Panduan Membuat E-Visa Azerbaijan

Untuk masuk ke Azerbaijan, penduduk Indonesia hanya diwajibkan membuat E-Visa. Caranya gampang dan ga makan waktu lama, tinggal ikuti panduan yang ada di website resmi Azerbaijan.

Begini caranya:

1. Masuk ke situs resmi

Situs resmi untuk membuat E Visa Azerbaijan adalah https://evisa.gov.az/en/. Begini penampakan halaman awalnya. Pilih tombol application yang ada di kiri.

visa azer-1

2. Isi data awal

Isi nationality dengan Indonesia, passport dengan ordinary passport, dan number of entries dengan single entry kecuali kalian mau balik lagi ke sini.

visa azer-2

3. Isi data lainnya

  • Purpose of visit: isi dengan tourism.
  • Consideration periode: kalau nggak terburu-buru, isi 3 hari aja. Kenyataannya, dalam waktu cuma sehari, e-visa ini udah saya dapatkan. Harga visa yang jadi dalam watu 3 hari sebesar 23 dolar, sementara kalau 3 jam harganya 50 dolar.
  • Starting date of e-visa validity: saya biasa mengisinya dengan tanggal sehari atau dua hari sebelum tanggal kedatangan yang betulan. Tujuannya agar kalau terjadi sesuatu, misalnya penerbangan saya dimajukan, saya masih tetap bisa masuk. Jangan khawatir, visanya berlaku lama kok, 9 bulan dari tanggal awal.

visa azer-3

4. Isi data personal

Di sini banyak data yang diminta. Ada surname (nama belakan/nama keluarga), given name (nama depan). Tanggal lahir, pekerjaan, email, alamat, nomer telepon, dan lain sebagainya.

Yang penting adalah, mereka minta bukti foto atau scan paspor. Foto atau scan paspor ini mesti jelas, ga boleh burem atau kena cahaya. Contohnya bisa diliat di bawah, itu saya ambil contohnya dari situs resmi e-visa Azerbaijan ya, bukan foto saya, apalagi foto si Babang.

Oiya, di bagian bawah ada pertanyaan penting lainnya: Have you ever visited the Nagorno-Karabakh and other regions of the Republic of Azerbaijan occupied by the Republic of Armenia since 1991 without an official permission of the Republic of Azerbaijan?

Ini tentu aja mesti dijawab dengan “no”, kalau mau visa-nya diapprove. Azerbaijan dan Armenia dari tahun 1991 memperebutkan wilayah ini. Jadi kalau pernah ke situ, dijamin akan ditolak mentah-mentah di Azerbaijan.

visa azer-4a

passport_valid_hint

5.  Email Verification

Kalau sudah submit, selanjutnya akan ada verifikasi yang dikirim ke email yang kalian cantumin tadi di form. Klik link yang ada di email, dan akan muncul halaman pembayaran. Kalian bisa membayarnya dengan kartu kredit atau paypal. Saya memilih bayar dengan kartu kredit, walaupun saya punya paypal. Soalnya, rate paypal suka nggak masuk akal.

Setelah bayar, akan ada email lagi yang berisi pemberitahuan kalau pembayaran sukses dan tinggal tunggu dikirim visa.

Walaupun saya membayar untuk visa yang jadi dalam waktu 3 hari, nyatanya, esok harinya saya sudah dikirimi email yang berisi pemberitahuan kalau e-visa Azerbaijan saya sudah jadi dan saya bisa mengunduhnya lewat link yang ada di email.

Mudah dan cepat, kan?

Baca Juga: Tempat Wisata di Baku Azerbaijan yang Cocok Bagi Muslim Traveller

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis dan editor di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

Kalau ada pertanyaan atau tanggapan, silakan komen di bawah ini yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s