Transit di KLIA 2, Mesti Ngapain?

klia2_10
Foto: malaysiagazette.com

Pengennya sih, transit di bandara itu enggak lama-lama. Tiga jam cukup lah. Pengennnyaa…

Tapi seringkali, penerbangan yang kita naiki memaksa kita untuk transit lama di airport. Seperti yang sering saya alami di KLIA 2, yg sekarang berganti nama lagi menjadi LCCT. Bandara low cost di Kuala Lumpur ini sering jadi tempat transit lama saya karena saya kerap naik Airasia yg bermarkas di sini. Dan sering kali, demi tiket termurah, antarpesawat memiliki waktu transit yang panjaang dan lamaa. Kali terakhir, saya bahkan harus transit di KLIA 2 selama 12 jam. Duh…

Kalau Transit di Bawah 3 Jam

Kalau transitnya sebentar (sekitar 3 jam), saya memilih langsung masuk ke area transfer penerbangan (sering disebut juga dengan area satelit). Soalnya, KLIA ini gede dan jauh banget jarak dari landasan pesawat ke imigrasinya. Nanti, sebelum turun imigrasi, ada ruang kaca yang di depannya ada plang bertuliskan “transfer”. Nah, masuk saja ke situ. Selama ini,  walaupun ga beli tiket flythru saya masih bisa masuk langsung ke ruang transfer ini,  asalkan saya tidak membawa bagasi dan sudah web check in sebelumnya.

Apa yang biasanya saya lakukan di area transfer (area satelit ini)?

  1. Bikin Mie

Ini sebenarnya aktivitas baru saya. Jadi, ada fasilitas baru di KLIA2 yakni air panas. Letaknya ada di dalam area transit, tak perlu keluar imigrasi. Di dekat gate Q (mungkin juga di dekat gate yang lain) ada fasilitas minum gratis, plus air panas. Di KLIA2 memang banyak air minum gratis, tapi kalau yang ada air panasnya, cuma ada di sini. Biasanya, air minum ini ada dekat musala dan kamar mandi. Karena ada air panasnya, saya bisa bikin pop mie yang kebetulan memang saya bawa dari rumah. Lumayan buat ganjal perut yang keroncongan menunggu penerbangan selanjutnya.

Air panas di dekat Gate Q

2. Makan

Di area transit atau  satelit, Anda masih bisa mencicipi beberapa makanan, tapi memang tak sebanyak di Gateway@KLIA2. Di urban foodcourt (saya lupa lantainya) ada McD, Popeye, Burger King. Tempatnya enak, saya biasanya duduk-duduk di sini sambil minum teh tarik hangat seharga 5RM.

IMG-20160826-WA0010 (1)
Foodcourt area transit.

3. Ngaso

Kalau waktunya cuma sebentar, saya biasanya ngaso di movie lounge atau sport lounge  Sepi, bisa liat pesawat (karena di sana ada jendela besar yang terhubung dengan tempat parkir pesawat), dan dekat dengan musala, WC, serta air minum.

Kedua lounge itu juga jadi tempat favorit saya untuk tidur jika trasnitnya malam hari. Tapi…mesti rebutan dengan bule-bule!

Pilihan lain buat ngaso adalah di area dekat eskalator. Ada bangku-bangku empuk, dan kalau beruntung bisa dapat bangku panjang yang bisa digunakan untuk selonjoran.

Transit di Atas 3 Jam

Kalau transit di KLIA 2 cukup lama, di atas 3 jam, saya memilih keluar imigrasi agar cap di paspor jadi banyak. Hahaha….bukan deh, tujuan utamanya agar saya bisa berjalan-jalan di area Gateaway@KLIA2, karena di area transit tak banyak yang bisa dilihat dan dilakukan. Saya baru masuk lagi sekitar 3-4 jam sebelum jam boarding.

Gateaway@KLIA2 adalah area di bandara KLIA2 yang punya banyak tempat untuk duduk-duduk dan nongkrong. Syaratnya, harus lewat imigrasi dulu, sehingga nantinya, Anda harus masuk imigrasi lagi sebelum masuk ke pesawat.

Nah, apa yang bisa dilakukan saat transit lama di KLIA 2?

1. Makan.

KLIA2 punya banyak restoran enak yang buka hingga 24 jam. Favorit saya, Marry Brown alias MB. Bukan karena rasanya luar biasa enak, tapi karena ini cuma ada di Malaysia! Ya, saya tak pernah menemukan restoran ini di mana saja, termasuk di Jakarta.

Saya makan di sini sejak KLIA2 masih berupa bandara LCCT kecil semi permanen beratap gelombang. Harganya murah dan ada menu nasi lemak. Terakhir saya ke sini akhir Juli 2016 ini, paket nasi lemak dan nasi ayam MB harganya naik jadi 13RM. Masih murah dibanding MCD sih..

Selain MB ini, banyak restoran lain. Ada MCD, Bumbu Desa, Starbuck, Burger King, Garret Popcorn, dan sebagainya. Dulu ada kopitiam favorit saya dekat tangga menuju lantai 2 (saya lupa namanya apa), tapi entah kenapa saya kemarin tak bisa menemukannya lagi.

 

Penampakan nasi MB

2. Belanja teh tarik dan coklat.

Ini yang selalu saya lakukan kalau transit di KLIA. Toko favorit saya adalah Jaya Grocer di L2-139 KLIA2. Toko retail ini besar, lumayan lengkap dan murah. Biasanya saya beli teh tarik merk Iboh, Oldtown, atau Nescafe di sini. Cokelat di sini tak selengkap di toko cokelat lain, tapi sering ada promosi buy 1 get 1. Merek yang tersedia pun lebih beragam dibanding toko yang lain.

jayagrocer-1
foto: http://www.traveldept.com

4. Tidur di KLIA 2.

Nah kalau ini, wajib hukumnya bagi saya, walaupun tidurnya tak akan nyenyak. Di mana saya biasa tidur di KLIA 2? Pindah-pindah! Saya pernah mencoba tidur di lantai karpet dekat kafe Olala. Jadi begitu keluar dari imigrasi, lewati Erawan, ke arah kanan. Akan ada semacam area kosong di sebelah kafe Oalala yang dipenuhi orang tidur. Dulu, ini tempat favorit saya sebelum semua orang tidur di sini. Akhir-akhir ini saya menghindari tempat ini karena tempatnya rada bau dan berdebu. Dan juga, kemarin saya lihat, tempat itu sudah berubah jadi toko.

Saya juga pernah tidur di musola di lantai 3, di area departure. Bersih, lantainya terbuat dari kayu. Dibanding musala lain, tempat ini lebih ramai. Tapi ramai itu jadi minus buat saya, pasalnya tidur saya jadi tak nyenyak karena banyak orang yang masuk dan keluar.

Saya juga pernah mencoba tidur di lantai mezanin di atas pintu masuk Internasional Departure. Di sini ada karpet dan beberapa bangku yang bisa ditiduri. Lumayan sepi dan bisa bikin tidur nyenyak.

