Cara Menuju KL Sentral dari KLIA2

Karena di postingan tentang Transit di KLIA banyak banget yang nanya soal cara menuju kota Kuala Lumpur (KL Sentral) dari sini, akhirnya kuputuskan aja untuk menulis artikel khusus tentang ini. Cekidot ya…

KLIA dan KLIA2 terletak di Sepang, jaraknya kurang lebih 55km. Dari KLIA2 menuju kota Kuala Lumpur (KL Sentral) bisa menggunakan 2 metode:

1 Naik bus

Image result for skybus klia
FOTO: KLIA2.INFO

Ini cara termurah yang bisa dilakukan untuk mencapai KL Sentral dari KLIA2 ataupun KLIA. Waktu perjalanan dari KLIA2 menuju KL Sentral dengan bus sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Begitu keluar dari imigrasi dan kustom, carilah tanda panah yang menunjukkan shuttle bus/couch bus. Jika tak salah ingat, adanya di lantai 1, turun 1 lantai dari lantai kedatangan.

Ada beberapa perusahaan bus yang melayani rute KLIA2 ke KL Sentral, dan sebaliknya. Ada aerobus, ada skybus. Namun saya lebih suka menggunakan skybus, perusahaan bus milik airasia. Saya lebih suka pake skybus, karena menurut saya aerobus busnya rada bau yaa..

Tiket bus bisa dibeli di tempat (di loket-loket yang ada di lantai 1), namun agar lebih murah, saran saya belilah tiket online. Untuk tiket skybus misalnya, jika membeli on the spot harganya 12.5RM, sementara jika membelinya online di situs resmi Skybus harganya hanya 11RM (one way) dan 10 RM (return). Kalau membelinya saat check in online Airasia atau saat booking Airasia, harganya malah cuma 8RM. Lumayaan kan bisa dipakai buat beli teh tarik.

Untuk jadwalnya, bisa dicek di https://www.skybus.com.my

Bus ini akan berhenti di KL Sentral. Dari sana, bisa menggunakan monorail atau LRT untuk mencapai penginapan. Jika repot dan ingin menggunakan taksi, sebaiknya gunakan taksi resmi, jangan menggunakan taksi yang ditawarkan dekat tempat turun bus.

Image result for kl sentral taxi counter
Di pojok kiri itu tempat beli tiket taksi. Tinggal sebutin aja tujuannya nanti dikasih kertas, lalu tinggal keluar di pintu kaca sebelah kiri, dan tunjukin ke petugas di sana.  FOTO: backpackmalaysia.com

Cara menemukan taksi resmi: Dari tempat turun bus naiklah, lalu jalan lurus sampai menemukan eskalator setelah McD (dan ada tanda panah taksi). Naik, dan di sebelah kanan ada konter taksi resmi. Harga taksi resmi jauuh berbeda dengan harga taksi tak resmi yang ditawarkan di tempat turun bus. Untuk menuju daerah Bukit Nanas (tak jauh dari Bukit Bintang), supir taksi di dekat tempat turun bus meminta harga 45RM. Padahal kalau taksi resmi, harganya cuma 17RM. Dan lebih bagus pula taksinya!

2. Naik Kereta KLIA Express

Image result for klia express

KLIA Express adalah moda transportasi yang paling cepat untuk mencapai kota Kuala Lumpur (KL Sentral), tapi ya itu, harganya lumayan mahal.  Sekali jalan bisa mencapai RM55 alias 200 ribu rupiah. Saya mah sayang duitnya, bisa dipakai buat beli nasi lemak 5-7 kali!

Namun kalau terburu-buru atau takut ketinggalan pesawat, KLIA Express ini bisa jadi pilihan. Hanya butuh waktu 30 menit untuk mencapai KL Sentral dari KLIA2. Letak stasiunnya di KLIA juga lebih dekat ke area departure, kalau dibanding tempat skybus.

Lebih lengkap soal KLIA Express bisa dilihat di web resmi mereka ya…

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s