Berburu Makanan Halal di Taipei

Ketika mencoba gugling soal makanan halal di Taipei, Taiwan, saya cukup suprise. Ternyata tak terlalu susah menemukan makanan halal di Taipei.

Siapa yang tak kenal dengan Shinlin, stall makanan ringan yang hampir ada di setiap mal. Stall ini menjual ayam yang dipotong kecil-kecil lalu diberi bubuk bumbu dan dimakan dengan menggunakan tusuk sate. Atau bubble tea, minuman teh dicampur susu yang diberi topping buble jelly di dalamnya. Nah, kedua makanan tersebut adalah street food khas Taiwan, yang katanya wajib dicari saat berkunjung ke Taiwan.

Taipei memang terkenal dengan street food dan night marketnya. Namun, bagimana dengan kehalalannya? Untunglah sewaktu ke sana, saya ditemani oleh Sarah, adik ipar teman saya, yang sedang mengambil kuliah S2 di sana. Dialah yang menunjukkan di mana saya bisa membeli makanan halal di Taipei dan sekitarnya.

Baca juga: Lost in Translation in Taichung

Berikut beberapa restoran dan makanan halal di Taipei yang sempat saya cicipi.

1. Chang Beef Noodle Shop

Salah satu makanan yang wajib dicoba di Taipei adalah Beef Noodle, sejenis mie dengan kuah kaldu bening dan irisan daging. Di mana-mana bertebaran tempat makan beef noodle ini, tapi kebanyakan tak halal. Nah, Chang Beef Noodle Shop ini menghadirkan mi halal dengan kuah kaldu sapi. Rasanya lezat dan potongan daging sapinya empuk banget. Selain mie, mereka juga menyajikan pangsit isi daging rebus dan pangsit isi daging goreng.

Restoran ini terletak di No. 21, Yanping South Road, Zhongzheng District, Taipei City. Tak jauh dari Ximending area, pusat perbelanjaan anak muda Taipei. Di dinding restoran penuh dengan kaligrafi bertuliskan ayat AlQuran. Ada logo halalnya juga di depan pintu restorannya.

DSCF1903

 

DSCF1909.JPG

DSCF1907.JPG

 

2.  Fried Chicken Master Gongguan Night Market

Sarah mengajak saya ke salah satu night market kecil dekat kampusnya. Gongguan Night Market namanya. Di sini ada beberapa stall makanan, salah satunya Fried Chicken Master.  Restoran fast food ala Taiwan ini memiliki sertifikat halal dari komunitas muslim Tiongkok. Di sana ada taiwanese street food yang tersohor, seperti chicken fillet, chicken pop corn, kentang goreng, dan sebagainya.

Fried Chicken Master ini beralamat di No. 158, Sec. 3,Tingzhou Road, Zhongzheng District, Taipei. Letaknya satu blok di seberang Gongguan Station. Restoran ini ada di beberapa cabang, tapi yang saya coba adalah di sini. Dan restoran ini ga punya tempat duduk, jadi cuma bisa takeaway ya..

Image result for fried chicken master taipei
Makanan-makanan di Friend Chicken Master. Foto ambil dari DanielFoodDiary.com. Lupa foto-foto saking lapernya…

3.  At Taqwa Musolla and Restaurant di Ruifang

Ini sebenarnya bukan berada di wilayah Taipei, tapi sudah di wilayah Ruifang. Saya mampir ke sini sebelum menuju Juifen. Restoran ini letaknya sekitar 500m dari Stasiun Kereta Ruifang. Mesti berjalan kaki memang, namun sepanjang jalan menuju restoran ini akan ada deretan toko yang menarik buat dilihat.

Dari luar tampilan restoran ini memang tidak terlalu mengesankan, sangat sederhana. Makanan yang tersedia juga sangat sederhana, yakni baso, indomi, telur dadar, ikan goreng, dan beberapa makanan Indonesia lain. Tapi lumayan lah buat mengisi perut sebelum datang ke Jiufen Old Street. Di sini juga tersedia musala, jadi bisa numpang selonjoran kalau capek. Dan ada juga barang-barang merek dari indonesia.

Kalau akan menuju Jiufen Old Street menggunakan bus, setelah makan tinggal menyebrang ke perempatan di dekatnya. Di depan warung kecil ada tempat perhentian bus menuju Jiufen.

Untitled.png

Baca juga: Jajanan Halal di Night Market Taipei

4 thoughts on “Berburu Makanan Halal di Taipei

  1. Pingback: Backpacker ke Taiwan: Lost in Translation in Taichung – Jilbab Backpacker

  2. Pingback: Jajanan Halal Taiwan di Night Market – Jilbab Backpacker

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s