Info lengkap soal tidur di KLIA2, bisa dilihat di tulisan saya:  Tidur di KLIA

5. Mandi.

Kalau mesti mandi karena perjalanan selanjutnya jauh, saya mandi di sini. Tak perlu ke lounge, Capsule atau Sama-Sama hotel untuk mandi, di lantai 2 sebelah KK minimart ada shower gratis. Ada pula di kamar mandi level 3 di dekat pintu masuk ke departure gate.

Ada yang mau nambahin?

 Lebih lengkap soal layout KLIA2 bisa dilihat di web resmi mereka: http://www.klia2.info/about-klia2/klia2-layout-plan

Update: sekarang ini ada Lounge Milik Airasia yang bisa dipakai untuk penumpang yang transit, namanya Airasia Premier Lounge. Dibuka 24 jam, hargnya 79RM untuk 3 jam. Lokasinya di Mezanin Level, International Departure Area

Selain itu, jika tak ingin jalan-jalan ke kota, tak jauh dari bandara baru dibuka factory outlet Mitsui. Katanya, harga barang-barangnya murah, dan tersedia shuttle bus ke sana. Info lebih lengkap bisa diliat di https://www.mitsuioutletparkklia.com.my/shopping.php

131 thoughts on “Transit di KLIA 2, Mesti Ngapain?

    1. rahma

      Wkwkwk…etapi kemaren saya emang coba main pokemon di sana. Bolak balik sana sini tapi ga dapet sama sekali. Mungkin ga boleh kali ya di bandara

  1. Sarah

    Mbak. Aku rencananya mau ke hongkong lewat KL enaknya brp lama spare waktu transit Mbak aku soale takut ketinggalan pesawat?

      1. taufik akbar

        mba…kalo transit di KLIA lebih dr 8 jam apa bisa keluar bandara misal mau jalan2 ke twin tower petronas dulu? tipsnya gimana ya….nanti di tanyain gak ya ma pihak imigrasinya…???

        1. rahma

          Ga akan ditanyain petugas, asalkan alasannya jelas dan punya bukti tiket lanjutan. Misalnya bilang “cuma mau jalan-jalan”, pasti si imigrasinya nanya, tujuan selanjutnya ke mana, tiketnya mana, kapan mau terbang lagi. Kalau ada bukti tiketnya, pasti ga dipersulit.

          Kalau soal waktu, 8 jam itu cukup. Bisa ke petronas dan bukit bintang. Hitungan kasarnya gini: 1 jam untuk urusan imigrasi dll, 1 jam untuk menuju KL Central, 2 jam buat jalan-jalan, 1 jam lagi buat balik ke bandara KLIA2, 2 jam buat check in dan boarding. Kalau ga punya bagasi dan udah check in onlien, waktu jalan-jalan bisa lebih panjang.

  2. Adel

    Besok oktober flythru transit di KL 5 jam. Kalo yg gaperlu keluar lewat imigrasi bisa ngapain aja ya? 😀 MB keliatan enak tuh :p kalo starbucks bisa disamperin tanpa keluar imigrasi kan ya?

    Thankyou

    1. Sedikit emang yg bisa diliat kalo ga keluar imigrasi. Palingan bisa ke urban food court. Ada McD, burger king, popaye. Kalau MB dan Jaya Grocer mesti keluar imigrasi.

      Starbak, seinget saya adanya di luar, di dalem adanya Coffee Bean atau Gloria Jeans (lupa tepatnya yg mana)

  3. Ria Melliyana Purba

    Salam kenal mba Rahma. Saya mau minta saran nih. Saya sampai di bandara KLIA2 pukul setengah 7 malam. Dan penerbangan berikutnya (bukan transit) pukul 19.55. Saya pesimis bisa ke kejar penerbangannya. Bila ketinggaln pesawat saya akan ambil penerbangan paginya. Bila saya ketinggalan pesawat. Apa sebaiknya saya tidur di bandara atau keluar? Apakah aman mba? Apakah ada loker koper di Bandara? Mengingat saya berpergian sendiri

    1. rahma

      Ini kayaknya udah pasti ketinggalan pesawat karena jaraknya kurang dari 1 jam. Jadi asumsiku, bakal ambil penerbangan besok pagi. Nah, paginya ini jam berapa?

      Kalau pagi-pagi banget (subuh), mending tidur di bandara, daripada buru-buru bolak balik bandara. Kalau rada siang, misalnya jam 8, bisa cari penginapan di sekitar bandara (rekomen saya Yuniq hotel krn mereka sedia shuttle bus dari dan ke bandara).

      KLIA2 aman kok, tapi tetep jaga-jaga ya. Paspor, dompet, dan barang berharga lain dimasukkan aja ke dalam kaus, lalu pakai jaket lagi di luarnya. Ada 2 penitipan loker, 1 di capsule hotel (bisa gugling), satu lagi saya lupa tempatnya. Harganya tapi lumayan mahal 😀 (buat saya), ga beda jauh dengan ambil penginapan.

  4. Anggraeni

    Salam mba rahma, saya Transit di KLIA 2 slama 4 jam, kalau misalkan ada bagasi apa kita harus ambil dan mlakukan prosedur check in ulang seperti penerbangan sebelumnya atau Langsung masuk ke area transit ? Mohon infonya, thankyou

    1. Halo Mbak,
      Pakai Airasia? Tiketnya belinya satu-satu apa flythru?
      *misalnya mbak beli dari jakarta-kl, lalu beli kl-bangkok terpisah (bukan satu nomer booking), itu beli satu-satu, bukan flythru*

      Kalau beli satu-satu dan ada bagasi, mesti keluar imigrasi dan anbil bagasi, lalu check in lagi. Tapi kalo flythru, bagasi sampenya di tempat akhir jd ga perlu keluar imigrasi.

      Semoga membantu ;))

  5. Inda Risinda

    halo mbak, mau tanya
    Saya ada perjalanan yang mengharuskan saya transit di kuala lumpur jam 12.55, dan penerbangan selanjutnya jam 19.25, sehingga saya akan transit selama 6 jam 30 menit. Tiket saya adalah Fly Thru. Bagaimana prosedur agar saya bisa keluar ke kota kuala lumpurnya ya? Apakah akan ada masalah saat saya check in lagi untuk penerbangan yg jam 19.25 itu?

    1. rahma

      Halo Mbak,

      Sepertinya (tapi aku ga yakin soal ini), ga masalah kalau keluar. Logikanya kan, flythru dibeli karena biasanya orang malas keluar lagi dan malas ketemu imigrasi. Kalau kebalikannya, punya flythru tapi mau keluar, kurasa malah gpp. Tapi sebaiknya sudah punya boarding pass ya, supaya ga perlu check-in lagi di KL. *jika punya boarding pass bisa lgsg masuk imigrasi, ga perlu ke konter check in.

      Tapi, lebih baik ditanyain lagi ke CS-nya Airasia. Karena saya belum punya pengalaman seperti ini..

      Maaf kalau jawabannya ga membantu 😀
      Rahma

  6. prastya

    halo mbak saya mau tanya..tiket saya dari guangzhou ke sby transit di KL selama 4 jam.. misalnya kalau saya keluar dulu pas transit main ke KLCC apa waktunya cukup ya mbak? kalo emang ga cukup saya mau beli tiket untuk KL ke sby nya keesokan harinya apa bisa? soalnya katanya udah ga bisa keluar dr bandara pas transit kalo tiket langsung gt? terimakasih mbak

    1. rahma

      Nggak cukup Mas kalau cuma 4 jam, mepet banget. Dari KLIA-KL Central aja by bus bisa 1 jam perjalanan, pp 2 jam. Belum lagi antrian imigrasi di KLIA yang biasanya rame dan panjang. Saran saya, kalau cuma 4 jam, di bandara aja.

