Transportasi dari Bandara Baru Istanbul

Bandara Ataturk di Istanbul sudah tidak dipakai lagi, diganti dengan bandara baru Istanbul International Airport (Istanbul Havalimani) yang jaraknya dua kali dari bandara Ataturk. Tapi jangan khawatir, walaupun jauh, transportasi dari Bandara Istanbul ini ke tengah kota, misalnya ke Sultanahmet tak susah.

Ada beberapa transportasi umum yang bisa digunakan dari Istanbul International Airport ke kota, antara lain metro dan bus airport  Havaist. Saya belum pernah mencoba naik Metro; malas harus berganti kereta. Saya lebih suka naik bus Havaist karena tinggal duduk tenang sampai tujuan. 

Bus Havaist ini ada di pintu keluar bandara. Tapi sebelum ke naik ke bus, ada baiknya beli sim card dan ambil uang dulu di ATM bandara. Saya lupa nama bank yang biasa saya ambil, tapi ada beberapa bank yang men-charge komisi 10 persen, ada pula yang free. 

Kenapa mesti ambil ATM, ga bawa uang dari sini? Karena Lira, mata uang Turki, agak susah ditemukan di Indonesia. Karena jarang itulah, kurs lira jadi mahal. Lumayan beda 500-1000 rupiah kalau dibandingkan dengan kurs ambil di ATM sana. Lumayan banget kan. Tapi sih, buat jaga-jaga, saya selalu bawa USD sekitar 100-200 dolar. Jadi kalau ATM tiba-tiba bermasalah, masih ada cadangan.

Baca Juga: Begini Cara Membuat E-Visa Turki

Lokasi Havaist Bus di Bandara 

Havaist bus ini berlokasi di pintu keluar New Istanbul Airport. Tinggal cari tanda public bus, atau tanya aja ke petugas yang pakai rompi Havaist yang berseliweran di sana-sini. Walau banyak yang ga bisa bahasa Inggris, mereka baik kok, bahkan ada seorang petugas yang membantu saya mendorong dua koper saya hingga ke tempat Havaist Bus berada. Ya,saya waktu itu bawa dua koper, karena satu koper isinya titipan sepupu yang tinggal di sana.

Harga tiket Havaist Bus ini sekitar 26 TL atau sekitar 100 ribu rupiah. Bisa dibeli di loket atau mesin karcis di dekat bus, dengan uang cash. Ingat, cuma bisa dengan uang cash. Atau saran saya, agar lebih mudah, belilah kartu Istanbul Card (IstanbulKart). Istanbul Card ini semacam kartu Jak Linko, yang bisa dipakai untuk naik semua transportasi umum di Istanbul.

istambulkart
Sumber: istanbulkart.istanbul

Di Mana Beli IstanbulKart?

IstanbulKart bisa dibeli di mesin tiket yang ada di lantai -2nd Arrival Hall. Di situ berderet banyak mesin berwarna kuning bertuliskan Biletmatik, tempat membeli IstanbulKart. Istanbulkart juga bisa dibeli di loket dekat Havaist Bus berada. Tapi ingat, dua-duanya cuma bisa pakai uang cash.

Oiya, Istanbulkart ini katanya berlaku selama lima tahun. Tapi punya saya udah lebih dari 10 tahun dan masih bisa kepakai. Saldonya terakhirnya pun masih aman.

Nah, di kunjungan terakhir saya ke Turki, pesawat Oman Air saya delay 5 jam. Dan itu artinya, saya sampai di New Istanbul Airport hampir tengah malam. Alhasil, saya mesti lari-lari mengejar bus terakhir dan tak sempat mengambil uang di atm. Kartu kredit ternyata tidak bisa digunakan untuk membeli tiket bus di mesin dan Istanbul Card saya isinya cuma tinggal 6 lira. Untunglah bisa menggunakan kartu kredit berlogo Mastercard di dalam bus (hanya yang logonya mastercard ya, bukan visa)

Lokasi beli Istanbulkart di Bandara Istanbul
Lokasi beli Istanbulkart di Bandara Istanbul

Rute dan Jadwal Havaist Bus

Bus Havaist ini ada setiap 15 menit sekali, dan benar-benar tepat waktu. Kalau lewat, ya mesti tunggu bus selanjutnya. Bus ada paling pagi jam 05.00 dan paling malam jam 11.00 (tergantung rute).

Bus ini punya beberapa rute. Rute paling popular buat turis adalah tujuan Sultanahmet dan Taksim. Di Sultanahmet, bus akan berenti di Sultanahmet Square, dekat dengan Hagia Sofia. Sementara di Taksim, akan berhenti di Taksim Square, dekat KFC.

Ini rutenya yang saya ambil dari situs resminya Havaist Bus. Untuk tujuan Sultanahmet bisa naik Bus Havaist nomer 1S, sementara tujuan Taksim bisa naik nomer 19.

İST6 ALİBEYKÖY OTOGARI (Coach Station)-ISTANBUL AIRPORT: 31 km., 45 min, 22 TL
İST17 AVCILAR-HALKALI-AIRPORT: 40 km., 100 min, 21 TL.
İST15 BAHÇEŞEHİR-AIRPORT: 42 km., 100 min, 21 TL
İST4 BAKIRKÖY İDO-AIRPORT: 44 km., 80 min, 24 TL
İST14 BAŞAKŞEHİR-AIRPORT: 27 km., 40 min, 21 TL.
İST5 BEŞİKTAŞ-AIRPORT: 43 km., 90 min, 23 TL.
İST3 ESENLER OTOGAR-AIRPORT: 39 km., 75 min, 22 TL.
İST7 KADIKÖY-AIRPORT: 64 km., 110 min, 32 TL.
İST8 PENDİK-AIRPORT: 97 km., 100 dakika, 37 TL
İST1S SULTANAHMET-EMİNÖNÜ-AIRPORT: 52 km., 100 min, 26 TL
İST19 TAKSİM- AIRPORT: 40 km., 80 min, 25 TL
İST2 TÜYAP EXHIBITION CENTER-AIRPORT: 58 km., 100 min, 26 TL
İST1Y YENİKAPI-AIRPORT: 48 km., 110 min, 25 TL

Jangan khawatir kelewatan, di dalam bus ada TV LED yang memberitahukan perhentian selanjutnya. Tapi kalau ke Sultanahmet sih, itu perhentian terakhir jadi ga akan kelewatan deh. Kalau saya, ga pernah sampai ke tujuan akhir, karena rumah sepupu saya ada di daerah lain. Jadi mesti melek terus liat layar LED, jangan sampai saya nyasar.

Bagian dalam bus Havaist
Begini bagian dalam bus Havaist
Rute Bus Havaist
Rute Bus Havaist. Sumber: Turkish Airline

Buat lebih lengkap soal jadwal Havaist Bus, cek aja di website mereka ya https://hava.ist/en/new-timetables

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis dan editor di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

Kalau ada pertanyaan atau tanggapan, silakan komen di bawah ini yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s