Beda Negara, Beda Cara Dagangnya

Gue bukan orang yang demen belanja. Tapi berhubung sodara-sodara gue banyak banget, mau ga mau gue kudu pergi ke pasar buat beli oleh-oleh. Beda negara, ternyata beda juga cara menjualnya. Walaupun intinya sebenernya sama, yakni mau ngerayu calon pembeli agar membeli dagangan mereka. Orang Turki yang paling jago soal rayu merayu ini. Di awal mereka …

Continue reading Beda Negara, Beda Cara Dagangnya

Istanbul, Kota Cantik di Tengah Asia dan Eropa

Ada 2 negara di dunia yang sangat ingin saya kunjungi: Mesir dan Turki. Alhamdulillah, cita-cita saya sudah terwujud 1/4 –nya. Saya udah mengunjungi salah satu kota mahapenting di Turki: Istanbul. Kata orang, Istanbul adalah kota paling cantik di dunia. Kata saya, Istanbul tiada duanya. Rasanya saya jatuh cinta pada kota kecil yang dulunya bernama Konstantinopel ini. Merujuk pada berbagai …

Continue reading Istanbul, Kota Cantik di Tengah Asia dan Eropa

Pakai Guide

Karena kunjungan ke Turki merupakan paket Umrah, gue terpaksa pake guide. Enak sih, tinggal duduk manis. Tapi, lebih banyak ga enaknya. Waktu terjadwal, mesti ikutin dia maunya apa. Ditambah lagi, guide gue doyaaan banget cerita. Awalnya sih gue seneng menyimak omongannya, tapi lama kelamaan, gue lebih memilih buat moto-moto aja ketimbang dengerin suara cemprengnya dia.Karena …

Continue reading Pakai Guide

Hagia Sofia, Masjid atau Gereja?

Salah satu bangunan yang menjadi ikon Istanbul adalah Hagia Sofia. Menurut Mahmet, pemandu gue di sana, Hagia Sofia atau Aya Sofia berarti “jiwa yang suci”.Hagia sofia dibangun di zaman Konstantius, anaknya Konstantin yang Agung. Awalnya, bangunan ini digunakan sebagai gereja. Lalu setelah Istanbul direbut oleh pasukan Islam dan berganti nama menjadi Konstantinopel, Hagia Sofia berubah …

Continue reading Hagia Sofia, Masjid atau Gereja?

Wisata Kuliner di Istanbul

Walaupun gue berdiam diri di Istanbul hanya 3 hari, gue sempet mencicipi beberapa macem makanan khas Turki. Gue sebutin nih satu-satu .. Kofte: daging sapi atau kambing giling yang dibumbuin, dibentuk kayak perkedel dan dipanggang. Rasanya enak dan gurih, biasanya dimakan ama bulgur pilav atau ekmek. Ekmek: semacem roti tipis dari gandum yang dipake untuk bungkus …

Continue reading Wisata Kuliner di Istanbul

Makan Dondurma

Dondurma adalah nama makanan sejenis es krim. Dari tampang, nggak beda dengan es krim di sini. Rasanya juga mirip-mirip: manis.. Bedanya, es krim khas turki ini lengket banget. Nggak gampang mencair kayak es krim biasanya. Nggak bakal tumpah juga kalo dibalik ke bawah. Katanya, es krim ini terbuat dari bahan salep. Salep yang dimaksud di …

Continue reading Makan Dondurma

Mengarungi Selat Bosporus Yang Cantik

Selat Bosporus adalah selat yang memisahkan Turki Eropa dengan Turki Asia. Dari peta yang gue liat, selat yang lebarnya lebih kecil dari sungai Mahakam ini ternyata menghubungkan laut Marmara dengan laut Hitam. Dari dulu hingga sekarang, selat ini menjadi urat nadinya Istanbul. Semua istana dibangun dengan view menghadap selat ini. Pun dengan perumahan elit dan …

Continue reading Mengarungi Selat Bosporus Yang Cantik