      Nah, kalau soal tiket, ini balik lagi, belinya satu-satu apa flythru (saya asumsiin ini pake airasia ya). Kalau belinya satu-satu, bisa hangusin tiket KL-Sby. Dinggap ga dipake aja tiketnya. Kalau fly thru, sebaiknya telp CSnya dulu, apalagi kalau pakai bagasi karena bagasi akan sampainya di tujuan akhir.

      Ini pake airasia kan?

  7. ika wulandari

    hai mbak,,, mau tanya,,, saya beli tiket fly thru arrived di KL jam 10 malam flight lagi jam 8 pagi = transit nya 10 jam tengah malem.. hehhe tapi pengen ke Twin towers nih,, kira kira memungkinkan gak ya, tengah malem jalan jalan ke luar dari segi imigrasi dan transportasi disana ?

    1. rahma

      Hai juga,

      Sepertinya ga memungkinkan ya. Bus ke KL Sentral paling malam jam 12, dan bisa balik lagi ke KLIA jam 3 pagi (bus pertama). Tapi, kereta dari KL Sentral ke KLCC ( Twin Tower) paling malem jam 11 dan paling pagi jam 6. Kecuali kamu maksa naik taksi.

      Dan dari segi keamanan juga sepertinya ga memungkinkan. Kalau jam 10 landing, paling cepet keluar dari KLIA jam 11, sampe di KL Sentral jam 12, kalau naik taksi sampe di KLCC jam stgh 1. Udah tutup semua pintu ke dalam KLCC, paling banter foto dari luar. Aku pribadi sih ga berani jalan di sana di atas jam 12 malam. Saranku, lebih baik jalan-jalan di sekitar KLIA aja

  8. dhila

    Hai mba rahma mau tanya, sy ada plan bw ibu MCU ke malaka, cm mau ke singapur jg, ibu saya pake kursi roda (bs jalan cm ga bs lama2), nah di singapur klo mau naik MRT buat yg pake kursi roda ada fsilitasny kn y? Bagusny ke malaka dulu baru ke sing, apa sing dulu baru ke malaka, trus klo di sing yg murah tp nyaman penginapan ap y mba refernsiny, makasih bnyk yaa

    1. rahma

      Halo Dhila, wah keren bgt kamu bawa ibu jalan2. Saya coba jawab semampunya ya..

      Seinget saya, kebanyakan mrt di singapura punya lift, hanya ada bbrp yang ga ada. Kalau daerah turis, umumnya ada lift.

      Ini mksdnya pp via singapura ya? Memang akan lebih murah dan cepet pp dr singapur drpd plg via kl. Kalau dari segi efisien waktu, saran saya begitu mendarat ke malaka dulu. Pertama biar ga buru2 ngejar pesawat di hari terakhir, soalnya di perbatasan sering macet. Yg kedua biar ibunya masih seger pas MCU. Kalau abis jalan2, takutnya capek.

      Kalau penginapan, aku ga bisa nyaranin byk, krn kalo ke singapura selalu tidur di dormitori.

      Salam buat ibu ya…

  9. Hay Kak, aya mau nanya. Jadi kan saya akan tiba di KLIA 2 pukul 10 malam, lalu penerbangan selanjutnya pkl 6 pagi.
    Untuk menghabiskan tengah malam, adakah saran dari kakak, biar tidak bosen sekaligus bisa eksplore KL. hehe makasih

    1. rahma

      Halo Shinta,
      Kalo saya saranin sih, stay aja di bandara. Karena saat malam, transport di kota KL udah ga ada. Monorail beroperasi sampai jam 11 aja dan mulai beroperasi lagi jam 5 pagi. Kecuali mau muter2 di deket KL Sentral aja, dan menurut saya ga worth it.

  10. Sari

    Halo mba rahma..ikutan nanya yaa..
    Saya ada rencana mau ke bangkok via KL..tiket yg saya beli terpisah (cgk-kul dan kul-dmk) jd bukan flythru dan tanpa bagasi..tiba di klia2 jam 14.30 dr jakarta lalu lanjut ke bangkok dr klia2 jam 16.45..
    Menurut mba dengan waktu transit segitu sempat ga ya? Kalau saya web check in (utk tiket kul-dmk) lalu boarding pass nya saya print sendiri apa saya bs langsung ke ruang transit tanpa hrs ke imigrasi dulu mba? Jadi biar bs lebih menghemat waktu gitu..
    Mohon pencerahannya ya mba..makasiiiih..

    1. rahma

      Hai Sari,
      Cukup, asalkan penerbangan dari Jakarta ga delay :D.

      Selama ini, saya bisa langsung masuk ke ruang transit walaupun ga beli flythru. Langsung aja nyerahin boarding pass ke petugas yang di sana.
      Di-print ya boarding passnya, jgn pakai e-boarding di app, karena ada petugas bea cukai yang reseh dan ga mau nerima e-boarding walaupun petugas airasianya udah ngasih masuk.Lumayan nyita waktu buat berdebat.

      Met mengeksplor Bangkok ya…

      1. Regina

        hai mba rahma, masalah ku sama dgn mba sari. tapi 100% bisa kan kalo gak keluar ke imigrasi dan masuk imigrasi lagi? aku gak bawa bagasi, hanya koper cabin saja

    2. Regina

      hai mba sari, sepertinya kita beli tiket di sumber yg sama. mba beli tiket untuk tanggal brp? aku juga sangat deg2an dengan waktu yg mepet ini. boleh minta email mba? biar bisa saling info2.

  11. Halo mbak, saya mau ke vietnam tapi beli tiketnya dari jkt ke kuala lumpur dulu pake air asia nyampe jam setengah 12. Dan penerbangan ke ho chi minh pagi jam 8. Saya nggak pake bagasi, kalo kaya gitu saya harus keluar area imigrasi atau nggak usah ya? Saya rencana tidur di bandara.

    1. rahma

      Hai Ayu,
      Biasanya sih saya langsung ke area transfer, ga ke imigrasi. Tapi syaratnya, udah web chech-in dan bawa boarding passnya ya

    1. rahma

      Hai,
      Web check-in Airasia bisa dilakukan 2 minggu hingga 1 jam sebelum terbang. Biasanya sih, saya check-in dan nge-print sebelum terbang (masih di Jakarta), tapi sering juga check-in pas di perjalanan menuju bandara dan nge-print-nya di mesin self check in di Bandara.

  12. Anonymous

    mba ini penerbangan pertama saya..beli tiket jogja-kuala lumpur…trus lanjut kuala lumpur – kairo…kebetulan saya punya family di malaysia…apa bisa mbak saya berkunjung ke family dulu 2 atau 3 hari dulu sebelum penerbangan saya ke kairo ?

