Backpacking ke Taiwan: Keliling Taipei dengan Bus

Image result for bus in taipei
sumber: Wikimedia Commons

Taipei punya sistem trasnportasi yang baik. Ada metro bawah tanah (MRT), ada sepeda, dan ada bus kota (Taipei Public Bus). Walaupun metro lebih cepat, saya lebih suka naik bus kota di Taipei. Kebetulan, hostel yang saya inapi letaknya selemparan batu dari halte bus. Sementara, stasiun metro letaknya 10 menit dari hostel. Atas nama males jalan jauh, saya jadinya lebih sering naik bus. Naik metro saya lakukan kalau objek wisatanya cukup jauh atau kalau lagi diburu waktu.

Untuk membayar bus di Taipei ini, saya menggunakan kartu Easy Card. Kartu semacam kartu flazz ini saya beli di Bandara Taichung dan dapat diisi ulang di mesin-mesin pembelian tiket di stasiun atau mrt, serta di 7-11.

Tarif bus di Taipei ini dihitung flat, yakni sebesar NT15 kalau masih dalam satu zona tarif. Nah yang bikin bingung adalah kapan harus membayarnya. Jika di panel di atas pintu masuk menunjukkan karakter 上 (diucapkan shàng, “on”), itu artinya kita harus bayar NT 15  saat naik  bus. Jika bus menunjukkan karakter 下  (diucapkan xìa, “off”), bayar  saat turun bus.  Tapi kalau lewat zonanya, mesti bayar saat naik dan turun. Begitu.

travel in taipei taiwan

Bingung? Sama. Nah daripada saya bingung mesti ngapalin itu fonem , saya sih tap kartu easycard saat naik dan turun. Kalau ada bunyi “biip”, itu artinya pembayaran udah dilakukan saat saya naik. Lebih gampang kan?

Baca juga: Penginapan Murah di Taipei


Kalau gugling rute bus, akan muncul sederet nama company bus plus jalurnya. Pusing jadinya. Ga usah dipikirin, lebih baik langsung cari tujuan di google map, dan lihat nomer bus yang mesti dinaikin.

Saya menggunakan google map hanya di awal karena kawan saya yang tinggal di sana menganjurkan saya untuk menggunakan aplikasi khusus yang bernama “Bus Tracker Taipei”. Bener juga sih, lebih gampang dan lebih akurat.

bus di Taipei
Ini cuma tampilan di playstore. Jangan khawatir, ada pilihan bahasa Inggrisnya kok.

Cara menggunakan aplikasi ini: masukkan tujuan dan kemudian aplikasi akan menunjukkan bus nomer berapa yang harus dinaiki. Lihat di halte mana bus itu berada karena bus tidak berhenti di semua halte. Di halte akan ada sign yang menunjukkan nomer bus dan rutenya.

Aplikasi ini real time, jadi ketahuan di mana saya sekarang berada, di mana saya harus naik-turun dan berapa menit lagi saya bisa sampai ke halte berikutnya. Halte-halte yang terlewati akan berwarna abu-abu sementara halte di depan akan berwarna merah.

Screenshot_20181122-133820.jpg
Enter a caption

Dan yang penting, ada juga alarm pengingatnya, yang akan mengingatkan saya 5 menit sebelum di halte tujuan. Penting banget karena saya suka keasyikan lihat pemandangan dan lupa mesti turun di mana.

Btw, tiap bus berbeda jam operasinya. Ada yang sampai jam 10 malam, ada yang sampai jam 11 malam, ada pula yang sampai jam 12 malam. Perhatikan yaa, jangan sampai ketinggalan bus dan ga bisa balik ke hostel. Kayak saya :D.

Note: aplikasi ini bisa juga dipakai untuk MRT dan kereta ke luar kota Taipei.

 

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s