jilbab travelogue

Mencoba Photo Facial Glow dan Hair Removal Combo di ZAP Clinic Lotte Avenue

Facial Glow dan Hair Removal Combo di ZAP Clinic Lotte Avenue

Minggu lalu, saya lihat postingan Mas Taumy Alif, salah seorang blogger yang sedang melakukan perawatan di Manology, klinik perawatan khusus laki-laki milik ZAP.

Lalu jadi terpikir, dia aja yang laki-laki ngerawat kulitnya, kok saya malah cuek aja. Apalagi empat bulan terakhir ini, saya berkali-kali harus tugas sambil travelling ke berbagai kota di Indonesia Timur. Mulai dari Ternate, Wakatobi, Kendari, hingga ke Raja Ampat. Laut semua!!

Kebayang dong kulit wajah saya yang tiap hari terpapar matahari dan air laut? Pastinya menggelap. Tapi bukan, saya sih ga masalah wajah saya menggelap eksotis. Yang jadi masalah adalah kulit wajah saya sekarang sangat kering dan komedo di hidung sangat banyak.

Karena itulah, akhirnya saya memutuskan untuk mendatangi ZAP Clinic terdekat dari rumah, yakni ZAP di Lotte Shopping Avenue, Kuningan.

ZAP Lotte Shopping Avenue ini terletak di lantai 4, tak jauh dari bioskop dan foodcourt. Lokasinya strategis, gampang ditemukan karena dari jauh saja sudah terlihat logo ZAP berwarna hijau menyala. (Ditambah lagi, saya sudah hapal luar dalam Lotte Avenue ini :D)

Dibandingkan dengan ZAP Grand Indonesia, ZAP Lotte Shopping Avenue ini tak terlalu luas, hanya ada 4 tempat perawatan dan dua ruang konsultasi. Tapi cukup nyaman dan pegawainya pun ramah-ramah.

Review

Konsultasi dengan Dokter

Karena ini kedatangan pertama saya ke ZAP Clinic, terlebih dahulu saya harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter Wendy saat itu yang menyambut saya. Dengan ramah, dokter mungil ini menanyakan keluhan saya dan mengecek kondisi wajah saya. Saya juga ditanya soal kondisi medis, apakah punya masalah alergi, asma, autoimun dan sebagainya.

Menurut Dokter Wendy, wajah saya tidak terlampau bermasalah. Hanya saja, di beberapa bagian terutama di bagian pipi dan rahang sangat kering. Banyak juga komedo di hidung, dagu, pipi dan bawah mata. Menurutnya, saya menggunakan sabun wajah yang salah ditambah lagi wajah saya kerap terpapar matahari di perjalanan ke luar kota yang saya lakukan akhir-akhir ini.

Benar kan dugaan saya.

Karena wajah saya tidak berjerawat, Dokter Wendy menyarankan perawatan Photo Facial Glow, bukan Photo Facial Glow Acne, untuk membuat wajah saya lebih cerah dan tidak kering. Ditambah dengan Diomond Peeling untuk menghilangkan komedo. Dan mumpung sedang ada di ZAP yang terkenal sebagai pakarnya hair removal, saya juga ambil Underarm Hair Removal Combo.

ZAP Clinic Lotte Avenue

ZAP Photo Facial Glow

  • Lama perawatan: 35 menit
  • Harga ZAP Photo Facial Glow: Rp 749.000
  • Harga ZAP Diamond Peeling: Rp 499.000

Setelah wajah saya dibersihkan, Dokter Wendy dibantu oleh terapis mulai melakukan tahapan Diamond Peeling. Ini sama dengan facial biasa sebenarnya, komedo di wajah saya dibersihkan dan diangkat. Bedanya, alat yang digunakan canggih sehingga saya tidak merasa kesakitan sama sekali. Bahkan ketika dilakukan di ujung hidung, tak terasa sakit. Biasanya, ini membuat saya mengeluarkan air mata saking sakitnya.

Setelah tahapan Diamod Peel selesai, wajah saya kembali dibersihkan dan siap untuk dilakukan perawatan Photo Facial Glow.