    1. rahma

      Halo Mbak/Mas,
      Ini saya kurang paham pertanyaannya. Mksdnya, beli tiketnya satu-satu gitu (jakarta-KL lalu KL-Kairo) atau beli tiket Jakarta-Kairo dan transit di KL?

      Kalau beli satu-satu, sangat mungkin berkunjung dulu karena yang mengatur jadwal Mbak/Mas sendiri. Beli dulu yang Jakarta-KL, nanti beli lagi yg KL-Kairo (secara terpisah), di tanggal yang diinginkan.

      Kalau beli direct (jakarta-Kairo) dan transit di KL (misalnya naik Malaysia Airlines), bisa juga. Istilahnya stopover. Lama stopover tergantung kebijakan masing-masing maskapai. Buat jelasnya, Mbak/Mas kontak lgsg ke maskapainya ya..

  13. Halo Mba Rahma, bisa minta sarannya Mba nih buat aku.
    aku beli tiket satu-satu, dari Macau ke KL dan dr KL ke Bandung.
    landing ke KL itu pukul 14.35 dan penerbangan selanjutnya ke Bandung pukul 06.30.
    kayanya sih dengan waktu yg lama itu bisa ya keluar bandara.
    Nah, kalo untuk ke Bandaranya lagi pake bis, jam brapa ya paling pertama takut ga sempet ke bandaranya lagi.

    Makasih mba 🙂

    1. rahma

      Helo Mida,

      Bisa dan keburu banget. Bisa jalan-jalan ke beberapa spot di KL.

      Bus dari KL Sentral ke KLIA umumnya terakhir jam 12 malam, dan mulai lagi jam 3 pagi. Jadi kalau penerbangannya jam 06.30, sebaiknya sih ambil yang jam 12 malam. Selain biar ga buru-buru, lebih enak ngabisin malam di KLIA ketimbang di KL Sentral.

      Timetable bisa di-click di http://www.airportcoach.com.my/index.php?option=com_content&view=article&id=119&Itemid=541 atau https://www.skybus.com.my/schedule.php

      Semoga membantu

  14. Asih Sartika

    Hi mbak…blog nya bagus..sangat membantu..mbak saya akan transit di klia2..beli flythru dr jogja-sydney, saya bawa anak Bayi (11month) saya Dan ibu saya. Transit 8 jam. Tiba di klia2 jam 3 sore terbang lagi 23.30. Dan bsk nya masih harus perjalanan darat so butuh Mandi dan tidur bentar he he pertanyaannya
    1. Apakah saya harus stay di lounge untuk kenyamanan Mandi n tidur? Atau kalo mau Mandi di shower gratis bersih g atau antrinya banyak g?(mengingat sy harus mansion Bayi) he he
    2. kalo flytrhu berarti Sudah g perlu check in lagi atau gmn Karna bagasi uda langsung k Syd?
    3. Untuk masuk lagi k area tunggu n melewati imigrasi lagi apakah benar antrinya bejibun bngt walaupun uda tengah mlm?

    Please kindly reply yah hehe sebelumnya terimakasih banyak

    1. rahma

      Halo mbak Asih,
      Saya coba jawab ya.

      1. Kalau bawa bayi dan ibu, saran saya sih voba di loungenya Airasia. Agak mahal sih, sekitar 79rm per org untuk 3 jam. Bisa numpang tidur, makan, dan mandi. http://www.airasia.com/id/en/inflight-comforts/airasia-premium-lounge.page

      Bisa juga di capsule hotel, tapi mesti keluar dari imigrasi. Harganya saya lupa, tapi bisa dicek di web mrk http://capsulecontainer.com. Ada pilihan tidur 6 jam, bisa mandi jg.

      Kalau nggak pingin di hotel, dan ibunya bisa tiduran di mana aja, coba movie lounge seperti yg saya tulis di atas. Ada kursi empuk di sana. Kalau mau mandi, di area transit seinget saya ada shower room, tapi saya lupa persisnya dmn.

      2. Kalau flythru, otomatis bagasi sampai ke sydney. Ga perlu cek in dan lewat imigrasi, nanti abis turun dari pesawat ada pintu yang tulisannya transit antarbangsa, masuk aja ke situ, tunjukin boarding pass (sebisa mgkn udah web check in ya biar ga repot).

      3. Mau keluar dari area transit dan imigrasi ya? Bisa aja dan cukup sih dgn waktu segitu. Kalau soal panjang, untung2an juga. Pernah saya antriannya panjaaang, pernah biasa aja. Tapi umumnya, buuh waktu minimal 1 jam untuk imigrasi keluar, dan 30 menit untuk masuk (yang stlh check in).

      Semoga membantu..

  15. Nisa

    Hallo mbak 😊
    Blognya sangat membantu, saya berencana ke phuket dalam waktu dekat ini naik Air Asia, dan akan transit di KLIA.
    Rute-nya sendiri Cgk-kl & Kl-pkt.
    1. Penerbangan cgk-kl sampai jam 14.10 dan lanjut pkt 16.10. Saya beli tiket terpisah, apakah waktu tersebut cukup untuk urusan imigrasi dan semacamnya (paling buruk,delay)? Minus bagasi
    2. Atau saya lebih baik membeli flythru aja?
    Terima Kasih 😊😊😊

    1. rahma

      Kalau saya saranin, waktu transit minimal 3 jam, biar ga buru2 dan jaga2 kalau delay.

      2 jam bisa aja terlalu riskan, apalagi kalo bawa bagasi. Mbaknya bawa bagasi ga? Kalau nggak, bisa sih 2 jam, tapi banyak berdoa supaya ga delay ;)). Kalau ga bawa bagasi, nanti bisa langsung masuk area transit antarbangsa, asal udah web check in dan cetak boarding pass sendiri.

      Bei flythru lebih enak, krn bagasi lgsg sampe ke Phuket dan kalau penerbangan dr jkt delay, mrk akan tanggung jawab dgn penerbangan seanjutnya. Tapi beli satuan biasanya jauh lebih murah. Terserah aja, beli satuan pun gpp asal waktu transitnya jgn mepet.

      Met jalan2..

  16. assalamualaikum mba,, salam kenal saya Mira. dlm waktu dekat ini saya ada rencana untuk pergi ke Beijing di bulan Juli. kemudian saya cari tiket dengan penerbangan murah tetapi sudah termasuk ada transit juga(kalo ada kesempatan utk jln2 saya mau keliling2 juga hehe). tiket yang paling murah kebanyakan dari maskapai air asia, saya mo nanya kalo harga bagasi air asia brp ya? soalnya kan tiketnya blom termasuk bagasi. trus apakah sudah termasuk pajak juga?

    terimakasih

    1. rahma

      Waalaikumsalam Mira,

      Saya nggak hapal harga bagasinya karena beda tujuan bisa beda harga. Mbak Mira bisa tanya ke call center Airasianya langsung. Biasanya tiketnya sudah termasuk pajak, dll.

      met jalan-jalan ya

      1. waktu itu mba apply visa ke china berapa lama sebelum keberangkatan? kemudian, apakah mba tahu atau punya pengalaman beli tiket yang transit dulu kemudian naik pesawat dgn maskapai yg berbeda ke china (tdk langsung) tetap bisa apply utk visa ke china?

        terimakasih

        1. rahma

          yang pertama kali, saya applynya sekitar 2 bulan sebelumnya. Yang kedua kali, saya applynya seminggu sebelumnya krn paspor saya mesti dipake.

