jilbab travelogue,  malaysia

Syarat Masuk Malaysia Terbaru (Juni 2022)

Setelah ditutup selama hampir dua tahun, akhirnya Malaysia membuka kembali bordernya untuk turis, termasuk turis dari Indonesia. Apa saja syarat masuk malaysia di 2022 ini?

Kemarin ini, saya mesti mampir sebentar ke Kuala Lumpur karena penerbangan dari sana lebih murah ketimbang penerbangan langsung dari Jakarta.

Syarat masuk malaysia terbaru
Foto tiga tahun lalu, saat saya buka open trip ke Hidden Gem Kuala Lumpur

Ssebelum jalan, saya sempat googling syarat apa saja yang harus saya penuhi untuk masuk ke Malaysia. Ini yang saya dapat dari IG Tourism Malaysia Jakarta.

  1. Unduh aplikasi My Sejahtera
  2. Isi form pre-departure yang ada di dalam aplikasi.
  3. Sertakan juga bukti vaksin, di dalam aplikasi. Kalau sudah vaksin booster, nggak perlu PCR.
  4. Tapi kalau belum vaksin, wajib PCR maksimal 2×24 jam sebelum departure. Jadi, misalnya kamu pergi tanggal 30 Juni pukul 18.00, maka PCRnya maksimal diambil sample-nya (bukan keluar hasilnya ya) tanggal 28 Juni pukul 18.00.
  5. Asuransi perjalanan yang mengcover covid. Kebetulan saya sudah punya asuransi tahunan, jadi saya ga beli lagi. Bisa beli asuransi online aja, walaupun sebenarnya pas sampai di sana ga ditanya sama sekali.

Paduan Mengisi My Sejahtera Malaysia

  1. Saat masih di rumah, ada baiknya sudah mengunduh aplikasi My Sejahtera di handphone. Tanpa aplikasi ini, pihak airlines ga akan membolehkan kamu terbang ke Malaysia. Apalagi, pengalaman saya kemaren, aplikasi ini suka nge-hang, jadi lebih baik install dulu ketika masih di rumah.
  2. Buka aplikasi dan klik “Register Here” untuk membuat akun baru
  3. Masukkan nomer handphone atau email untuk membuat akun. Jangan lupa masukkan email ya untuk memudahkan proses.
  4. Isi semua data yang diperlukan.
Syarat Masuk Malaysia Terbaru

5. Kalau akun kamu sudah teregister, buka ulang aplikasi ini dan klik ikon traveler di atas (yang gambarnya koper)

Panduan Mengisi My Sejahtera Malaysia

6. Klik di bagian paling atas (Travel for …). Isi form pre departure di situ. Di nomer 17 ada pertanyaan “Name of contact in Malaysia”. Kemarin saya isi dengan nama kawan saya di sana. Kalau nggak punya, isi aja nama hotel dan nomer teleponnya.

cara mengisi My Sejahtera
Cara Mengisi My Sejahtera

7. Setelah isian selesai, klik submit.

8. Kembali ke langkah 5 dan 6, lalu Klik Overseas Vaccination Details buat mengisi data vaksin, lalu klik di nama yang ada. Akan ada pertanyaan seperti ini. Jawab aja “Ya” untuk semua dosis.

Syarat Masuk ke Malaysia Terbaru

9. Masukkan detail vaksin, mulai dari tipe, data, serial number, dan bukti. Datanya bisa lihat dari sertifikat vaksin yang ada di Peduli Lindungi.

10. Kalau mau lihat apa data kita sudah terkoneksi dengan sistem mereka, bisa klik ikon profile di kanan bawah. Di situ akan ada tulisan “Low Risk No Symptom” yang artinya kamu nggak berisiko dan bisa masuk Malaysia. Di bagian bawahnya ada digital certificate vaksin kita yang sudah terkoneksi dengan aplikasi mereka.

Tip Mengisi Aplikasi My Sejahtera

  • Beda dengan Singapura, aplikasi ini mesti diisi manual dan kalau kita belum selesai lalu keluar dari aplikasi, kita harus ulang lagi proses input data dari awal. Jadi baiknya, siapin dulu data vaksin, nomer paspor yang diperlukan sebelum menginput data
  • Sekali lagi, jangan baru install ini ketika akan check in, dijamin ketinggalan pesawat!

Mantan jurnalis dan editor di Kompas Gramedia Group. Travel writer yang sudah mendatangi 41 negara di dunia.

10 Comments

  • nchie hanie

    Waah makasih infonya..
    Minggu lalu ada undangan nikahan ke KL pas mo dibeliin tiket ternyata exp sebulan yg lalu Paspornya, wkakakkaka jadi ditunda kepergiannya buldep.
    Baiklah donlot aplikasinya dari sekarangg nih.

  • Fenni Bungsu

    Persiapanbuat bepergian kemana pun lokasinya memang harus dari jauh-jauh hari sih ya. Apalagi ini mengisi form yang kalau gak lengkap jadi ngulang lagi dari awal. Siip mbak remindernya

  • Sagita

    Malaysia ternyata udah buka yah buat wisatawan asing ? Semoga kita bisa wisata dengan nyaman tanpa rasa waswas. Ga sabar pengen travelling ke malaysia, nyobain aplikasi barunya juga

  • Ririn

    Wah senangnya bisa jalan-jalan lagi setelah dua tahun nggak kemana-mana. Baru tahu ya kalau terbang dari malaysia lebih murah. Kayaknya ini nice info banget kalau nanti mau kemana bisa dijadikan trik. Thank you sharingnya kak.

  • Maria G

    beruntung banget ya, kemajuan digital membantu membantu banyak proses administrasi

    jadi penasaran, kalo baru 2x vaksin gak cukup ya? Harus booster?

  • Ina Tanaya

    Oh jadi Malaysia sudah punya aplikasi seperti Indonesia yang disebut dengan “Peduli Lindungi”. Yach saat pandemi, di penerbangan domestik pun sebelum landing atau departure selalu harus isi ini. Jadi persiapkan data lebih baik. Terima kasih atas rekomendasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!