Tahap 1: Laser Treatment

Mata saya ditutup untuk menghindari paparan sinar laser ke mata. Lalu treatment laser langsung dilakukan oleh dokter Wendy. Laser di Photo Facial ini ringan, sehingga saya nggak perlu pakai krim anastesi dulu sebelumnya. Rasanya hanya cekit-cekit sedikit. Prosesnya pun tak memakan waktu lama.

Teknologi laser yang digunakan bernama FOTONA yang berasal dari Eropa. Ini berfungsi untuk mengurangi bekas jerawat dan hiperpigmentasi pada kulit bagian dalam (dermis), membuat pori-pori tampak lebih kecil, mengurangi produksi minyak yang berlebihan, serta membantu meningkatkan produksi kolagen supaya kulit tetap halus dan kenyal.

Tahap 2: Alma Rejuve

Setelah Laser Toning selesai, Dr Wendy membubuhkan gel dingin di wajah agar saat pengaplikasian alat AFT, wajah saya tidak teriritasi. Ada sedikit rasa hangat di wajah tapi nggak terasa sakit atau perih.

Teknologi yang dipakai adalah Advanced Fluorescence Technology (AFT) yang lebih tinggi dibandingkan Intense Pulse Light (IPL) pada umumnya. Treatment ini bagus buat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit epidermis, bikin kulit lebih lembap dan cerah. Cocok untuk kulit saya yang sedang kering.

Tahap 3:  Oxy Infusion

Tahapan terakhir adalah Oxy Infusion. Di awal sebelumnya, karena saya mengambil juga perawatan Diamond Peeling, kulit saya sudah disemprot dengan alat ini. Total, saya mendapatkan dua kali proses Oxy Infusion.

Rasanya sejuk, karena wajah disemprot dengan serum yang menggunakan oksigen bertekanan tinggi. Fungsinya agar kulit langsung terasa segar, lembap, dan serum meresap sempurna. Oxy Infusion ini bersifat seperti peeling yang lembut, jadi mampu membersihkan kulit dari debu dan kotoran yang bikin kusam.

Saking sukanya dengan proses yang ini saya sampai bilang ke dokter Wendy, “Ga bisa diulang lagi Oxy Infusionnya Dok?”

Setelah selesai, wajah saya diberi obat anti iritasi, toner, dan sunblock.

ZAP Photo Facial Glow

ZAP Underarm Hair Removal Combo

  • Lama Perawatan: 15 menit
  • Harga: Rp 499.000

Saya juga mengambil perawatan Hair Removal Underarm Combo. Maju mundur sebenarnya mencoba ini karena awalnya saya pikir, HR ini sama dengan waxing yang pernah dulu saya lakukan, rambut-rambut halus di ketiak dicabut. Takut sakit. Saya dulu pernah melakukan waxing dan tobat karena sakit. Akhirnya terpaksa setiap minggu harus bercukur. Lumayan repot sih, apalagi kalau lagi travelling.

Ternyata bukan ya. ZAP Hair Removal ini bukan mencabut rambut halus yang ada, tapi akan menonaktifkan pertumbuhan akar rambut hingga rambut akan rontok sampai ke akarnya.

Nah, ada dua jenis hair removal yang ada di ZAP Clinic, yakni Underarm Hair Removal dan Underarm Hair Removal Combo. Bedanya, yang Combo menggunakan tambahan teknologi laser untuk mempercepat proses perontokan dan menghilangkan bulu halus yang sulit dihilangkan dengan HR biasa.

Tahap 1: Shaving

Sebelum proses penyinaran dilakukan, rambut akan di-shaving terlebih dahulu. Tapi berhubung saya sudah melakukannya di rumah dua hari sebelumnya, proses ini diskip dan saya langsung diberikan gel sebelum dilakukan penyinaran.

Tahap 2: Penyinaran

Sebelum penyinaran dimulai, diberikan gel dingin agar selama proses penyinaran saya lebih nyaman. Rasanya agak hangat di kulit, tapi ga terlalu panas. Energi panas yang dikeluarkan oleh sinar akan diteruskan ke akar rambut hingga akhirnya akan membuat akar rambut berhenti tumbuh. Setelah penyinaran, ketiak dikompres supaya tidak iritasi.

