membantu menghilangkan bekas jerawat. Plus mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas.
  • Salicylic Acid
    Meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo. Ini bahan saya rada hapal, karena semua obat jerawat pasti ada ini.
  • Liquorice Extract
    Gunannya untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi, serta menyerap kelebihan minyak di wajah.

Tekstur dan Bau

Kalau untuk teksur, ga terlalu cair dan ga terlalu kental juga. Mirip lah dengan tekstur serum pada umumnya. Tapi cepat meresap ke kulit.

Baunya ini yang kurang saya suka. Baunya agak kuat, seperti bau obat herbal . Katanya sih, bau yang kuat ini muncul karena Acne Serum ini tidak menggunakan tambahan pewangi sehingga baunya ya tidak wangi sama sekali.

Tapi di sisi lain, bagus juga sih ga ada pewangi, jadi lebih aman buat kulit sensitif yang tak tahan pewangi.

Hasil Pemakaian

Saya memakainya satu kali sehari, hanya di bagian yang berjerawat aja. Jadi di sekitar dahi, samping mata, dan dagu dekat telinga, plus sedikit di pipi kanan. Langsung saya teteskan 2-3 tetes di telapak tangan, dan dioleskan di bagian yang berjerawat.

Saya nggak pakai di bagian lainnya karena memang tidak bermasalah dan tidak berjerawat.

Setelah pakai selama dua hari, gatal di jerawat hilang. Dan setelah pakai ini selama dua minggu plus jadi rajin cuci muka, jerawat kecil-kecil di sisi pipi mulai berkurang walau ga semuanya hilang.

Kok lama? ya karena jerawat kecil ini emang susah banget dihilangin, biasanya mesti facial baru hilang.

Scarlett Whitening Brightly Ever After

Setelah jerawatnya mulai hilang, saya mulai pakai Scarlett Whitening Brightly Ever After. Jadi kira-kira seminggu minggu saya pakai ini.

Oya, sebaiknya sih jangan mengkombinasikan dua serum ini dalam satu kali pakai ya, karena takutnya malah kulitnya jadi bermasalah.

Review Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum
Scarlett Whitening Brightly Ever After kemasannya berwarna peach-putih

Gimana Kemasannya?

Kalau Scarlett Whitening Acne Serum berwarna ungu-putih, Scarlett Whitening Brightly Ever After hadir dalam kemasan berwarna pink pastel-putih. Kesannya lembut banget.

Ukurannya sama dengan Acne Serum, hanya 15ml. Lumayan kecil, tapi sepertinya ukuran ini dibuat untuk menekan harga agar lebih terjangkau. Botolnya kaca dan tutupnya pun pipet yang gampang diaplikasikan.

Kandungan Scarlett Brightening Ever After

Ini kandungan yang tertera di kemasan. Penasaran, saya cek di website mereka apa manfaatnya.

  • Lavender Water. Gunanya untuk melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi peradangan pada kulit, detoksifikasi kulit meningkatkan sirkulasi darah dan menghaluskan kulit
  • Phyto Whitening yang diklaim bermanfaat untuk mencerahkan wajah tanpa menyebabkan iritasi.
  • Niacinamide. Bahan ini bisa melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam,dan mencegah kanker kulit melanoma.
  • Glutathione. Bisa meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, membuat kulit lebih sehat dan terlihat glowing.
  • Vitamin C. Membantu menghilangkan flek dan bekas jerawat, mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas.

Hasil Pemakaian

Warna cairan serumnya seperti susu, agak keruh dan teksturnya cukup kental, lebih kental daripada Scarlett Acne Serum. Tapi ga lengket dan langsung meresap.

Saya pakai ini sehari sekali, di malam hari sebelum tidur. Saya teteskan langsung ke wajah, lalu diusap dan diratakan sambil dipijat-pijat. Besoknya ketika bangun, saya ngerasa kulit saya jadi kenyal gitu dan agak glowing. Ini baru saya pakai selama seminggu, mudah-mudahan setelah pemakaian rutin ke depan, wajah saya sama glowing-nya dengan artis Korea ya…

Gimana soal wanginya? Sama seperti Acne Serum, bau Scarlett Whitening Brightly Ever After ini juga kuat, seperti bau obat herbal. Tapi kalau sudah diaplikasikan ke wajah, ga tercium lagi sih baunya.

Lagi-lagi, bau ini timbul karena serum ini tidak menggunakan pewangi, jadi aman buat kulit sensitif.

***

Berapa harganya? Jangan kaget sih pas lihat harga serum ini ya, kkarena ternyata terjangkau banget. Hanya 75.000 rupiah untuk kemasan 15 ml. Belinya bisa di Shopee (di akun ScarlettOfficialShop). Worth it sih menurut saya.

Oya, sebelumnya, saya udah tanya apa kedua serum sudah terdaftar resmi di Badan POM. Dan langsung dijawab adminnya kalau keduanya sudah terdaftar dan bisa dicek di kemasannya. Jadi tenang kan….

Mantan jurnalis dan editor di Kompas Gramedia Group. Travel writer yang sudah mendatangi 41 negara di dunia.

2 Comments

  • Fanny_dcatqueen

    Aku seneeeeeng banget Ama produk Scarlett ini :D. Karena cocooook di kulitku yang super duper sensi mba. Aku termasuk yg susah kalo nemuin skincare. Makanya jarang Gonta ganti. Klo udh cocok ya udah. Sebelumnya aku pake produk jepang yg premium dan hrg 1 set aja mahal banget. Tp wkt itu ga masalahin Krn msh kerja.

    Nah berhubung skr udh resign, ya ga mungkin aku Trus pake produk itu, bisa ga traveling hahahah. Makanya cari produk lokal yg terjangkau tp cocok Ama aku. Awalnya pake serumnya dulu. Setelah cocok, baru pake night cream, lalu day cream. Alhamdulillah semuanya ada efek yg kliatan di aku.

    Harga terjangkau, dan beneran nunjukin hasil pula… Siapa yg ga seneng 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!