Cara Menuju Kuala Lumpur dari KLIA 2

Karena di postingan tentang Transit di KLIA banyak banget yang nanya soal cara menuju kota Kuala Lumpur dari KLIA 2, akhirnya saya putuskan aja untuk menulis artikel khusus tentang ini. Cekidot ya…

KLIA dan KLIA2 terletak di Sepang, jaraknya kurang lebih 55km dari kota Kuala Lumpur. Nah, dari KLIA2 menuju kota Kuala Lumpur bisa menggunakan 3 moda transportasi.

1. Naik bus

Image result for skybus klia
FOTO: KLIA2.INFO

Ini cara termurah yang bisa dilakukan untuk mencapai Kuala Lumpur dari KLIA2 ataupun KLIA. Bus-bus ini akan menuju KL Sentral. Lalu di Sentral, Anda bisa melanjutkan ke penginapan atau tempat lain dengan menggunakan LRT atau Monorail.

Waktu perjalanan dari KLIA2 menuju KL Sentral dengan bus sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung kondisi lalu lintas di dalam kota KL.

Begitu keluar dari imigrasi dan kustom, carilah tanda panah yang menunjukkan shuttle bus/couch bus. Adanya di lantai 1, turun 1 lantai dari lantai kedatangan.

Ada beberapa perusahaan bus yang melayani rute KLIA2 ke KL Sentral, dan sebaliknya. Ada aerobus, ada skybus. Namun saya lebih suka menggunakan skybus, perusahaan bus milik airasia, karena menurut saya bus milik aerobus rada bau apek yaa..

Tiket bus bisa dibeli di tempat (di loket-loket yang ada di lantai 1). Namun agar lebih murah, saran saya belilah tiket online. Untuk tiket skybus misalnya, jika membeli on the spot harganya 12.5RM, sementara jika membeli online di situs resmi Skybus harganya hanya 11RM (one way) dan 10 RM (return). Kalau membelinya saat check in online Airasia atau saat booking Airasia, harganya malah cuma 8RM. Lumayaan kan bisa dipakai buat beli teh tarik?

Untuk jadwalnya, bisa dicek di https://www.skybus.com.my

Bus ini akan berhenti di KL Sentral. Dari sana, bisa menggunakan monorail atau LRT untuk mencapai tempat lain. Kalau mau ke bukit bintang, tinggal gunakan monorail yang terhubung langsung dengan KL Sentra ini.

Jika bawaan segambreng dan ingin menggunakan taksi, sebaiknya gunakan taksi resmi, jangan menggunakan taksi yang ditawarkan dekat tempat turun bus.

Image result for kl sentral taxi counter
Di pojok kiri itu tempat beli tiket taksi. Tinggal sebutin aja tujuannya nanti dikasih kertas, lalu tinggal keluar di pintu kaca sebelah kiri, dan tunjukin ke petugas di sana.  FOTO: backpackmalaysia.com

Cara menemukan taksi resmi: dari tempat turun bus naiklah, lalu jalan lurus sampai menemukan eskalator setelah McD (dan ada tanda panah bertuliskan “taksi”). Naik eskalator,  dan di sebelah kanan sebelum pintu kaca akan ada konter taksi resmi. Belilah tiket taksi di sana.

Harga taksi resmi jauuh berbeda dengan harga taksi tak resmi yang ditawarkan di tempat turun bus. Untuk menuju daerah Bukit Nanas (tak jauh dari Bukit Bintang), supir taksi di dekat tempat turun bus meminta harga 45RM. Padahal kalau taksi resmi, harganya cuma 17RM. Lebih bagus pula taksinya!

2. Naik Kereta KLIA Express

Image result for klia express

KLIA Express adalah moda transportasi yang paling cepat untuk mencapai kota Kuala Lumpur (KL Sentral), tapi ya itu, harganya lumayan mahal.  Sekali jalan bisa mencapai RM55 alias 200 ribu rupiah. Saya mah sayang duitnya, bisa dipakai buat beli nasi lemak 5-7 kali!

Namun kalau terburu-buru atau takut ketinggalan pesawat, KLIA Express ini bisa jadi pilihan. Hanya butuh waktu 30 menit untuk mencapai KL Sentral dari KLIA2. Letak stasiunnya di KLIA juga lebih dekat ke area departure, kalau dibanding tempat skybus.

Layout plan, level 2 of gateway@klia2 Mall
Lokasi KLIA Ekspress

Lebih lengkap soal KLIA Express bisa dilihat di web resmi mereka ya…

3. Naik Grabcar

Kalau datang bersama kawan-kawan dan lagi ga pengen repot saya memilih naik Grabcar. Dari bandara ke KL tarifnya 65rm plus tol 10rm. Total 75rm.

Yang perlu diingat, kebanyakan mobil mereka bentuknya sedan, jadi hanya muat 3-4 orang, plus koper atau tas yang nggak terlalu besar. Ada baiknya, sebelum naik, dicek dulu ke supirnya jenis mobilnya. Jangan sampai ketika mau naik, sopirnya ngomel karena mobilnya terlalu penuh.

Kalau nggak salah, ada jenis grab car yang kapasitasnya mobilnya lebih besar. Saya belum pernah coba dan nggak pernah ngecek juga, karena baru dua kali pesab grab dari bandara dan dua-duanya cuma bertiga.

Advertisements

Author: rahma

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

34 thoughts

      1. Thanks a lot sharing nya mbak
        Mbak,skrg ga bs book skybus di airasia lagi kah? Saya coba tambah add on di my booking cmn ada bagasi,makan,kursi roda sm peralatan olahraga

        Like

  1. Mba bagaimana cara memesan online tiket skybus airasia seharga 8 RM. Keberangkatan nanti di 26 Januari 2018. Dari klia2 ke KL sentral. Tq

    Like

    1. Kalau mau yang 8RM, mesti terbang pake airasia. Nanti di menu mybooking ada tombol add-on, salah satu add on-nya itu adalah skybus. Kalau ga pake airasia, bisa juga beli onlen via website skybus.com.my, tapi harganya 11rm

      Like

      1. Pesan grab intinya harus ada internet aja karena komunikasi ama supir biasanya cuma chat via app.

        Dapetin internetnya bisa pake paket roaming dr provider simcard indonesia, rental pocket mifi dr indonsesia, atau beli kartu perdana lokal.

        Like

  2. Halo Mbak Rahma,

    sorry neh keluar dari topik. kalau dari KL Sentral ke Genting PremiuM Outlet..
    pesan tiket online bisnya ada ? atau harus di counter di KL Sentral?

    lam kenal..makasih sebelumnya mbak

    Like

    1. Halo dan salam kenal juga

      Waah maaf ga bisa jawab pertanyaannya. Saya belum pernah ke genting premium outlet, pernahnya ke Mitsui aja.

      Like

    2. Ello..maaf mbak saya coba jawab yaa
      Karna saya pernah betapa di Kl jadi kalau ke genting bisa naik monorel ke bustand pekeliling disana terminal khusus bas tujuan genting

      Like

  3. Alhamdulillah setelah baca blog-nya Mba Rahma, saya barusan booking via AA untuk Juli bsk, planning mau jalan sama suami n 3 anak…

    cuma pertanyaanku kl kita mau booking dari KL Sentral ke KLIA2 ga bisa ya Mba melalui AA?
    Soalnya aku planning mau ke Johor Baru naik AA juga tgl 12 Juli nanti…

    Like

    1. Bisa mbak, lewat menu my booking. Asal tanggal pemakaian itu sama dengan tanggal penerbangan ya baru bisa dipake.

      Nanti akan dikirimin email baru oleh AA, nah itu dprint dan dikasih liat di loket yang ada di KL Sentral. Nanti ama mereka dituker tiket.

      Like

  4. Kak rahma, mau nanya nih.. Kalo kita beli tiket skybus lewat online, nanti kasih taunya gimana ke petugasnya? Kan itu tiketnya berlaku u/ bis di jam berapapun yg penting masih dlm 1 tanggal yah.. Aku soalnya baru mau coba sih.. Biasanya OTR di KLIAnya baru beli..

    Like

  5. halo kak rahma. aku mau tanya.
    aku berangkat akhir bulan ini. apa aku harus checkin dlu ya baru bisa add on busnya? atau gimana kak?
    makasih sebelumnya

    Like

    1. Hai Adhel,

      Ini mksdnya mau beli di Airasia ya?
      Jgn check in dulu, pilih my booking, nanti ada pilihan beli shuttle.

      Kalau ga berhasil, coba beli di redbus (biasanya ada promo jg) atau via webnya skybus aja.

      Like

    1. Enak pastinya naik grab, tinggal duduk sampe tujuan. Cuma harganya jauh lebih mahal drpd naik bus. Kalau naik bus, turun di KL Sentral, sambung monorail ke Masjid Jamek.

      Like

  6. Mbak rahma kalau dari bandara KLIA ada ga bus ke KL Sentral? Atau sy harus ke bandara KLIA2 dulu baru ada skybus ke KL Sentral?

    Like

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s