lifestyle

KO Virus Disinfectant Spray, Melindungi Diri Selama Traveling

KO Virus Disinfectant Spray
KO Virus Disinfectant Spray

Saat travelling ke Rusia Maret tahun lalu, pandemi sudah mulai merebak walau angka yang terinfeksi masih hitungan jari.

Walau begitu, saat itu saya sudah menerapkan protokol yang sangat ketat. Pakai masker sepanjang perjalanan, jauh-jauh dari kerumunan, dan menggunakan alhokol 99% sebagai desinfektan.

Desinfektan ini bukan cuma saya pakai di telapak tangan. Tapi juga saya semprotkan ke seat pesawat, tray, jendela, pegangan kursi, dan apapun yang akan saya sentuh selama penerbangan. Handphone, handle koper yang sering saya sentuh pun saya semprot secara rutin. Biar aman dan tenang.

Nah, begitu pandemi merebak dan angka yang positif naik drastis, saya belum berpergian jauh. Paling hanya staycation di hotel terdekat dengan standar kebersihan yang bagus.

Walaupun hotelnya sudah menyemprotkan desinfektan, saya menyemprotnya lagi di area yang sering saya sentuh, seperti bantal tidur, sakelar, remote TV dan AC, handle pintu, dan sebagainya.

Kenapa saya repot-repot melakukannya? Karena virus bisa menyebar lewat benda-benda yang kita sentuh. Jika sebelumnya benda tersebut terkena droplet dari penderita, jika tidak dibersihkan dengan desinfektan, benda itu bisa menyebarkan virus ke saya. Saya kan nggak tahu ya sebelumnya yang ada di situ siapa saja.

KO Virus Pilihan Desinfektan Spray yang Bagus untuk Keluarga

KO Virus Disinfectant Spray

Nah, baru-baru ini saya berkenalan dengan sebuah desinfektan tanpa alkohol. KO Virus Disinfectant Spray namanya.

Berbeda dengan yang saya pakai sebelumnya, desinfektan ini tidak mengandung alkohol. Namun mengandung HCIO, atau bahasa gampangnya, asam hipoklorit.

Saya sempat bertanya soal HCIO ini kepada kawan saya yang mengerti soal kandungan kimia, dan dia menjelaskan panjang lebar soal asam hipoklorit dan proses pembentukannya.

Tak usahlah saya bahas di sini karena akan bikin pusing, tapi intinya asam hipoklorit yang merupakan senyawa kimia dari klorin memang punya fungsi sebagai desinfektan yang efektif karena bisa merusak dinding virus dan material di inti virus.

Bahkan menurut salah satu artikel kesehatan yang saya baca di www.ncbi.nlm.nih.gov, asam hipoklorit yang digunakan sebagai desinfektan sesuai takaran yang tepat mampu mencegah penularan virus covid 19. Virus yang paling ditakuti saat ini.

Review KO Virus: Disinfectant Spray yang Aman untuk Kesehatan

Aman untuk kulit, tidak membuat kering dan iritasi

Karena tidak mengandung alkohol, desinfektan ini tidak membuat tangan saya jadi kering, seperti halnya desinfektan yang mengandung alkohol. Dan kalau lihat penjelasannya, KO Virus Disinfectant Spray ini punya pH normal (pH 5-6) yang memang tidak membuat kulit kering dan iritasi.

Karena tidak mengandung alkohol dan pewangi, desinfektan ini aman dipakai siapa saja. Saya, keponakan saya yang masih kecil, bisa menggunakannya. Bayi pun. Karena KO Virus ini juga disinfectant untuk bayi yang aman dan terjangkau.

Dan juga aman buat kucing tetangga yang suka saya semprot dengan desinfektan kalau dia main ke rumah saya, karena tak akan menggangu pernapasannya. *Soalnya itu kucing suka bolak balik di kaki sih.

Walaupun aman, tentu saja pemakaiannya harus diperhatikan ya. Seusaikan dengan petunjuk, jangan sampai kena mata dan juga jangan disemprotkan ke area wajah.

Cara Menggunakan KO Virus, di Mana Saja dan Kapan Saja

Selain berfungsi sebagai desinfektan, KO Virus Disinfectant Spray ini juga bisa dipakai sebagai penghilang bau. Bisa untuk mengatasi bau tak sedap pada sepatu, atau bau lembab pada kamar mandi dan ruangan lainnya.

Jadi bisa dipakai sebelum lepas sepatu di pesawat nih, jangan sampai baunya semerbak membuat orang pusing.

Saya belum coba buktikan ini karena belum ada sepatu yang lembap. Kamar mandi pun sudah ada pengharumnya. Namun saya sempat menyemprotkan ini ke baju yang agak lembap karena tak kering. Baunya lumayan menghilang.

Sepertinya, KO Virus Disinfectant Spray ini akan jadi teman travelling setia saya di era New Normal. Soalnya botolnya handy, ukurannya 100ml, sehingga muat dimasukkan ke tas dan masih bisa dibawa ke dalam kabin pesawat.

Bentuknya pun spray, pemakaiannya juga jadi gampang. Tinggal semprot ke area yang ingin dibersihkan.

***

Kalau kalian tertarik juga, bisa beli di www.mooimom.id ya. Dan kalau pakai kode voucher BLOGRAHMA10 bisa dapat potongan 10% maks. Rp 30,000 dengan min. belanja 300ribu (hanya berlaku untuk produk dengan harga diskon).

Mantan jurnalis dan editor di Kompas Gramedia Group. Travel writer yang sudah mendatangi 41 negara di dunia.

56 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!