review

Beesan Baklava, Manisan Turki yang Sesuai dengan Lidah Indonesia

Beesan Baklava

Beesan Baklava ini langsung jadi favorit saya. Rasanya enak, crunchy, dan manisnya pas buat orang Indonesia. Harganya juga sangat terjangkau.

Kalau berkunjung ke Turki, tak lengkap rasanya kalau tak mencicipi hidangan khas Turki. Selain kebab, pide, kunefe, yang harus dicoba adalah kudapan atau manisan yang ada di seantero Turki. Salah satunya baklava (baca: baklawa), manisan yang terbuat dari kacang-kacangan yang dihaluskan lalu dibungkus dengan adonan pastry ataupun roti tipis.

Namun, seperti halnya manisan lain di Turki yang manisnya kelewatan, baklava ini juga luar biasa manis. Apalagi kalau makannya ngeliat cowo-cowo ganteng yang berseliweran. Hahaha, over manisnya deh. Alhasil, biasanya saya hanya sanggup menghabiskan satu atau dua potong baklava ini.

Ada dua toko baklava yang terkenal dan sering dijadikan oleh-oleh orang Indonesia yakni Baklava Hafiz Mustafa dan Karakoy Gullouglu. Dua-duanya punya beberapa cabang di Istanbul. Hafiz Mustafa misalnya, punya cabang besar di daerah Sultanahmet.

Harga baklava di sini mulai dari 3 dolar per buah alias sekitar 40ribuan. Bisa juga membeli dalam bentuk boks yang bisa dibawa pulang ke Indonesia, dengan harga sekitar 300 ribuan untuk kemasan 300gram.Kalau dijual lagi di toko online, bisa 400-500 ribuan.

Mahal? Memang, karena perlu usaha dan tenaga buat membawanya ke Indonesia kan

Beesan Baklava yang Enak dan Tak Terlalu Manis

Nah, sebulan lalu, saya nyoba Beesan Baklava yang dibuat di Indonesia. Agak berbeda dengan baklava Turki yang bahan luarnya dari roti tipis, beesan baklava ini dibuat dari pastry. Jadi rasanya crunchy banget.

Dalam satu boks Beesan Baklava terdiri dari 5 jenis. Ada yang isinya walnut, almond, dan ada taburan pistachionya. Kalau ponakan saya suka yang bentuknya bulat dan panjang. Kalau bagi saya siih, semuanya rasanya enak.

Beesan Baklava ini juga nggak terlalu manis, jadi cocok banget buat saya yang udah manis. Katanya, emang udah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Bener, jadinya nggak terlalu eneg. Bahkan, saya bisa menghabiskan seboks beesan baklava ini dalam sekali hadap. Gaswat!!

Solo Travelling To Uzbekistan: Its Fifteen or Fifty?

Kemasan Menarik dan Harganya Murah

Beesan Baklava ini dijual dalam kemasan 300 gram dan suprisingly, harganya jauuuh lebih murah dibanding yang lain. Hanya 85.000 ribu per boks (harga promosi). Pas lah untung kantong ukuran kantong saya, biar ga jebol beli baklava melulu.

Oiya, awalnya dengan harga 85.000 saya mengira saya akan dapat baklava dengan kemasan asal (seperti yang pernah saya beli sebelumnya di toko online). Tapi ternyataaa…..baklavanya dikemas dalam kemasan yang eksklusif dan cantik, dan bagian luarnya dilapisi plastik segel tebal yang kedap.

Dan ketika sampai ke saya, baklavanya utuh, ga hancur sama sekali. Padahal dikirim lewat ekspedisi biasa, bukan dengan ojek online gitu. Saya sempet iseng banting kerdusnya (yang masih disegel), pas dibuka, isinya utuh lhooo..

Mantap.

Yang ingin nyobain baklava ini, bisa beli di Shopee (klik link https://shopee.co.id/BAKLAVA-BEESAN-Palestine-i.227343184.4286352981) atau di Tokopedia (https://www.tokopedia.com/queen-saffron/beesan-baklava?whid=0) yaa atau follow aja IGnya https://www.instagram.com/queen_saffron_indonesia/

2 Comments

  • Fanny_dcatqueen

    Uwaaah mbaaaa, aku pengen beli ah. Aku tuh sbnrnya ga terlalu suka baklava ya Krn manisnya kebangetan. Apalagi aku bukan pecinta manis, LBH milih gurih2 drpd manis. Makanya pas ke Istanbul aku ga doyan tuh baklava ini, dan LBH milih kebab ATO kuliner gurih lain.

    Tapi kalo ada rasa yg manisnya pas, mungkin aku bisa suka sih. Padahal baklava ini tampilannya memikat bgt memang. Aku pas pertama liat juga mikir ini pasti enaaak. Ternyataaa, ga ketelan saking giung manisnya. Coba ah, semoga yg beesan ini manisnya cocok di aku

    • rahma ahmad

      Hooh, ini ga terlalu manis jadi ga bikin eneg. Mesti coba Mbak Fannyyy….pasti ga pengen bagi-bagi ke yang lain. Aku bisa ngabisin satu boks sendiri dalam sekejap.

      Btw, jadi kangen makan makanan Turki lain….di Turkinya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!