          Untuk apply visa China ga terlalu ribet kok, tiket pesawat bisa apa aja, asalnya ada tiket balik hingga sampe Jakarta.

          Met jalan-jalan

  17. Halo kak mau minta tips dong.
    Saya sampe ke malaysia jam 5 sore, dan baru beraangkat lagi ke indonesia jam 1 siang besoknya. Saya pakai tiket putus, dan rencana bakal tidur di bandara. Kalau mau jalan-jalan ke twin tower aksesnya gimana ya kak? yang murah dan selain pake taxi. Apa ada subway dari bandara ke sana?

    1. rahma

      Naik bus (euro bus atau sky bus) dr klia2 ke kl central. Dari situ bisa ke mana2. Kalo mau ke petronas tinggal naik lrt ke klcc. Kalau mau ke bukit bintang naik monorail dari seberang kl central.

      Saran saya sih, krn jamnya nanggung gitu, jgn tidur di bandara. Kalau tidur di bandara nih, kamu mesti milih, jalan2nya malem itu atau besok pagi2.
      Pertimbangannya:
      1. Butuh waktu 2 jam pp untuk ke kL central. Kalau kamu mau jalan2nya malem, paling cepet jam 7 baru keluar bandara, sampe kl central jam 8, lalu jam 12 malam udah mesti balik ke bandara krn bus terakhir jam segitu.
      Kalau pilih pagi, kamu mesti nunggu di bandara sampe jam 5 pagi baru bisa jalan. Sampe kl sentral jam 6, dan mesti nunggu jam 8-9 buat ke mana2 krn rata2 di sana buka jam segitu. Jam 10 udah mesti sampe di kl sentral buat balik ke bandara.

      Kalau nginep, ga pusing2 mikir balik ke bandara, malamnya bisa dimaksimalin.

      2. butuh duit sekitar 20rm pp juga untuk ke sana. Daripada buang uang 20rm mending buat tambahin hostel. Cari hostel yang murah di bukit bintang, pudu,atau chinatown. Bisa dapet sekitar 100 ribuan per org.

      Met jalan2 ya…

      1. yah ribet yah, aku baru sadar mesti bakal geret2 koper kalau jalan2. kayaknya mesti di penginapan deh. hmmmzzz.
        kalau bukit bintang, pudu,atau chinatown itu deket sama bandara kah kak? aksesnya pake taxi ya? farenya kira-kira berapa ya?
        ohiya kata temenku disekitaran bandara gak perlu jauh2 ada banyak penginapan juga, apa ada hostel yang murah yang kayak kakak sebutin itu disekitaran bandara? hihihihi

        1. rahma

          Bukit bintang, chinatown itu di tengah kota, jadi rutenya mesti ke KL central juga. Di deket KL central jg banyak penginapan, tapi kalau saya sih lbh suka di bukit bintang karena rame sampe malam.

          Di dalam bandara ada hotel, sama2, tune hotel dan capsule, tapi lmyn mahal. Deket bandara lbh murah. Saya blm pernah coba sih, tapi kata temen2 saya, yg rekomen itu yuoniQ. Dia ada airport transfer juga.

          Tapi kalau mau eksplor KL sampe malam, mndg nginep di kota.

  18. dwita

    hi mba rahma,

    mau tanya saya ada transit di KLIA2 selama 2 jam, kalo seandainya saya mau mampir ke VNC untuk belanja sebentar, apakah masih keburu? kira” saya punya waktu brp lama untuk belanja?
    lalu apakah saya hrs cap imigrasi keluar kemudian setelah selesai belanja hrs cap imigrasi masuk lg?
    mohon bantuannya..

    thanks before^^

    1. rahma

      VNCnya ada di mana Mbak? Kalau di jalan menuju gate (tanpa keluar imigrasi) keburu walaupun paling bisa cuma maksimal 20 menit. Tapi kalau mesti keluar imigrasi, pastinya ga keburu.

        1. rahma

          Sepertinya ga keburu. Krn biasanya kan mesti boarding stgh jam sblm berangkat. Jadi waktu transitmu sbnrnya cuma 1.5 jam. Antri imigrasi aja paling cepet stgh jam, belum lagi jalan ke gatenya yg lmyn jauh.

  19. Sherly Novita

    hai mbak..ku mo tanya donk kalo ak transit 6jam di bandara ini..ak bisa kmana aj ya..waktu 1.5jam cukup ga bwt balik kbandara tuk imigrasi amp k pesawatnya
    thx lot

    1. rahma

      Hari ini saya ke pulang ke jakarta dari KL dan coba ngitung brp lama waktu yg saya butuhin dr KL central sampe selesai imigrasi. Totalnya tyt 1 jam 55 menit.

      Detailnya gini: dr KL central ke KLIA2 = 45 menit + 10 menit nunggu busnya. Total 55 menit.
      Dari turun bus sampai selesai imigrasi= 1 jam krn antrian imigrasi panjang dan antrian x-ray jg panjang.

      Jadi sepertinya, 1.5 jam ga mungkin ya menurutku, apalagi kalau antrian lagi panjang. 1.5 jam mgkn bisa kalau lagi beruntung, antrian ga panjang dan udah apal letak2 dan kemana harus menuju dr turun bus sampe imigrasi.

      Dan jgn lupa, selepas imigrasi ada pengecekan x ray lagi (yg pastinya makan waktu), lalu mesti jalan ke gatenya (klao dpt yg ujung bisa stgh jam sendiri). Mepet menurutku. Kalo mau ke kota, paling cuma bisa ke petronas KLCC. Kalo begitu cukup sih waktunya.

  20. jhon doe

    Halo, assalamualaikum mbak rahma… maaf mau tanya, kalau saya mau transit yang lama di kila 2 trus mau jalan” keluar… apakah saya harus tukar uang dl ke money changer? Atau saya dapat memakai mata uang rupiah?

    1. rahma

      Halo juga Mas Jhon,
      Yup, sebaiknya tuker ringgir dulu di indonesia. Atau kalau ga sempet, bisa juga tuker di bandara di KL. Tapi biasanya ratenya lbh mhl dibanding di indonesia

  21. Arif

    kak mau tanya, saya rencana mau ke Singapur naik MalaysiaAirlines dan transit di KLI2. ada sekitar 8 jam waktu dr pukul 14.00 sebelum penerbangan selanjutnya.
    dan rencana ingin ke menara petronas. cukup tidak ya waktunya? dan naik kendaraan apa ya beserta harganya?
    dan bagaimana prosedur saat imigrasi?
    terima kasih sebelumnya

    1. rahma

      Cukup banget Mas Arif.
      Btw, Malaysia Airline mendaratnya di KLIA, bukan KLIA2. Jadi dari sana bisa naik bus ke KL Sentral, lalu lanjut LRT ke KLCC. Harga busnya 12 RM, naik LRT kalo ga salah inget sekitar 2.6RM. Kalau mau lebih cepet lagi bisa naik KLIA express, tapi harganya mahal (kalau ga salah sekitar RM50 per sekali jalan).

