Pengalaman Naik Pesawat Scoot Airlines

Beberapa kali saya naik pesawat scoot airlines, yang terkahir bulan November lalu dari Jakarta ke Singapura dan dari Singapura ke Hanoi. Inilah yang saya rasakan

Selain suka mantengin promo, saya suka naik pesawat low cost carrier (LCC) alias maskapai berbiaya rendah. Salah satunya adalah Scoot Airlines, LCC yang berbasis di Singapura. Scoot ini merupakan anak perusahaan dari Singapore Airlines sehingga pesawat yang digunakannya adalah eks dari pesawat Singapore Airline.ย  Tahu sendiriย  kan track record Singapore Air yang beberapa kali dapat penghargaan sebagai maskapai terbaik di dunia.

scoot plane
Sumber: Flyscoot.com

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Gratis di Singapura yang Jarang dikunjungi Turis Indonesia

Penerbangan Scoot Nyaman Nggak?

Saya pernah beberapa kali naik ini. Terakhir dari Jakarta Singapura dan Singapura ke Hanoi. Lama perjalanan lebih dari 3 jam. Penerbangannya ontime, leg roomnya lumayan lega buat saya yang tingginya159cm. Ga jauh beda dengan kursi Airasia.

Beli Bagasi Scoot Nggak ya?

Ada dua buah kelas penerbangan yang ditawarkan oleh Scoot, yakni Economy Class (yang biasa saya naiki) serta bisnis class yang diberi nama ScootPlus

Nah, untuk kelas ekonomi ada tiga tipe lagi: FlyFlyBag & FlyBagEat. Bedanya di bagasi dan makanan. Kalau fly cuma dapat jatah kabin 10 kg, flybag dapat jatah bagasi check in 20 kg. Sementara Flybageat, sesuai namanya, dapat makan juga.

Perbedaan kelas

Kalau perlu tambahan bagasi lebih dari 20 kg, bisa beli lagi bagasi tambahan. Harga bagasi tambahan ini berbeda-beda sesuai rute yang dipilih. Saran saya, lebih baik beli bagasi saat beli tiket daripada beli bagasi di konter check-in karena harga bagasi di konter check in jauuh lebih mahal ketimbang beli online saat beli tiket.

Oya, untuk kelas Fly, di tiket biasanya tertulis bagasinya 0 kg. Jangan panik dulu kalau dapat tiket begini, karena itu memang untuk bagasi check in. Untuk kabin masih mendapat jatah 10 kg kok…

Ketat nggak pemeriksaan bagasi scoot ? Beberapa kali naik scoot airline, tas kabin saya selalu ditimbang di konter check in. 

Beli Makanan di Scoot Nggak ya?

Penumpang Economy Class seperti saya ini nggak dapat makanan gratis. Tapi saya bisa membeli makanan di atas pesawat. Ada berbagai macam makanan, mulai dari makanan berat yang hangat, dan makanan ringan atau camilan. Ada juga paket makanan khusus untuk penerbangan jarak jauh. Jangan khawatir soal kehalalan, karena sekarang semua makanan di penerbangan Scoot berlabel halal.

Saya nggak pernah beli makanan di Scoot karena harga makananya lumayan mahal dibandingkan penerbangan lain macam Airasia. Nasi lemak aja 194 ribu, sementara di Airasia sekitar 70 ribu. Mending makan di bandara dulu, deh.

Oya, untuk bawa makanan sendiri sepertinya ga memungkinkan ya. Scoot ini lumayan ketat dibanding Airasia atau LCC lain. Kalau ketauan bawa makanan sendiri, bisa diomelin pramugari.

Jadi, saran saya, kalau mau naik penerbangan ini lebih dari 3 jam (misalnya ke Berlin), mending makan dulu yang kenyaang.

24 thoughts on “Pengalaman Naik Pesawat Scoot Airlines

  1. Halo kak, mau tanya utk koper 22 inch masih bisa masuk ga ya? Dgn pertimbangan kalo rodanya dilepas dimensi tidak lebih dr 115cm. Tp jika dgn roda dimensi 156cm. Trims

  2. Kak mau tanya, saya beli tiketnya lewat website, tp ga diminta no paspor kaya di traveloka atau tiket.comโ€ฆ cuma isi nama dan tanggal lahir aja. Emang begitu kah kl belu via webnya scoot?

