ASUS ExpertBook B3000, Cocok Buat Travelling Sambil Kerja

Menjajal ASUS ExpertBook B3000

Jobs fill your pocket. Adventures fill your soul.

~ anonymous

Travelling sambil kerja (atau kerja sambil travelling, ya?) rasanya sudah tak bisa dipisahkan dari kehidupan saya sebagai penulis lepas dan blogger. Ditambah lagi, akhir-akhir ini jangka waktu travelling saya cukup panjang; bisa dua minggu hingga bahkan sebulan lebih. Mau tak mau, saya harus menyelesaikan pekerjaan di sela-sela liburan supaya ada cuan lagi untuk liburan selanjutnya.

Seperti yang terjadi saat saya liburan ke Singapura-Vietnam-Malaysia sebulan lalu. Di sela-sela perjalanan selama dua minggu lebih itu, saya mesti memeriksa layout final buku untuk salah satu Kementrian, menyelesaikan tulisan untuk lomba di Kompasiana (alhamdulillah saya menang!), serta melakukan zoom meeting untuk suatu proyek.

Alhasil, saat menunggu pesawat di bandara Changi dan Ho Chi Minh, sesaat sebelum tidur di hostel, ataupun saat duduk di cafe sambil menyesap kopi Vietnam, saya menyempatkan diri membuka perangkat kerja saya.

Cocok untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi

Muhammad Firman, Head of PR ASUS menerangkan soal kelebihan ASUSASUS ExpertBook B3000

Omong-omong soal perangkat kerja, dua hari lalu saya menghadiri gathering ASUS ExpertBook B3000 Detachable. Laptop (atau gadget?) ini cocok buat para pekerja yang mobilitasnya tinggi atau traveler macam saya karena bobotnya hanya 590gr dengan ketebalan hanya 0,90cm. Jadi kalau ditaruh di backpack dan dibawa keliling jalan-jalan, tak memberatkan punggung. Saya sempat memegangnya sebentar, dan memang, terasa sangat ringan.

Selain ringan, baterainya diklaim tahan lama hingga 21 jam. Daya tahan baterai ini juga mesti jadi pertimbangan utama karena akan merepotkan jika harus sering-sering mencari colokan untuk mengisi daya baterai, kan?

Ketahanan baterai ini disebabkan ASUS ExpertBook B3000 ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform yang menggunakan ARM yang dikenal sangat hemat daya dan dilengkapi chip grafis Qualcomm® Adreno™ GPU 618 tetap tampil sangat efisien saat bekerja. (Spek lebih lengkap lihat tabel di bagian bawah tulisan ya)

Kibor Lepas-Pasang yang Nyaman

Kibor yang bisa dipasang-lepas ini punya key travel/travel distance 1,5 mm

ASUS ExpertBook B3000 ini dilengkapi dengan Keyboard ExpertBoard, jadi bisa dipakai mengetik laiknya mengetik dengan laptop. Meskipun kibor ini detachable alias bisa dilepas-pasang, kenyamanannya tak dikurangi.

Karena keterbatasan waktu, kemarin saya tak sempat mencoba mengetik, namun dengan key travel/travel distance 1,5 mm, sudah cukup nyaman dipakai. Toh, kibor ini nggak akan dipakai main hard game, kan?

Menariknya, ASUS menyematkan fitur water resistance hingga 60 cc. Sepertinya, ASUS paham kalau ini dipakai oleh pekerja yang mobilitasnya tinggi, maka ada kemungkinan ia dipakai sambil minum kopi dan ada kemungkinan tumpah.

Bisa Horizontal dan Vertikal

Ketika kibor dilepas, ASUS ExpertBook B3000 bisa digunakan laiknya tablet.

Sebagai laptop detachable, ASUS ExpertBook B3000 ini punya kibor yang bisa dilepas. Ketika tidak terhubung dengan kibor, maka laptop ini dapat difungsikan laiknya tablet dengan layar sentuh.

Enaknya ada layar sentuh ini, buat saya, adalah saat saya harus memeriksa hasil layout berbentuk PDF. Saya bisa langsung men-zoom bagian yang mau saya edit. Maklum…mata minus saya susah diajak kerjasama kalau hurufnya kecil. Siweer

Dilengkapi dengan stylus

Melengkapi fitur layar sentuhnya, ada stylus yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus pada bodi. Saat disimpan di kompartemennya, stylus otomatis melakukan pengisian daya. Pengisian dayanya juga sangat cepat yaitu hanya butuh 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.

Seperti halnya tablet, layar ExpertBook B3000 bisa digunakan dalam dua mode: mode vertikal atau horizontal. Saya mencoba menggunakan dua mode ini dan sama nyamannya. Apalagi perangkat ini dilengkapi dengan ExpertStand cover yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan vertikal maupun horizontal.

Mode vertikal

Online Meeting jadi Lebih Jernih

Sejak pandemi bergulir, kebutuhan untuk melakukan pertemuan secara daring jadi meningkat.

Dan sekarang, walaupun pandemi sudah mereda, pertemuan dan rapat daring ini jadi bagian dari gaya hidup pekerja. Termasuk saya, yang mesti online meeting di tengah-tengah liburan. Untung bukan saat saya ada di tengah danau kars Tam Coc mitingnya yaa…

Di ExpertBook B3000, online meeting ini terbantu dengan kamera depan dengan resolusi 5M. Kamera ini dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang mengurangi noise pada kamera sehingga hasilnya jadi lebih jernih dan terang meski meeting dilakukan pada kondisi minim cahaya. Jadi ga perlu pasang lampu sorot biar wajahnya keliatan, lho…

Ada pula fitur AI noise cancellation yang memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI). Pengguna ExpertBook B3000 juga dapat mematikan mikrofon dengan mudah melalui tombol khusus yang terdapat di keyboard-nya.

Bisa Terkoneksi dengan WiFI

ExpertBook B3000 juga dilengkapi dengan kamera belakang. Kamera dengan resolusi 13MP tersebut memungkinkan pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat mengambil gambar dan merekam video seperti halnya saat menggunakan smartphone.

Sayangnya, saat ini ExpertBook B3000 belum memiliki SIM Card layaknya smartphone. Namun, jangan khawatir. Perangkat ini telah dilengkapi dengan WiFi yang didukung oleh teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Teknologi tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik.

Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.

Oya, walaupun speknya mumpuni seperti ini, harganya juga masih terjangkau. Saat ini, ASUS ExpertBook B3000 ini dibanderol dengan harga Rp 7.399.000.

ATOM COMMUNITY

Btw, ASUS punya sebuah komunitas buat blogger, instagram influencer dan tiktokers, yang bernama ATOM.

Kalau bergabung dengan komunitas ini, bisa dapat akses eksklusif untuk launching produk terbaru dari ASUS. Ada pula kompetisi internal komunitas, program affiliate, plus workshop untuk mengasah skill, dan lain sebagainya.

Informasi lebih lengkap dan cara daftarnya bisa liat di https://bit.ly/ATOMCommunity

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3000 Detachable



Main Spec.
ExpertBook B3000
CPUQualcomm® Snapdragon™ 7c Gen 2 (1MB L3 Cache, up to 2.55GHz, 8 cores)
Operating SystemWindows 11 Home in S Mode
Memory8G LPDDR4X on board
Storage128G eMMC
Display10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10 60Hz, touchscreen, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 320nits, sRGB 121%
GraphicsQualcomm® Adreno™ GPU 618
Input/Output1x USB 3.2 Gen 1 Type-C support display + power delivery 1x 3.5mm Combo Audio Jack
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ac) (Dual band) 2*2, Bluetooth 5.1
Camera5.0 MP front-facing camera 13.0 MP world-facing camera
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone
Battery38WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Dimension26.03 x 17.21 x 0.89 ~ 0.90 cm
Weight590 gram
PriceRp7.399.000
Warranty1 tahun garansi internasional + ASUS Expert Warranty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!