Tahap 3: Laser

Proses ini yang membedakan HR Underarm biasa dengan Combo. Sama dengan tahap sebelumnya, sebelum laser dimulai, saya diberikan gel dingin. Proses laser terasa cekit-cekit sedikit, dan ada bau seperti bau terbakar. Jangan khawatir, menurut dr Wendy, ini adalah bau terbakar rambut halus yang masih tersisa. Setelah laser, ketiak dikompres dan diberikan obat anti iritasi.

After Treatment

Waktu yang dibutuhkan untuk rangkaian Photo Facial Glow ini tidak terlalu lama. Total tidak sampai 35 menit. Dan beda dengan facial biasa, dengan teknologi ini kulit tidak jadi memerah. Kulit saya langsung terlihat lebih glowing dan lebih lembap. Bahkan sampai dua hari setelahnya, saat tulisan ini dibuat, masih terasa lembap dan glowing-nya.

Nah di foto ini emang ga terlalu keliatan bedanya. Karena di foto Before saya pakai pelembap, sunblock dan bedak tabur BB, tapi di foto After sama sekali nggak pakai pelembap dan bedak. Bareface gitu. Artinya, setelah perawatan, bahkan saya ga perlu pakai bedak untuk mendapatkan kulit yang mulus.

Btw, efek berminyak di jidat karena saya setelah perawatan saya lapar berat dan makan mie aceh di tempat yang lumayan panas.

Sementara untuk HR Underarm Combo, belum terlihat hasilnya, karbena memang bekerjanya nggak instan, baru akan terlihat hasilnya setelah 2-3 minggu. Dan treatment ini dilakukan selama min 8 kali (1 bulan sekali) untuk mendapatkan hasil yang optimal. Saya juga masih melihat apakah kulit saya yang sensitif ini akan bermasalah setelah treatment ini, namun sejauh ini, dia baik-baik saja.

Do’s and Don’t

Kalau menurut dokter Wendy, setelah perawatan Photo Facial Glow ini sebenarnya sudah langsung bisa memakai make-up dasar seperti sunblock dan bedak. Tapi kalau bisa dihindari, lebih baik. Sebaiknya tunggu hingga 48 jam supaya kulit tidak teritasi. Selama dua hari itu, penggunaan scrub dan air hangat untuk mencuci wajah juga sebaiknya tidak dilakukan.

 SEBELUM TREATMENT HAIR REMOVALSESUDAH TREATMENT HAIR REMOVAL
DO`s– Pastikan kondisi kulit di area yang akan dilakukan treatment tidak kering dan tidak iritasi
– Dianjurkan untuk dapat melakukan pencukuran (Shaving) sendiri dirumah 2 hari sebelum datang ke outlet ZAP
– Mencukur rambut diperbolehkan sambil menunggu waktu perawatan selanjutnya.
– Jika terjadi kemerahan dikulit, kompres area tersebut dengan handuk dingin secara berkala
– Penggunaan sabun (non-scrub) dan mandi menggunakan air dingin diperbolehkan
DON`T– Hindari paparan sinar matahari langsung dan tanning selama 2 minggu sebelum perawatan.
– Jika paparan sinar matahari langsung tidak dapat dihindari, selalu gunakan sunblock minimum SPF 30 (UVA/UVB)
– Jangan mencabut rambut, waxing, menggunakan krim perontok ataupun bleaching minimal 2 minggu sebelum perawatan
– Jangan mencabut rambut yang sedang dalam proses rontok, mencukur diperbolehkan.
– Hindari paparan sinar matahari langsung dan tanning selama 2 minggu sebelum perawatan.
– Jika paparan sinar matahari langsung tidak dapat dihindari, selalu gunakan sunblock minimum SPF 30 (UVA/UVB).
– Hindari mandi air panas, berenang atau berolahraga,menggunakan deodorant dan scrubing 48 jam setelah perawatan.

***

Bulan depan, saya rencananya akan meneruskan perawatan Underarm Hair Removal ini. Mumpung ada promo untuk membership setahun. Untuk Underarm Hair Removal, dari harga normal 2.388.000 jadi 1.499.000 dan untuk Underarm Hair Removal Combo ada promo dari harga 5.988.000 jadi 3.999.000. Mayan kan, bisa dipake 12 kali dan di ZAP Clinic manapun.

Mantan jurnalis dan editor di Kompas Gramedia Group. Travel writer yang sudah mendatangi 41 negara di dunia.

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!