    1. Nah iya ini sama case nya, gakdiminta no paspor, belum jadi saya bayar karena takut kalau bermasalah, setelah baca ini jadi tenang. Terimakasih untuk pertanyaan dan jawabannya

      1. Iyap, rata-rata sekarang semua penerbangan kalau beli via website maskapainya langsung ga ditanya nomer paspornya, tapi nanti pas mau check in online mesti masukin nomer paspor

  3. Kak klo mau tambah bagasi yang tadinya hanya cabin ini bisa langsung di website atau di counter check in? Baiknya gimana yah?

  4. kak kalo di tiket tertulis BAG: 25kg itu cuma buat bagasi doang kan ya? bukan sama kabin? jadi kalo ditotal kabin sama bagasi jd 35? bukan 10 kabin 15 bagasi?
    makasih kak

  5. Saya pesan tiket scoot pp. Untuk tiket berangkat ada tulisan bagasi kabin 10kg tapi tiket untuk pulang kok bagasi kabin 0kg ya

    1. Belinya lewat OTA ya Mas? Kalau lewat OTA emang suka ga ketulis begitu, tapi scoot bagasi kabinnya ada kok 10 kg (total, maksimal satu tas kabin dan satu tas kecil atau tas backpack kecil).

  6. Saya nyari informasi tentang scoot karena mau cuti. Nyari hongkong Semarang ndak ada penerbangan terus. Pantesan. Karena majikan nyarinya yang murah semurahnya.
    Jadi No bagasi no food. Aku tak biasa .

    Kalo untuk traveling sendiri mungkin ok ya, ini dari majikan. Duh pelit poll hhhh. biasana dari majikan waktu di Singapura & Taiwan, Minimal Cathay. Bagasi minimal 20. Pernah dapat 30kg. Hla ini?
    Boleh bawa makanan ke pesawat ndak kak?

  7. Sore Mba….tiket saya kan Economy (subclass M) di Scoot, dengan tulisan Flight Facilities = 0 Kg. Jadi hanya bisa bawa koper ke Kabin dengan maximum 7 Kg dengan ukuran koper kabin 20″ bukan ya?

    Dan untuk koper ukuran 24″ harus masuk bagasi dengan beli bagasi tambahan? Kalau dicek di web lumayan ya harga tambahan bagasinya.

    Atau, jika saya tidak bawa koper kabin, hanya bawa koper 24″, apakah masih dapat jatah 7Kg yang nantinya dijadikan sebagai pengurangan perhitungan kalau koper saya berat 20Kg jadi hanya bayar 13 Kg saja? Mohon penjelasannya. Thanks

    1. halo mbak. benar, kalau ukuran 24 harus masuk bagasi.
      Dan kalau ga bawa koper kabin, hanya bawa bagasi, nggak dikurangi biayanya mbak. Tetep mesti bayar full bagasi 20 kg atau sesuai yang dibeli.

  8. Waktu pertama kali ke LN tepatnya Singapore, saya menggunakan maskapai tersebut. Betul maskapai tersebut sangat top abis lah pegawainya juga ceraia-ceria semua melayani dengan sepenuh hati dan hati-hati.

    Jadi ingin ke Singapore lagi. HE HE

  9. Saya lumayan sering pakai Scoot untuk penerbangan Singapore ke Hong Kong. Enaknya Scoot ini area kakinya lebih besar dari beberapa pesawat lowcost yang saya pakai juga~ dan untuk harga terbilang affordable, plus bisa dapat SQ miles ๐Ÿ˜€

    Too bad belum pernah coba makanannya karena mostly dapat jadwal penerbangan setelah makan di bandara / di rumah hehehe. Tapi buat saya, Scoot bisa jadi salah satu pilihan yang bagus kalau airlines yang biasa digunakan memang nggak punya rute ke negara yang diinginkan ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *