Jajanan Halal Taiwan di Night Market

Udah baca tulisan saya soal restoran halal di Taipei? Nah, selain makan di restoran-restoran itu, saya juga jajan lhoo…

Taipei terkenal dengan night market-nya yang penuh dengan makanan. Ada Shilin Night Market, Shida Night Market, Raohe Night Market, dan Gongguan Night Market. Semua night market itu menjual banyak makanan, yang sayangnya kebanyakan tak halal. Tapi jangan khawatir, masih ada beberapa makanan yang bisa kita makan.

DSCF1707.JPG

DSCF1802.JPG

Bersama Sarah, kawan saya yang sedang belajar di sana, saya mencicipi beberapa makanan halal di Night Market Taipei. Yuk intip.. 

1. Bola-Bola Ubi

DSCF1685.JPG

Ini bukan restoran, tapi nama makanan yang banyak dijual di street food-nya Taipei. Kata Sarah, ini digoreng dengan minyak biasa, bukan minyak babi, sehingga insyaAllah halal. Bola ubi ini enak banget, dalamnya kopong, sehingga renyah dan manis. Enaknya sih dimakan sewaktu hangat.

Yang ini saya beli di Shinlin Night Market. Harganya? Lupa, tapi ga terlalu mahal dan lumayan mengenyangkan.

2. Pancake

Saya tak tahu nama sebenarnya dari makanan ini, tapi rasanya seperti kue pukis berbentuk bulat dengan isian yang berbeda-beda. Ada isian kacang merah, cokelat, keju, dan sebagainya. Hampir di semua street market menjual ini dengan harga murah.

3. Martabak

Jujur, saya tak tahu apa namanya. Sarah sebenarnya sudah mengatakannya, tapi yaa namanya susah untuk diingat. Semacam martabak mesir yang terbuat dari campuran tepung dan sayuran. Tanpa ada daging di dalamnya.

DSCF1700.JPG

4. Tea Egg

Ini jajajan yang bisa dibeli di 7-11 manapun. Semacam telur pindang yang direbus dalam air teh hitam dan jamu-jamuan herbal yang saya tak tahu itu apa. Konon, telur teh ini berguna bagi kesehatan dan amat popular di Taiwan dan China. Rasanya ga jauh beda dengan telur pindang biasa, karena katanya telur pindang memang mengadaptasi dari teh telur ini.

Image result for tea egg taiwan

 

5. Peanut Ice Cream Spring Roll

Ini sebenarnya adalah makanan yang terkenal di Jiufen Old Street, ga ada di night market. Makanan ini mirip dengan lumpia basah: dibungkus kulit lumpia. Yang membedakannya adalah isian dalamnya. Kalau lumpia isinya sayuran dan rebung, Peanut Ice Cream Spring Roll ini berisi kacang tanah yang dihaluskan dan es krim. Rasanya paduan asin, manis gitu deh.

Image result for ice in jiufen old street

Sebenarnya masih ada makanan lain yang sangat khas Taiwan yakni Stinky Tofu. Sesuai namanya ini adalah kembang tahu yang berbau. Karena baunya itu, saya ga mau makan walaupun katanya sih, rasanya enak banget.

Ada yang mau nambahin?

One thought on “Jajanan Halal Taiwan di Night Market

  1. Pingback: Berburu Makanan Halal di Taipei – Jilbab Backpacker

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s