Sukikimi, Restoran Suki dan Grill Enak di Bintaro

Saya doyan banget mencoba kuliner saat sedang travelling. Begitu pun saat di Jepang. Setiap ada restoran halal, pasti saya coba.

Begitu di Indonesia, kebiasaan itu saya teruskan. Seringkali saya diajak makan makanan khas Jepang, mulai dari tempura, udon, sampe Sukiyaki.

Minggu lalu, saya diajak kawan untuk mencoba restoran jepang baru di Bintaro. Sukikimi namanya. Letaknya strategis, di seberang Roti Bakar Eddy, jadi tak sulit menemukannya.

Restoran ini tak terlalu besar, tapi cukuplah untuk menampung saya dan kawan-kawan. Ada 3 meja indoor, satu ruangan privat, dan beberapa meja outdoor. Khusus penggunaan ruangan privat, mesti mem-booking-nya beberapa hari sebelumnya dan ada minimal pembelian.

Di kiri itu deretan mie berbagai rasa dari berbagai daerah di Indonesia. Bisa ditambahkan topping sesuai selera
Restorannya terang dan bersih

Suki Dua Kuah

Kami mencoba beberapa menu. Yang pertama adalah Paket Suki Ber-2. Paket buat berdua ini terdiri dari kuah dua rasa, sayuran 2 pax, daging slice 2 pax, topping 10 pcs, mie kuning dan nasi.

Buat saya, yang paling menentukan dari enak tidaknya Suki adalah kuahnya. Karena kalau kuahnya enak, semuanya jadi enak.

Nah di Sukikimi ini ada pilihan 4 rasa kuah: Tomyam, Seblak, Kaldu, dan Samyang. Kami memilih kuah Tomyam dan Seblak, atas rekomen chefnya juga. Kuah Tonyam-nya asam segar, sementara kuah seblaknya gurih tapi tak terlampau pedas. Kalau mau pedas, bisa tambah cabai bubuk lagi.

Karena saya ga terlalu suka Tomyam (yaa…di Thai pun saya ga makan ini), saya campurkan sedikit kuah Tomyam dengan Seblak.. Rasanya mantap!! Asam, gurih, agak sedikit pedas.

Paket Suki Heboh berdua

Kalau datangnya sendiri, bisa pilih menu personal yang harganya lebih murah. Tapi disajikannya di mangkok ya, ga pakai panci untuk merebus isian seperti menu paket.

Grill yang Juicy

Selain Suki, kami juga mencoba Grill Paket Ber-4. Isinya daging Tenderloin, Sirloin, Less Fat Slice, Brisket Slice, Ayam Cabe Ijo, Sosi Sapi, Nasi, dan Selada.

Kalau menu Suki kuah yang menentukan rasa, grill ini bahannya lah yang menentukan rasanya. Kalau dagingnya ga enak, ya wassalam, dimasak gimana pun ga akan enak.

Nah, menurut saya, semua daging di sini enak, terutama tenderloin dan sirloinnya. Ga keras saat matang dan dalamnya masih juicy. Jadi ga perlu susah payang gigitnya. Ditambah lagi, untuk memasaknya kita bukan menggunakan lemak seperti halnya di resto grill yang pernah saya coba, melainkan menggunakan minyak wijen. Jadi dagingnya tambah harum dengan minyak wijen.

Yang unik, di sini ada pilihan ayam balado dan cabe ijonya. Sayangnya, saya ga sempat makan, karena begitu saya nengok, sudah habis dilahap kawan-kawan saya. Nasib duduk paling ujung….:D

Paket Grill Ber-4

Minuman dan Makanan Pelengkap

Selain makanan utama, ada beberapa makanan pelengkap. Ada cireng, bubur ketan item-ijo, french fries, dan snack platter. Kami mencoba sepiring cireng dan sepiring snack platter. Saya cuma sempat mencoba cireng. Rasanya lagi-lagi enak, mirip dengan cireng langganan saya yang bikin saya bolak balik ke sana.

Untuk minuman, kami memasan semua minuman yang ada biar tahu rasanya. Saya memesan teh tarik, sementara kawan-kawan saya memesan wedang uwuh, wedang empon-empon dan bir mataram. Ketiganya memang minuman andalan di sini.

Rasa teh tariknya tak terlalu istimewa. Tapi rasa wedang uwuh dan kawan-kawannya enak karena menggunakan gula batu sehingga manisnya pas. Saya ini paling ga suka minuman yang terlalu manis, jadi kalau wedang uwuhnya terlalu manis, saya pasti ga suka.

Mie Nusantara

Yang unik, selain Suki dan Grill, mereka juga menyediakan mie instan nusantara. Jadi ada indomie cakalang, indomie ayam pop, dan lain-lain yang cuma ada di daerah masing-masing. Sebagai pelengkap, bisa ditambah topping (ada baso sapi, crab stick, fish roll, dsb) yang harganya mulai dari 4 ribu per buahnya.

Saya belum coba ini, karena kemarin sudah penuh perut ini dengan suki, grill dan cireng. Besok lah kalau balik ke sini lagi saya coba indomienya.

Selain beli paketan, juga bisa beli satuan sesuai yang diinginkan.

Mahal atau Murah?

Soal harga pasti jadi pertimbangan banyak orang, termasuk saya. Dibandingnya dengan restoran sejenis yang pernah saya makan, harga di Sukikimi ini termasuk affordable alias terjangkau. Harga Suki Paket Ber-2: Rp 134.000, sementara Harga Grill Paket Ber-4: Rp 239.000. Minuman, mulai dari 8 ribu.

Artinya, buat berenam, kalau ga pesan cemilan, cuma perlu mengeluarkan dana sekitar 70 ribuan. Dengan segitu, udah kenyang dan puas. Murah, kan?

SUKIKIMI

Jl. Bintaro Utama Blok HJ 1 No 3, Sektor 9, Pondok Pucung, Pondok Aren. (Sebelah Washy Washy Car Wash)

***

NOTE: Restoran ini baru aja buka di bulan Februari lalu, jadi mereka belum memiliki label halal MUI. Namun saya sudah menanyakan langsung ke pemiliknya dan mereka mengatakan bahwa kuah suki dan lain-lainnya tidak menggunakan angciu, sake, dan alkohol.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!