Keliling Kuala Lumpur Gratis dengan Bus Go KL

sumber: GoKL.com.my

Kalau ingin jalan-jalan di dalam kota Kuala Lumpur, ada beberapa alternatif moda transportasi yang bisa digunakan. Ada monorail, LRT, bus, dan yang teranyar adalah bus gratis Go KL City Bus.

Kalau di Jakarta ada City Tour Bus Jakarta, di Bandung ada Bandors, di KL ada bus Go KL City Bus. Saya selalu naik ini ketika di KL, demi menghemat isi kantong. Yup, sama seperti bus-bus wisata lainnya, untuk naik bus Go KL ini saya tak perlu membayar tiket sepeser pun. Tiketnya gratis.

Bus Go KL ini hanya beredar di area pusat kota saja, namun rutenya menjangkau hampir semua tempat wisata di tengah kota Kuala Lumpur. Petronas KLCC, Bukit Bintang, Petaling Street (China Town), Pasar Seni, Masjid Jamek, KL Tower dilalui bus ini.

Baca juga: Cara Menuju KL Central dari KLIA

Ada beberapa line bus GOKL. Ada line merah, ungu, biru, dan hijau. Kalau di webnya sih, pembagian warna ini berdasarkan jenis kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

  • Line Merah/ Go Relax, rutenya  kebanyakan melewati hotel.
  • Line Biru/ Go Work, tempat yang dilalui rata-rata adalah perkantoran.
  • Line Hijau/ Go Shop karena melewati dua tempat belanja besar (KLCC dan area Bukit Bintang).
  • Line Ungu/ Go Sightseeing karena melewati banyak tempat wisata.

Tapi itu mah bisa-bisanya mereka aja memberi nama rute. Ga ngaruh juga sih karena beberapa tempat bisa dilalui banyak line. Cukup lihat peta di bawah ini aja. Rutenya sendiri berbentuk loop. Artinya kalau mau balik ke tempat semula mesti ikut busnya berkeliling dulu.

peta KL.png
Sumber: http://www.goKL.com.my

Sebenarnya bus ini sudah ada sejak tahun 2012, tapi saya baru coba sekitar tahun 2015 lalu. Saya naik rute ungu, hijau, biru karena itu rute-rute yang loopnya paling kecil dan juga rute terdekat dari tempat-tempat yang saya tuju. Busnya bersih, kaca-kacanya lebar, dan yang penting ada WiFi gratis!!

Tip:

  1. Bus ini beroperasi hampir sepanjang hari jadi jangan khawatir kemalaman dan ga bisa pulang. Senin-Kamis: 6.00am-11.00pm. Jumat-Sabtu: 6.00am-1.00am. Minggu: 7.00am-11.00am.
  2. Bus lewat setiap 5-10 menit sekali.
  3. Di rush hour (peak hour) antrian bus ini bisa panjang. Jadi kalau buru-buru, lebih baik naik monorail saja.
  4. Ada beberapa halte yang dilewati banyak rute bus, misalnya saja halte Monorel Bukit Bintang. Jadi kalau mau naik, lihat rute dan nama line bus yang ada di bus ya…

 

 

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s