Sewa Bus TRAC To Go
jilbab travelogue

Serunya Road Trip Bareng Keluarga

Pernah nonton film Little Miss Sunshine? Film tahun 2006 ini menceritakan perjalanan satu keluarga berkeliling Amerika untuk mengantar anak terkecilnya mengikuti kontes ratu cilik. Selama road trip itu, mereka dihadapkan pada masalah-masalah yang akhirnya membuat keluarga mereka tambah akrab.

Selain film itu, ada beberapa film perjalanan ala road trip yang jadi favorit saya. Ada juga beberapa vlog yang menceritakan kisah perjalanan menggunakan camper van berkeliling New Zealand. Semuanya bikin saya mupeng!

film little miss sunshine

Ya, saya itu paling doyan kalau disuruh road trip alias trip darat dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan sewaan. Namun karena saya tak mahir menyetir mobil, mau tak mau saya harus mengikuti jadwal kawan-kawan saya yang bisa menyetir, yang sayangnya sering tak matching dengan jadwal saya.

Bersama kawan-kawan, saya pernah melakukan road trip menyusuri semua kota di Jawa Timur. Pernah juga road trip selama sepuluh hari di Maroko, pernah juga ke Bali-Lombok, atau yang paling membutuhkan waktu lama adalah road trip menyusuri Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Seru!

Sewa Bus Biar Akrab

Road trip ini juga sudah jadi kebiasaan keluarga saya. Kami pernah road trip ke Bali, Yogya, Padang, Semarang, Garut, Kudus, Bandung dan beberapa kota lainnya. Sesuai dengan namanya, road trip, kami tidak menggunakan pesawat atau kereta sebagai alat transportasi, namun melakukan perjalanan darat dengan menggunakan bus sewaan.

Walaupun perjalanan lebih lama ketimbang naik pesawat, road trip dengan bus ini lebih menyenangkan, lho! Karena lewat darat dan menyewa bus sendiri, kami bisa lebih fleksibel dalam mengatur jadwal. Bisa semau kami. Kalau lihat restoran enak, mampir. Kalau malas ke tempat wisata, ya di-skip aja.

Kami juga bisa mampir di kota-kota yang kami temui selama perjalanan. Ketika road trip ke Bali tahun 2015 lalu misalnya, kami mampir dan bermalam di Cirebon, Jogja, dan Banyuwangi.

Keuntungan lain dari road trip dengan menyewa bus adalah kami semua bisa berada dalam satu kendaraan. Jadi lebih ramai, akrab, dan seru. Kami bisa nyanyi bareng, ngobrol ngalor-ngidul sebelum tidur, sampai cekikikan karena ada yang kalah main kartu. Beda banget deh rasanya kalau masing-masing keluarga membawa mobilnya.

Satu hal lagi, sewa bus ini kami lakukan agar tak ada yang merasa dikorbankan untuk jadi sopir. Menyetir saat road trip, walaupun bergantian, pastinya melelahkan. Dengan menyewa bus, ada supir khusus (dan cadangannya) yang bisa diandalkan.

Sedang Booming Saat Ini

Di masa pandemi ini, wisata keluarga dengan menyewa bus jadi booming. Banyak selebriti dan kawan saya melakukannya. Memang, menurut saya, wisata dengan menyewa bus lebih aman ketimbang naik moda transportasi umum lain. Dengan menyewa bus pribadi, kemungkinan bertemu banyak orang lebih kecil.

Namun tentu saja, semua yang ikut di dalam bus harus menjalani tes agar bisa dipastikan bebas covid ya, termasuk pengemudinya. Dan di tempat wisata, hotel, ataupun rumah makan yang disinggahi harus tetap menerapkan prokes ketat.

Baca Juga: Keliling Iran Naik Bus

Sewa Bus lewat TRAC

Nah, kemarin sambil iseng-iseng nyari rental mobil, saya malah menemukan perusahaan besar yang menyediakan jasa rental mobil dan juga layanan sewa bus. Namanya TRAC, yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra Indonesia. TRAC ini selain menyediakan rental mobil, juga melayani airport transfer, dan sewa bus juga.

Ada beragam ukuran dan jenis bus yang bisa disewa keluarga saya. Ada small bus yang kapasitasnya 13-16 kursi, ada medium bus dengan kapasitas 18-35 kursi, hingga big bus yang kapasitasnya 40-59 orang. Biasanya, keluarga saya akan sewa bus yang kapasitasnya terbesar karena jumlah anggota keluarga kami juga banyak.

Beragam tipe bus yang ada di TRAC

Bus-bus ini dilengkapi dengan LCD TV dan beberapa di antaranya dilengkapi toilet dan WiFi. Namun buat saya ya, WiFi malah ga perlu ada karena kalau ada WiFi, semua bakal sibuk sendiri.

Oiya, TRAC ini juga punya bus yang masih jadi idaman saya: luxury bus, yakni bus berukuran besar yang diisi hanya 11 kursi reclining yang mirip dengan kursi pesawat. Bus ini juga dilengkapi juga dengan pantry dan ruang karaoke. Kebayang asyiknya kalau ke Bali naik ini.

Road Trip Ziarah ke Wali Songo

Saya memang belum sempat melakukan road trip selama pandemi ini. Namun beberapa kawan saya telah melakukannya. Ada yang pergi ke Bali bersama keluarga inti, ada juga yang menyewa bus kecil ke Kudus untuk berwisata religi ke beberapa peninggalan Wali Songo. Menarik ya.

Omong-omong soal wisata religi, ternyata hingga akhir juni 2021 ini, TRAC punya promo paket wisata religi menarik ke tempat-tempat bersejarah Wali Songo antara lain ke Banten, Cirebon, hingga Kudus. Harga paketnya mulai dari 3.500.000 saja.

Awalnya saya pikir, harga segitu adalah harga per pax alias per orang. Ternyata, harga satu bus ukuran big dan sudah termasuk biaya pengemudi, asuransi jasa raharja, dan tol. Jadi kalau isi busnya 50 orang, ya berarti satu orang hanya perlu mengeluarkan bujet mulai dari 70 ribu untuk sewa bus. Paling hanya perlu tambah beberapa puluh ribu lagi untuk membayar tiket masuk, makan, dan jajan. Menarik, kan?

Untuk memesan produk-produk dari TRAC, bisa dilakukan lewat aplikasi terbaru mereka. TRAC To Go namanya. Khususnya kalau kamu ingin pesan jasa rental (baik dengan pengemudi maupun enggak) atau airport transfer. Menurutku, lebih mudah dan lebih cepat menggunakan aplikasi ini ketimbang harus melakukan reservasi lewat situs resminya atau telepon.

Tapi khusus untuk sewa bus, sepertinya belum bisa menggunakan aplikasi ini, jadi bisa telepon Customer Assistance Center TRAC di 1500009 atau 08111177087.

Ukh…Jadi ga sabaran pengen road trip bareng keluarga lagi.

19 Comments

  • Visya

    Wow harganya bisa dibilang lumayan terjangkau nih. Dan iya sepakat roadtrip itu seruuu! Aku tiap pulkam ke Jawa juga roadtrip Naik bus haha

  • Fenni Bungsu

    Bener mbak, kalau bareng-bareng naik bus serombongan keluarga, rasa kebersamaannya lebih tercipta. Udah gitu kan enaknya lagi gak perlu pakai tunggu-tungguan atau balapan. Yang satu udah sampai duluan, eh yang satu masih sibuk belanja

  • Siti Nurjanah

    Setiap perjalanan selalu punya makna dan kesan tersendiri ya mba
    Nah, bisa jadi solusi tuh bagi yang mau road trip bisa sewa mobil atau bus di TRAC selain itu juga nyediain paket perjalanan yang menarik

  • Akarui Cha

    Wah road trip pastinya seru banget nih barwng keluarga besar.

    Semoga layanan sewa busnya juga bisa dilakukan secara online.

    Kalau sewa pengemudi gitu, biasanya biaya apa saja sih yang kita tanggung juga kalau road trip?

  • Uci

    Seru bgt pasti klo jalan2 sama keluarga besar, aku jadi kepengen.buat planning deh apalagi ga usah repot tinggal pakai jasanya TRAC aja, dijamin jalan2nya makin happy deh.

  • Fanny_dcatqueen

    Samaaaa mba, akupun sukaaa bgt road trip. Tapi selama ini baru ngerasain domestik aja. Waktu itu dr JKT kliling pulau Jawa. Pernah juga dari Medan, road trip ke Banda Aceh dan Aceh Utara. Pas kecil dulu , msh tinggal di Aceh, papa ngajakin road trip dari Aceh, sampe ke Riau.

    Suami LBH banyak lagi, Krn dulu mertua diplomat dan penempatan srg di Eropa. JD mereka manfaatin road trip ke negara2 Eropa sekitar.

    Targetku after pandemic PGN bgt road trip pale campervan di New Zealand 2 minggu. Keliling dr south ke north. Kebayang seru dan cantiknya tempat2 yg dilewati. :).

    Tapi jujurnya aku prefer naik mobil sendiri atopun campervan. Kalo bus, jujur ga suka, mungkin Krn terlalu rame. Kalopun naik bus rame2, biasanya tujuan bukan road trip kalo aku. Palingan cm acara singkat biasa bareng temen kantor. Ntahlaaah, kalo sdg traveling ATO road trip aku memang LBH suka hanya kluarga inti ato temen Deket. Makin rame, makin pusing soalnya hahahaha

  • Eko Prasetyo

    Jadi lebih praktis ya kak pake aplikasi Trac To Go, jadi kita perlu datang ke TKP kalau mau rental kendaraan, Pesan lewat aplikasi lebih praktis.
    Saya ijin download aplikasinya kak. Terimakasih infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!