3 Lokasi untuk Menikmati Sunset di Pulau Moyo

Sunset selalu menjadi momen yang dinantikan. Warna oranye dan jingga yang timbul ketika matahari tenggelam membuatnya tampak dramatis dan menenangkan. Apalagi jika ditemani suara ombak Pulau Moyo.

Pulau Moyo yang terletak di Kabupaten Sumbawa Besar mulai terkenal di dunia sejak mendiang Putri Diana mengunjunginya. Para pesohor dunia pun berbondong-bondong menghabiskan liburan di sana. Sebut saja Mick Jagger, David Bechkam, Edwin Van Der Saar dan yang teranyar adalah bintang korea Rain dan Kim Tae Hee.

Pulau eksotis di utara Sumbawa ini terkenal dengan keindahan alam yang masih alami. Salah satu objek wisata di Pulau Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Air yang dikenal juga sebagai Queen Waterfall karena pernah didatangi Putri Diana ini memiliki pesona tersendiri. Air yang mengalir melalui tujuh undakan dan berujung di kolam jernih akan menarik minat siapa saja yang memandangnya.

Namun keindahan Pulau Moyo bukan hanya Air Terjun Mata Jitu. Sunset di Pulau Moyo juga amat indah dan sayang untuk dilewatkan. Ada beberapa tempat untuk menikmati sunset di pulau Moyo, tiga di antaranya adalah Takat Sagale, Dermaga Labuhan Aji, dan Batu Kapal.

Takat Segale

DSCF5949
Takat Sagale Pulau Moyo

Takat Segele adalah pulau kecil yang terbentuk dari karang (atol) mati, koral, dan pasir. Jika air laut tak pasang, pulau ini akan terlihat dengan jelas dari dermaga Labuhan Aji Moyo. Pulaunya berbentuk memanjang, berwarna cokelat, dan terdapat sedikit gundukan seteinggi 2m.

Di pulau kecil ini, wisatawan dapat langsung menyelam dan menikmati keindahan bawah lautnya. Atau duduk-duduk di pulau karang sembari memandang ke ufuk barat menyaksikan matahari tenggelam. Sangat tenang, apalagi  jika langit sangat cerah, siluet Gunung Rinjani bisa terlihat dari sini.

Untuk sampai ke sini, wisatawan harus menyewa perahu boat dengan harga sekitar 300-500 ribu rupiah per perahu. Perjalanan menuju ke sana sekitar 10-20 menit dari Dermaga Labuhan Aji, Moyo.

Dermaga Labuhan Aji

DSCF5970

Jika tak ingin mengeluarkan dana untuk menuju Takat Segele, menikmati sunset di pantai dekat Labuhan Aji sudah sangat cukup. Homestay-homestay yang berada di pinggir pantai umumnya menyediakan tempat duduk yang menghadap pantai. Jika tidak tinggal di sana, Anda bisa membeli makanan atau kopi di restoran milik mereka.

Alternatif lainnya adalah duduk di hamparan pasir di sebelah dermaga. Sambil duduk, Anda bisa menikmati matahari turun dari peraduannya, melihat perahu nelayan kembali ke tempatnya dan warna langit berubah menjadi jingga.

Pantai Batu Kapal

DSCF6238
Pantai Batu Kapal Pulau Moyo

Pantai Batu Kapal ini terletak cukup jauh dari perkampungan Desa Labuhan Aji, sehingga Anda harus menggunakan kendaraan bermotor ke sana dengan harga sewa sekitar 100-150 ribu rupiah.

Butuh waktu sekitar 1 jam untuk bisa sampai di sana, melewati jalan setapak yang dikepung hutan di kanan kirinya.  Menurut keterangan warga, jalan setapak ini adalah jalan yang dilalui para pegawai Arwana Resort untuk pulang dan pergi sehingga agak jarang orang yang melaluinya.

Sesuai namanya, di  pantai Batu Kapal ini terdapat batu besar yang berbentuk mirip dengan kapal yang bersandar. Dari atas batu besar ini, Anda bisa melihat keindahan matahari yang tenggelam di laut Sumbawa sambil mendengar deru ombak yang membentur batu karang.

Artikel ini telah diterbitkan di KompasTravel

Author: rahma

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

29 thoughts

  1. Keren mbak, saya juga pencinta sunset. Suka memburu sunset setiap mengujungi daerah tertentu. Saya betah menunggu hingga bener-bener sudah gelap. Oh ya Tagat Sekale itu semacam pulau gosong gitu yah mbak yang ketika pasang suka menghilang? Kalau sore pas air pasang masih ada yah pulaunya?

    Like

  2. Wah, Pantai Batu Kapal. Nama pantainya ini persis sama dengan yang ada di Ambon.

    Aku suka banget gambar sunset di Dermaga Labuhan Haji. Lembayungnya itu lho cakep bangettt

    Like

  3. Jadi pengen ke NTB atau NTT lagi niiih. Aku baru ke Lombok, Flores dan Sumba. Sumbawa belum pernah…
    Sunset tepi pantai memang selalu indah ya. Aku suka…biasanya lanjut makan ikan bakar. Siiip…

    Like

  4. Pulau Moyo ini Keren, ya, apalagi view saat matahari terbenam. Saya baru tahu malah, ternyata tempat ini pernah dikunjungi oleh Lady Diana dan lainnya. Saya paling suka lihat sunset di Dermaga Labuan Aji.

    Like

  5. Sebagai orang Indonesia, aku merasa malu karena nggak tau pulau ini. Foto sunset di dermaga Labuhan Aji cakep banget, kak! Aku di situ aja udah seneng banget, karena menurutku sunset dan sunrise di mana pun selalu indah 😀

    Like

    1. Hahaha……aku juga taunya gara-gara Edwin Van De Sar ke sini. Lalu baru gugling di mana letak pulaunya. Emang rada susah dan mahal sih ke sana, makanya jarang yang mau bela-belain ke sini

      Like

  6. Oooooh aku baru ngeh kalau Pulau Moyo di Sumbawa ini hits banget buat para pesohor dunia. Makin bangga jadi orang Indonesia. Jadi Lady Diana pernah berkunjung ke Queen Waterfall? Mantaaf bener ya. Pantesan aja pada betah soalnya bisa menikmati sunset di sana 🙂

    Like

  7. Memang dahsyat ya pengaruh Lady Diana, pulau yang dikunjungi nya jadi tersohor karena ia pernah datang ke sana. Tapi memang indah sekali pemandangannya, pasti beliau terkesan sekali..

    Like

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s