Begini Cara Membuat E-Visa Turki

Perjalanan solo travelling saya ke lima negara di bulan Juni lalu menyebabkan saya mesti menyiapkan banyak visa sebelum berangkat. Salah satu yang saya harus lakukan adalah membuat e-Visa Turki.

Ini kali ketiga saya ke Turki. Yang pertama, apply visa di Kedutaan di Jakarta. Kedua, pakai e-Visa, karena malas VoA di bandara.

Nah sejak tahun lalu, Turki tidak memperbolehkan lagi turis negara lain, termasuk Indonesia, masuk ke negaranya dengan menggunakan VoA. Semuanya harus menggunakan e-Visa Turki yang bisa diapply secara online melalui situs resminya.

Cara membuat e-Visa Turki ini ga susah kok. Lebih susah nyari jodoh #halahcurhat. Hanya butuh koneksi internet dan kartu kredit. Ga punya kartu kredit? Pinjem punya temen.

Begini cara membuat e-Visa Turki.

1. Masuk ke situs resmi

Situs resmi untuk membuat e-Visa Turki adalah https://www.evisa.gov.tr/en/ . Banyak situs yang mirip-mirip dengan ini, namun situs yang di atas ini adalah satu-satunya situs resmi  untuk membuat e-Visa Turki. Tampilannya seperti ini.

turki visa-1

2. Klik Apply Now

Lalu isi asal dan kode yang terpampang di layar. Setelah itu, akan muncul halaman yang berisi nama negara dan jenis paspor. Isi dengan Indonesia dan ordinary passport.

Setelah itu, akan muncul halaman yang berisi tanggal kedatangan. Kalau saya sih, selalu mengisinya dengan tanggal tiga hari sebelum mendarat. Misalnya saya akan mendarat di Istanbul tanggal 27 Agustus 2019, maka saya isi tanggal kedatangan dengan 24Agustus.

Kenapa mesti dua hari sebelumnya? Untuk jaga-jaga aja, siapa tahu ada reschedule pesawat tiba-tiba dan kedatangan saya dimajukan sehari atau dua hari. Jangan khawatir, e-Visa Turki ini berlaku enam bulan dari tanggal kedatangan.

turki visa-2

3. Isi Data Pribadi

Setelah itu akan muncul halaman data pribadi. Isi deh sesuai datanya.  Yang penting diingat adalah given name dan surname yaa…..jangan ketuker kayak punya saya hingga akhirnya saya mesti senyum manis ke petugas imigrasi Turki yang ganteng.

Given/First Name(s): isi dengan nama depan (kata pertama). Misalnya nama saya kan Rahma Ahmad. Ya nama depan saya adalah Rahma. Kalau namanya ada tiga kata, misalnya Rahma Mawar Ahmad, maka yang ditulis di first name itu adalah Rahma Mawar.

Surname(s): isi dengan nama belakang (kata terakhir). Kalau ga punya nama belakang, alias namanya cuma satu kata aja, kosongin aja. 

Baca Juga: Imigrasi Oh Imigrasi

turki visa-4

Setelah itu tinggal bayar sejumlah 25 USD (plus 1.05 biaya administrasi) via kartu kredit. Tunggu deh email dari Republic of Turkey yang menyatakan bahwa E-Visa sudah jadi dan siap didownload dan dicetak.

Oiya, E-Visa Turki ini berlaku selama enam bulan dari tanggal kedatangan yang diisi, dan bisa digunakan untuk keliling turki selama 30 hari. E-Visa Turki ini sifatnya single entry ya, jadi kalau mau masuk Turki lagi setelah jalan-jalan ke negara tetangganya, mesti apply dua visa yang berbeda.

Selamat jalan-jalan ke Turki!

 

 

Advertisements

Author: rahma

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

9 thoughts

  1. Mudah banget ya, seperti buat indomie 😀 wkwk

    Tahu blog ini sejak tahun 2018 lalu waktu mau pertama kali piqnik ke LN. Tulisannya sangat mengalir sekali enak dipahami. Jujur kalau sedang boring kerja aku sering buka ini blog sekedar baca-baca.

    Eh ternyata betul sangat bermanfaat, pas ke KL bulan kemarin jadi sangat menyenangkan.

    Sukses selalu kak rahma!, lancar terus rezekinya supaya bisa terus mengobarkan semangat travelling ke luar negeri hehe dan dimudahkan Jodohnya. Aamiin

    Kalau ke jogja, kabar2.

    Like

  2. kalau mau bikin visa/e visa tuh brapa hri/bulan sebelum kedatangan ya mbak?
    punten..kalau saya mau ke yunani nanti bulan Maret 2020 (tiket sudah beli)….trus kapan bisa bikin ngurus visa/e visa nya…bisa kah diurus sekarang? (oktober 2019).
    haturnuhuun…

    Like

    1. Sebulan masih bisa Pak, cepet kok jadinya visa Turki ini.
      Nah, kalau visa schengen Yunani saya kurang paham, belum pernah urus visa Schengen dari Yunani :D.
      Tapi setau saya, jadwal visa di sana sangat padat. Jadi sebaiknya kalau buat bulan Maret, dari bulan Desember bapak sdh telp ke kedutaannya untuk minta jadwal apply visa. Nanti mereka yang nentuin kapan bapak bisa masukin berkas, sesuai keberangkatan bapak.

      Like

      1. maturnuwuuun sangeet mbaak rahmaaa…Tuhan memberkati mbak Rahma…yang senantiasa memberi pencerahan, menuntun kami yang “buta” tuk mulai travelling belajar ttg budaya dan kehidupan ini ..

        Like

      2. maturnuwuun sangeet mbak Rahmaa..ini baru ngumpulin semua cerita mbak rahma yang ke iran…berminat banget rasanya he he he he

        Like

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s