      Biasanya kalau transit, kita dikasih dua tiket. Satu tiket ke tempat transit (di Mas Arif berarti dari JKT-KL) dan tiket lanjutan (tiket KL-SIN). Di petugas bilang aja mau keluar sebentar mau liat petronas. lalu kasih liat tiket lanjutannya itu. Biasanya mereka cuma nanya itu aja sih, kalo jawabannya meyakinkan dan punya bukti tiket, ga akan masalah.

      Met jalan2 ya

  22. Mina Alfianti

    Assalamualaikum mba rahma, saya baca blog mba di internet tentang transit di klia. Mba saya mau minta infonya nih, saya kan juli insya allah mau ke india, ini pertama kalinya flight dgn transit di KL. Saya punya waktu transit 5 jam 30 menit. Bisa langsung masuk ke transfer area tanpa perlu keluar imigrasi ga sih mba ??? Masuk transfer area ada pemeriksaan lg ga ?? Kl ada, dokumen apa aja yg diminta utk diperlihatkan ?? Apakah eKTP juga ditanyakan ? Soalnya eKTP aku blm jadi, aku takutnya jd kendala nanti disana. Mohon responnya ya mba, mksh sebelumnya 😊

    1. rahma

      Hai Mina,

      Selama ini bisa, asal udah web check in dan ga bawa bagasi. Mdh2an peraturannya ga berubah ya…
      Biasanya hanya diperiksa boarding pass (makanya perlu web check in dan print boarding pass-nya dulu) plus paspor. E KTP ga pernah diminta.

      Btw, hati-hati ya di India…

  23. Chika

    Hai mbak rahma, saya pengen nanya soal transit di KL nih. Ini pertama kalinya melakukan penerbangan dengan transit jadi masih kurang pengetahuannya hehe Jadi saya mau ke Seoul dan transitnya di KL dulu, nah kira kira dengan waktu transit 3 jam saat JKT-KL-Seoul dan 2 jam 45 mnt saat Seoul-KL-JKT aman ga ya kira kira? Apa takutnya nggak keburu? Apa proses transit itu membutuhkan waktu yang lama, lebih dari 2 jam? Terima kasih sebelumnya 😊

  24. henhen

    halo mbak,mau nanya ..saya naik airasia transit di klia2 12 jam..
    saya mau keluar dari bandara ,apakah saya harus mengambil bagasi lagi kalau saya ingin keluar dari bandara?btw tiket saya fly-thru

    1. rahma

      Halo Mas Henhen, kalau tiketnya fly thru ga usah ambil bagasi Mas, karena bagasinya langsung ke destinasi akhir.

      Met jalan-jalan ya…

  25. Ruby

    Assalamualaikum mbak Rahma
    saya ada penerbangan ke jepang transit di klia2 ini perjalanan pertama saya keluar negri dengan adanya transit,
    saya sampai di klia2 tengah malam menurut mbak apakah saya keluar imigrasi dan ngemper diluar atau lebih baik saya tunggu pagi baru keluar imigrasi? dan jalan-jalan soalnya penerbangan selanjutnya itu jam 2.15 siang
    dan saya masih agak bingung dengan tata cara transfer pesawat ini hehe

    1. Halo mbak, boleh tau naiknya apa dsn detail tiketnya? Mksdnya kalau naik AA apa mbak belinya terpisah antara jkt-kl dab kl-jepang, atau mbak belinya fly thru (jkt-jepang)?

        1. rahma

          Saya pernah nunggu beberapa jam di dalam, dan ketika di imigrasi dimarahi petugasnya. Sebaiknya sih, kalo saran saya, lebih baik ke luar dulu, lalu tidur di luar (bisa dilihat di tulisan saya soal Tidur di KLIA).

          Met jalan-jalan ke Jepang ya

          1. Ruby

            saya sampe di KLIA2 kan tengah malem mbak kira-kira ada tempat ngemper yang lumayan ga diluar imigrasi??
            soalnya saya ingin hemat biaya ehehe

            1. Ruby

              Apa kabar mbak rahma?
              Saya mau bertanya mbak, penerbangan saya itukan dari jakarta – kul itu sampe tengah malem dan penerbangan kul-osaka jam 14.15 kira-kira kalo saya main dulu ke menara petronas bisa ga yah?
              dan kalo boleh tahu transportasi yang murah dari KLIA2 ke menara petronas itu apa yah?? makasih mbak udh mau jawab

            2. Ruby

              dari jakarta-kul kan sampe tengah malem nah saya kemungkinan bakal nginep dibandara, nah paginya saya main dulu ke menara petronas waktunya cukup ga yah mbak?
              bus sekali jalannya naiknya dimana yah mbak??
              dan beli tiket busnya dimana? maaf kalo saya banyak tanya

            3. rahma

              Jam 14 kan penerbangan berikutnya? Cukup, dengan catatan pagi banget jalannya. Lokasi bus di KLIA bisa ditanya ke petugasnya di sana, atau lihat aja plang petunjuk yang ada gambar bus. Di deket tempat naik bus nanti ada konter untuk beli tiket.

  26. Anggit arga noorwana

    Hai mbak, kalo penerbangan air asia dari Dumai ke semarang kan transit di KL tuh 11 jam.. Apa perlu paspor? Mohon balasnya ya. Terima kasih

  27. Vinna

    Siang Mbaa.. isi blog nya bagus sekali, sangat membantu, jadi saya mau tanya2nih 🙆🙆..
    Saya ada tiba di KLIA2 itu jam 12 siang dan berangkat lagi jam stgh 12 malam 😅..
    Jika saya mau jalan2ke kota, berarti saya harus keluar imigrasi dan mengambil bagasi kah? Atau bagasi sudah langsung d transfer ke persawat saya berikutna ya?
    Jadi di kota ga usa bawa koper 😔..
    Nanti di imigrasi menunjukkan apa saja ya mba biar di ijinkan ke kota?
    Kalau mau belanja di Jay Grocer juga tetep harus keluar imigrasi yah?
    Mohon petunjuknya ya mba.. terima kasih 😄😄

    1. rahma

      Hai Vinna,
      1. Soal bagasi, tergantung ama tiket yang dibeli. Ini saya asumsiin naik Airasia ya. Kalau beli flythru, bagasi sampai di destinasi tujuan, kalau belinya satu-satu bagasi mesti diambil dulu setelah imigrasi.
      2. Kalaupun mesti ambil bagasi, kalau ga mau repot, titip aja kopernya di bandara. Ada bbrp tempat penitipan koper di sana.
      3. Di imigrasi, tunjukin aja boarding pass lanjutannya, dan asal kalau ditanya, bilang aja cuma transit dan ingin jalan-jalan.
      4. Jaya Grocer ada setelah imigrasi, jadi mau ga mau keluar imigrasi dulu.

      1. Vinna

        Hallooo mbaa 🙆🙆..
        Iyah saya pakai airasia flythru.. jdi saya keluar ke imigrasi, ga usa ke tmpat bagasi karena uda langsung sampai k tmpat tujuan ya…
        Jadi kalau sudah keluar imigrasi, trus jalan2ke kota, trus masuk lagi, cukup ke bagian imigrasi langsung yah? Ga usa antri lgi d konter air asia nya kan yah?
        Makasih bnyak mbaaa 😄😄

  28. Udin

    Halo mbak, saya rencana akan ke maroko lewat malaysia, jadi Cgk-KLIA, naik air asia, lalu dari klia naik saudi airlines, nah proses transfernya bagaimana mbak, denger2 sampai harus naik bus karena jaraknya jauh.

    1. rahma

      Jaraknya memang jauh, tapi ada kereta dari KLIA2 (tempat airasia) ke KLIA (tempat saudi airlines). Bayarnya hanya 2RM.

        1. rahma

          Karena ini pindah bandara (dari KLIA2 ke KLIA), pastinya harus keluar imigrasi di KLIA2 dulu, ambil bagasi, lalu naik kereta ke KLIA. Ikuti aja tanda sign kereta “KLIA express atau KLIA transit”, (saya lupa tulisannya yg mana). Harga tiketnya 2RM, dan waktu tempuhbya cuma 3 menit (cuma satu stasiun).

          Begitu sampe di KLIA, mesti check in lagi dan lewatin imigrasi lagi.

          Met jalan-jalan di Maroko ya, jgn lupa makan Tagine..

          1. Udin

            Iya mbak hehehe, satu lagi mbak, karena saya bawa dua koper, apakah naik kereta boleh bawa trolley? Gimana solusinya?

            1. rahma

              Sayangnya, ga boleh bawa trolley ke kereta. cuma boleh sampe loket tiket kereta. Mau ga mau dibawa manual. Tapi ga jauh kok jarak antar loket tiket ama peron kereta, cuma mesti turun eskalator.

  29. ai

    Holla mba Rahma,

    aku ada rencana transit KL sekitar 5 jam, naik malindo dari Don Mueang.
    nyampe di KL jam 15:00 trs terbang lg jam 20:30.
    bisa ngga ya kalo keluar dulu buat liat2 sambil foto2? kira2 enaknya kemana aku keluarnya?
    ada saran kah?

    1. rahma

      Saran saya sih, jangan ke kota krn waktu transitnya nanggung, mepet nggak, tapi banyak juga nggak.

      Bolak balik KL Sentral-Airport sekitar 2 jam (pp). Antri imigrasi, kalau untung bisa cepet, tapi biasanya sih paling cepet 30 menit. Dua kali imigrasi (pas masuk dan keluar) minimal butuh waktu 30 menit x 2 = 60 menit. Belum lagi ditambah waktu jalan dari keluar pesawat hingga sampe imigrasi, lalu waktu buat antrian x-ray, buat pipis, nyari tempat bus, dsb, katakanlah sekitar 30 menit. Total sekitar 3.5 jam.

      Jadi waktu bersih maksimal yang Ai punya paling banyak hanya 1.5 jam. Segitu, paling hanya bisa ke KLCC, foto Petronas. Itupun buru-buru, baru sampe, foto, langsung mesti balik lagi.

      Bisa aja sih, kalau emang pengen banget. Caranya:
      1. Naik KLIA Ekspress ke KL Sentral. Kalau bus waktunya 45 menit-1 jam, KLIA Ekspress cuma butuh waktu 20 menit. Tapiii…..mahal banget. Bus cuma 13RM sekali jalan, KLIA Express 55RM sekali jalan. Kalau saya sih, rasanya ga worth it ngeluarin duit segitu cuma buat foto di Petronas.

      2. Tetep naik bus, tapi ditemenin orang yang udah apal banget ama sikon. Jadi ga abisin waktu buat nyari pintu keluar, nyari letak bus di mana, nyari LRT ke Petronas, turun LRT mesti jalan ke mana, dll. Karena saya, walaupun udah beberapa kali ke KL, tetep lupa di mana letak-letaknya semua itu. *karena pikun sih ini. 😀

      Kemaren ada yang nyaranin ke Mitsui FO aja. Tapi itu emang buat yang doyan belanja. 😀

      Met jalan-jalan ya

  30. Lisa

    Mbaa ikutan nanya ya, soalnya baru skali ini pake flight yg transitnya agk lama. Sy beli tiket flythru malindo cgk-kul, kul-dmk. Nyampe Kul jam 9.05 next flightnya jam 16.00 sore. Mau ke twin tower sempet ga ya? Kl pake bus apa ada kemungkinan macet yg bikin lbh dari 1 jam ya dr kl sentral – airportnya? *parno sm traffic di jkt 😄
    Oiya mksdnya Kul itu klia2 bukan sih mba? Tks ya mba

    1. rahma

      Kalau saya ga salah, Malindo mendaratnya di KLIA, bukan KLIA2. Saya belum pernah naik bus ke KL Sentral dari KLIA, tapi saya yakin ada.

      Kalo ga delay, berarti waktu transitnya sekitar 7jam, bisa bgt kalo cuma mau ke Petronas. Kalau macet biasanya, ga akan lebih dari 1 jam (normal ga mect cuma 45 menit), kecuali kalau ada force major kayak kecelakaan dll.

      1. Lisa

        Tks mba for reply. Trus kl dari bus stop di kl sentral nya mau ke Twin tower jauh ga jalan ke stasiun LRT nya? Dan dari KLCC station ke twin tower juga perlu berapa lama jalan kaki? Tks

        1. rahma

          Cuma tinggal naik mbak. Bus akan stop di KL Central, naik LRT ke Petronas juga di KL Central.

          KLCC dan twin tower juga gedung yang sama. jadi begitu keluar stasiun, udah ada di dalam gedung KLCC. Kalau mau foto, tinggal keluar dari gedung.

          Paling bagus sih menurutku foto dari area kolam mancur (di belakang). Di sana juga ada taman yang bisa buat duduk-duduk. Nanti kalau udah sampai di gedung KLCC, tanya aja ke satpam di mana pintu menuju kolam air mancur.

  31. Ninano

    Halo Mbak,

    Bulan september nanti, saya bakal pergi dr CGK-KIX, transit di KLIA 2 (harusnya, pake AA), penerbangan flythru. Nyampe di klia2 itu jam 22.30, trs penerbangan ke KIX itu besoknya jam 8 pagi. Kl dr sesi tny-jwb yg di atas2 itu, brt bs sy simpulin yg cocok buat sy itu:

    Lebih baik lgsg masuk ke tmpt transfer/transit aja ya, gausah keluar dr imigrasi (tdr di sport/movie lounge, resiko berebutan sm bule) + krna ga worth kl keluar bandara jg. Kecuali mau tdr/belanja di luar imigrasi. Pastiin udh web check-in dan cetak boarding pass.

    Bgtu?

          1. Ninano

            Mbak, kmrn abs dr KLIA2, ada juga WC mandi di daerah check-in. Abs masuk lewatin pintu masuk, langsung belok kanan, terus lurus aja sampe mentok, terus belok kiri, abs itu ada WC nah disitu bisa mandi. Toilet cowok cuma 1 bilik, toilet cewek ada 2 bilik. Posisinya ada di dekat money changer CIMB dan bank apa gitu satu lagi.

