Panduan Lengkap Jalan-Jalan dan Backpacking ke Kuala Lumpur

Untuk memudahkan kalian yang baru pertama kali jalan-jalan atau backpacking ke Kuala Lumpur, ini saya buat panduan lengkap jalan jalan dan backpacking ke Kuala Lumpur.

Telah belasan kali saya jalan-jalan dan backpacking-an ke Kuala Lumpur sehingga banyak yang bilang Kuala Lumpur itu kampung kedua saya. Nggak salah sih, karena saya suka banget dengan kuliner dan suasana di Kuala Lumpur.

Pesawat ke Kuala Lumpur

Sekarang ini banyak penerbangan ke Kuala Lumpur. Ada Airasia, Ciitlink, Batik Air, Scoot (transit di Sing), KLM, dan Garuda.

Mana yang mesti dipilih? Tergantung bujet tentunya. Airasia, Citilink dan Scoot adalah pesawat Low-Cost Courier (LCC) yang biasanya….biasanya yaaa….lebih murah ketimbang Batik Air, KLM dan Garuda. Tapi, jangan tutup mata. Karena seringkali tiket pesawat KLM dan Batik hampir sama dengan Airasia.

Kalau harganya sama begini, saya pasti pilih KLM atau Batik karena dapat bagasi, sementara kalau Airasia harus beli tambahan bagasi seharga 400 ribu sekali jalan.

Bandara di Kuala Lumpur

Ada dua bandara di Kuala Lumpur yakni KLIA yang melayani pesawat non LCC dan KLIA 2 yang melayani pesawat LCC macam Airasia dan Scoot. Citilink, Batik Air, dan Garuda mendarat di KLIA 2.

Walaupun KLIA 2 melayani pesawat LCC, fasilitasnya terutama tempat makan dan jajan lebih lengkap ketimbang KLIA. Ada Gateway @KLIA2 yang isinya beragam tempat makan, mulai dari Family Mart hingga McD. Ga perlu khawatir kelaparan kalau di sana.

Ada shuttle bus gratis dari KLIA ke KLIA 2 dan sebaliknya. Ada pula train seharga 2RM. Saran saya, naik train aja karena shuttle bus-nya muter-muter dan makan waktu.

Angkutan dari Bandara Menuju KL Sentral

Ada 3 cara dari bandara Kota Kuala Lumpur dari KLIA2 atau KLIA. Bisa menggunakan bus, kereta ekpress, atau grab car. Selengkapnya bisa dibaca di Cara Menuju Kuala Lumpur dari KLIA 2

Penginapan di Kuala Lumpur

Ada banyak lokasi favorit pelancong untuk menginap di Kuala Lumpur, yakni Bukit Bintang, KL Central, Chinatown dan di dekat Masjid Jamek. Saya lebih sering menginap di Bukit Bintang dan KL Central.

Mana daerah yang mesti dipilih? Kalau ingin lokasi yang strategis dari bandara dan menuju lokasi wisata seperti Batu Caves, KL Central yang mesti dipilih. Karena dari sini bisa langsung naik bus menuju bandara dan bisa naik LRT Kelana Jaya menuju Batu Caves. Di sini juga banyak kedai mamak yang menjual makanan perpaduan India dan Melayu.

Kalau ingin pusat keramaian malam dan dekat tempat belanja, Bukit Bintang yang mesti dipilih karena di sini ada banyak mal seperti Pavilion, Lot 10, Sungai Wang. Pusat kuliner seperti Jalan Alor pun letaknya di sini.

Lebih lengkap soal penginapan ini bisa baca di 8 Rekomendasi Penginapan Murah di Kuala Lumpur 2022

Keliling Kuala Lumpur

Transportasi umum di Kuala Lumpur tergolong baik. Mereka punya KTM (Commuter Trains), LRT (Light Rail), Monorail, Bus (RapidKL and BRT), dan MRT Tarif monorail berkisar 2.8 sekali jalan sementara tarif LRT lebih murah, sekitar 1.5rm sekali jalan.

LRT ( Light Rail Transit) memiliki 2 line yakni Kelana Jaya dan Ampang Line. Jalur LRT Kelana Jaya menghubungkan ke sebagian besar atraksi utama di Kuala Lumpur (KL) sementara Jalur Ampang seringkali digunakan untuk ke pinggir kota KL. Waktu operasi LRT Kuala Lumpur pukul 6 pagi – 11:30 malam.

Monorail ini menghubungkan Titiwangsa dan KL Centra. Kalau mau ke Bukit Bintang dari KL Central mesti naik monorail. Waktu operasi monorail ini mulai dari pukul 6 pagi sampai 12 malam.

KTM menghubungkan kota Kuala Lumpur dengan luar kota. Kalau mau ke Batu Caves bisa naik KTM ini dari KL Central. Sementara MRT ini adalah transportasi baru di Kuala Lumpur. Dari Bukit Bintang menuju Pasar Seni bisa menggunakan moda transportasi ini.

Naik yang mana? Lihat aja peta mana yang lebih dekat dengan titik awal dan tempat tujuan. Sama mudahnya dan enaknya kok.

Kalau mau lebih irit, bisa pakai Bus GoKL, yakni bus gratis dari Rapid KL. Cara naik dan rutenya bisa disimak di sini ya Keliling Kuala Lumpur Gratis dengan Bus Go KL

Kuliner di Kuala Lumpur

Kuala Lumpur ini surganya kuliner. Mulai dari jajanan pinggir jalan hingga ke kedai mamak (kedai khas peranakan India Melayu) ada di sini.

Namun tetap saja mesti berhati-hati soal makanan halal, terutama saat di Bukit Bintang karena di sana (terlebih di Jalan Alor) banyak makanan non halal. Untuk tahu makanan halal di Bukit Bintang bisa klik artikel Restoran dan Makanan Halal di Bukit Bintang (Update 2022)

2 thoughts on “Panduan Lengkap Jalan-Jalan dan Backpacking ke Kuala Lumpur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *