Cara Menuju Sapa dari Hanoi

Ada dua cara menuju Sapa dari Hanoi, yakni menggunakan bus ataupun kereta. Saya menjajal bus dari Hanoi ke Sapa, dan sebaliknya, saya menggunakan kereta dari Sapa ke Hanoi.

Saya dan kawan-kawan memutuskan menggunakan bus dari Hanoi menuju Sapa supaya bisa merasakan naik sleeper bus Vietnam. Tapi kami kehabisan tiket, alhasil kami menggunakan luxury bus yang hanya terdiri dari 16 orang.

Ada beberapa perusahaan bus, tapi dari yang saya baca-baca, salah satu terpercaya yakni Sapa Express.

Baca Juga: Pengalaman Naik Kereta di Vietnam

Cara Beli Tiket Bus dari Hanoi ke Sapa

Saya membeli tiket bus ini on the spot di kantornya yang lokasinya ada di Old Quarter, dekat dengan Danau Hoan Kiem. Alamatnya di 70 P. Nguyễn Hữu Huân, Hàng Bạc, Hoàn Kiếm.

Bus ini sebenarnya bisa dibeli secara online, tapi karena jadwal penerbangan kami berkali-kali diubah, akhirnya kami memutuskan untuk membelinya on the spot saja. Dan ternyata kami kehabisan tiket sleeper bus jadi akhirnya kami menggunakan luxury bus.

Nah nggak mau kehabisan, apalagi kalau itenerarynya sudah sangat fix, bisa beli online. Kalau gugling, akan muncul banyak banget situs online yang mengaku menjual tiket Sapa Express bus. Saya juga bingung yang mana yang asli, namun setelah sampai di kantornya saya menemukan tulisan kalau situs yang asli adalah https://sapaexpress.com/ .

Bisa juga menggunakan OTA seperti https://12go.asia/en/operator/sapa-express.

Bus dari Hanoi ke Sapa
Kantor Sapa Express di Hanoi

Sapa Express Luxury Bus

Luxury bus ini hanya terdiri dari 16 orang, jadi busnya kecil. Formasi kursinya 1-1 dan jarak antarkursinya sangat lebar sehingga nyaman. Ada colokan USB juga.

Di tengah jalan, bus akan berenti satu kali untuk istirahat. Tempat istirahatnya sederhana banget, banyak makanan tapi rasanya tak ada yang bisa kami makan karena kebanyakan tak halal. Tapi ada satu supermarket yang menjual macam-macam cemilan.

Di Sapa, bus ini berhenti bukan di terminal ya, karena Sapa memang ga punya terminal. Busnya bakal berhenti di kantor perwakilan mereka di sana. Sapa Express ini misalnya, berhenti di dekat danau, yang ternyata cukup jauh dari penginapan kami di Fansipan Terrace Cafe. Alhasil, tengah malam kami mesti menyetop taksi.

Bus dari Hanoi ke Sapa
Bus Sapa Express dari Hanoi ke Sapa
Fotonya ngambil dari google.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!