            Gatau sih apa sama maksudnya sama kya poin di nomor 5 😀

            Tidur jg recommend di daerah: abs dari keluar pintu imigrasi (yang mulai masuk level/lantai 3 toko2 gitu), langsung belok kiri ke arah WC, ntr bakal ketemu tempat ATM + charging zone + kursi2. Cukup recommend jg di sini karena minim lalu lalang.

            *ps: isi minum di pintu/zone/gate check-in yang L pada ga enak, berasa agak obat/baunya.

  32. Wah, terimakasih sarannya.selama ini cuma pesan makanan di pesawat saja, soalnya kan sudah murah, 30 ribuan plus teh/kopi/Coca cola. Lain kali coba saran mbak jilbab backpacker. Kayaknya enak

    1. blabla

      Di oldtown persis di pintu gate keluar imigrasi, harga makanannya rata2 13-15RM lebih banyak mas drpd makanan di dalem pesawat (airasia) ya walopun jenisnya mie2an, tp cukup recommended apalagi mie curry nya, kl minum cukup bawa botol trs isi di dkt WC2 terdekat deh 😀

  33. baca komen diatas ada web check-in dan cetak boarding pass , maksudnya gmn?

    ada free internet wifi ga sih mba di KL ini? kan nomor indo kena roaming ya?
    kalo ada free wifi, passpor nya apa tanya satpam?

    atau free wifi nya harus ke McD/resto cafe gituan?

      1. rahma

        Nah, ini tergantung tiketnya gimana. Pakai pesawat apa, tiketnya beli satuan apa gimana. Kalau belinya terpisah antara jakarta-KL, dan penerbangan selanjutnya, bagasi mesti diambil, keluar imigrasi, check in lagi, dan masuk imigrasi lagi.

    1. rahma

      Hai Mas Geri,
      Jadi, sekarang ini setiap maskapai bisa check in dengan beberapa cara, tanpa harus ke konter check in di bandara. Salah satunya web check in, check in lewat website resmi mereka. Nanti hasil check in ini berupa boarding pass, yang bisa diprint sendiri di rumah. Di beberapa bandara, ga perlu lapor lagi ke konter check in kalau udah punya boarding pass print-an.

      di KLIA ada free wifi, ga ada password-nya cuma Mas Geri mesti daftarin emailnya. Nanti pas buka wifi dikasih tau langkah-langkahnya..

      Kalo di kota, cuma ada di resto, atau di Bus Go KL.

      Met jalan-jalan di KL

      1. Geri

        tq reply nya kak rahma.

        aku belinya di website airasia, dari JKT > KL , transit , KL > WUH. nah berarti bisa x ya bagasi langsung pindah ke penerbangan berikutnya? jd ntar aku ga usa ke imigrasi ya , langsung nunnggu di satelit/transit aja gpp kan?

        coba nanti aku webcheckin dulu dan prin, lalu nanti aku tunjukin ke transfer counter x ya, biar aman? hehe btw di KLIA itu petugas2nya aku ngomong bahasa indo ngerti ga ya? apa harus bahasa inggris..

  34. Yup. Kalo belinya ga terpisah, bagasinya langsung nyampe di tujuan akhir.

    Tenang, orang sana ngomong bahasa Melayu kok. Kecuali yang India. Jadi cari aja petugas yg org Melayu.

    Met jalan jalan Geri

  35. 123

    Halo mbak, saya mau tanya.

    2 minggu lagi, saya ke kix pake airasia, penerbangannya flythru, no baggage, udh check-in online dan udh prin boarding pass-nya.

    Dr cgk ke KL, sy sampe sana jam 23.30. Penerbangan dr KL ke kix itu jam 08.30 bsk paginya, ETA di kix itu jam 15.00.

    Untuk menyiasati perut lapar tapi makanan di airasia sedikit nan mahal (add on makanan Rp.58k dr KL ke kix), rencananya mau makan dulu di oldtown persis di dkt pintu keluar imigrasi (kya rekomendasi seseorang di atas). Rencana makan jam 5.45/6.00 palingan, 6.30/.45 paling telat udh slse. Terus baru masuk lg. Kl laper lg, di pesawat cm beli makan 1x aja.

    Pertanyaannya:
    1. Counter atau gate2 departure gitu tau ga mbak paling pagi buka jam berapa? Kok ga nemu udh cari info di website klia2 ya T-T
    2. Keburu kan ya mbak kl berdasarkan keterangan yg sy ksh tau di atas itu? 😂 soalnya makanan di satellite kyanya ga se-worth it yg di luar. Ya aku bs aja makan lbh awal lg. Dr info yg aku baca, 24 jam restonya.
    3. Kl dr tmpt transit/satellite kl mau ke luar imigrasi bs kan ya mbak?😂
    4. Trs mbak, pernah ga iseng bawa termos isi air panas, trs bawa pop m*e, lalu seduh pas lg flight? Nyelinap2 gt nyeduhnya. 😂😂

    Mohon dijawab ya mbak. Terima kasih perhatiannya! 😀

    1. rahma

      Hai,

      1. Saya ga tau persis kalau konter check-in buka jam berapa, tapi kalau departure gate buka 24 jam. Namun, mereka baru kasih kita masuk 3 jam sebelum jam terbang. Bisa sih dinego masuk 4 jam sebelumnya, tergantung kebaikan penjaganya (tip: kalau saya pilih penjaga cowok karena mereka lebih bisa dinego dibanding cewek).

      2 dan 3. Kalau udah masuk satelit sebaiknya sih ga keluar imigrasi lagi karena setau saya ga ada pintu keluarnya.

      Lebih baik, abis turun pesawat langsung keluar imigrasi. Cari makanan dulu, ngaso-ngaso sampe jam 2 dan dibungkus kalau emang mau dimakan besok pagi. Jam 4 coba masuk ke dalam.

      Saya ga apal bgt restoran mana aja yang buka 24 jam, tapi kalau toko-tokonya dah tutup.

      4. Hehehe…ga pernah. Pernahnya bawa cemilan kayak coklat, roti,bahkan nasi yang dibeli di airport. Gpp sih ama pramugarinya, kayaknya dia maklum 😀

  36. Cintia

    Nanya dong mbak.. saya kan rcna dr jkt k osaka transit KL ya naik airasia. lama transitnya cma 2jm 50menit.. mksdnya gk bwa bagasi itu apa ya mbak ? Emg gk bawa bagasi atw bagasi kita otomatis lgsug pindah pesawat ? Soalnya rcnana mw bawa bagasi.. mksih sebelumnya.

    1. rahma

      Pertanyaan saya (pagi-lagi) adalah: beli tiketnya fly thru apa satu-satu? Kalau flythru bagasi otomatis sampe ke tempat tujuan. Kalau satu-satu, bagasi mesti diambil dulu, lalu check in lagi

      1. Cinthya

        Fly thru tu apa ya mbak ? Klw tiketnya c lgsung dlm 1 kode booking.. apa harus beli lg fly thru nya ? Mklum blum prnah kluar negeri smpe jauh”.. hehehe

          1. Cinthya

            Ohhhh jadi lgsung msuk tranfer ya mbak.. waahh mksih byk mbak infonya.. Sngt mmbntu..
            Oia mbak. Di area transfer tu ad mesin atm yg nrma krtu indo gk ya mbak ?

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s