8 Aplikasi yang Penting Saat Wisata ke Turki

aplikasi saat wisata ke Turki

Turki adalah negara indah yang jadi favorit banyak orang, termasuk saya. Sudah tiga kali saya berwisata ke sana. Rasanya ingin kembali lagi, lagi, dan lagi.

Nah, saat wisata ke Turki itulah, saya dibantu oleh beberapa aplikasi di handphone. Aplikasi-aplikasi ini saya unduh saat masih di Indonesia, dan terbukti sangat berguna selama di sana.

Apa saja aplikasi yang penting saat wisata ke Turki?

1. Moovit

Moovit ini adalah aplikasi andalan saya ketika berwisata, termasuk ketika wisata ke Turki.

Moovit ini sangat berguna untuk mengetahui angkutan umum apa yang mesti kita ambil dari satu destinasi ke destinasi, lokasi tempat angkutan umum berada, dan berapa lama waktu tempuh ke destinasi.

Enaknya, aplikasi ini adalah aplikasi real time. Artinya, kalau kita bergerak, dia akan bergerak seiring pergerakan kita. Dan akan memberi tahu kalau kita sudah sampai di tujuan.

Buat saya, aplikasi ini lebih akurat dibanding google map, lebih detail dan user friendly juga.

2. Trafi

Aplikasi yang sejenis dengan Moovit adalah Trafi. Namun saya belum pernah menggunakannya, jadi tak bisa memberikan review soal aplikasi ini.

Namun menurut kawan saya, aplikasi ini berguna banget saat di sana terutama saat akan naik kereta antarkota di Turki.

3. Bi Taksi

Bi Taksi ini adalah aplikasi untuk memanggil taksi di kota-kota besar di Turki. Saya baru mencobanya di Istanbul dan lumayan berguna.

Nantinya akan ada pilihan taksi jenis apa yang bisa digunakan; ada pilihan taksi standar dan taksi premium, juga dilengkapi dengan harganya.

Berbeda dengan grab atau gocar, taksi yang ada di Bi Taksi ini adalah taksi resmi dan harganya juga tak lebih murah daripada kita menyetopnya di pinggir jalan. Namun lebih terjamin dan lebih mudah.

Saya dua kali memakainya, salah satunya saat saya turun di terminal di pagi buta dan mesti membawa koper ke perhentian bus bandara. Daripada susah, akhirnya saya naik taksi dan memanggilnya dengan aplikasi ini.

Baca Juga: Transportasi dari Bandara Baru Istanbul

4. Google Translate

Di daerah yang banyak turis seperti Istanbul dan Kapadokya rata-rata orang Turki bisa berbahasa Inggris dasar. Namun di daerah seperti Izmir, atau daerah Turki Timur, masih banyak yang tak bisa berbahasa Inggris. Nah, aplikasi google translate ini bisa sangat membantu menterjemahkan apa yang kita maksud.

Google translate yang berupa aplikasi juga bisa membaca huruf Turki melalui kamera dan kemudian menterjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia atau bahasa lain yang diinginkan.

Satu lagi fitur andalan google translate yang amat berguna bagi saya adalah translate ucapan. Walau kadang meleset kalau pengucapan kita tak jelas, namun lumayan lah…

5. Sesli Sözlük

Ini aplikasi yang disarankan sepupu saya yang tinggal di Turki, untuk menggantikan google translate yang sering kacau penerjemahannya.

Mirip sebenarnya dengan google translate, namun ia hanya bisa menterjemahkan dari bahasa Turki ke bahasa Inggris, jerman, spanyol, dan beberapa bahasa lain. Belum ada pilihan bahasa Indonesia.

Saya pakai yang mana? Google translate aja karena memori handphone saya tak cukup untuk mengunduh aplikasi lagi.

6. Airbnb dan Booking.com

Dua platform untuk booking penginapan di Turki ini adalah andalan saya. Saya biasanya membandingkan mana yang lebih murah di antara keduanya, dan membandingkannya lagi dengan tempat booking hotel lain seperti Agoda, Traveloka, Tiket.com, dan sebagainya.

Oiya, untuk kamu yang pertama kali pakai airbnb, bisa klik referral saya ini. Akan dapat potongan harga hingga 15 dolar lho…

7. Culinary Backstreets

Ini adalah aplikasi untuk mengetahui lokasi-lokasi tempat makanan favorit di beberapa negara di dunia, termasuk di Turki.

Selain nama restoran, ada juga review dari beberapa travel blogger dan reviewer di sana. Saya jarang pakai ini karena buat saya, semua makanan di Turki termasuk makanan di pinggir jalannya rasanya enak dan enak banget.

8. EX Currency

Ini aplikasi yang perlu ga perlu sih. Aplikasi ini berguna menghitung kurs dari lira turki ke mata uang lain, termasuk rupiah. Kursnya lumayan akurat, jadi berguna banget kalau akan belanja supaya nggak salah hitung.

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis dan editor di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

8 thoughts

    1. hahaha….bener. Aku kalau ke beberapa negara sekaligus kosongin memori hape dulu dari Indonesia. Tapi mirip-mirip sih aplikasinya, kayak movit ama google atau airbnb bisa dipake dmn-dmn. Paling taksi lokal yang beda

      Liked by 1 person

    1. Halo Mbak Rosa, salam kenal juga.
      Hayuk ke Turki, ga akan nyesel deh. Tapi siap2 bawaan nambah karena kalap beli cemilan ama pernak pernik lucu

      Like

Kalau ada pertanyaan atau tanggapan, silakan komen di bawah ini yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s