Sultan Samad Building dan Dataran Merdeka

Nggak jauh dari Masjid Jamek, terdapat bangunan yang amat terkenal di Kuala Lumpur: Sultan Samad Building. Dulunya, di zaman penjajahan Inggris, bangunan ini adalah gedung pemerintahan. Sekarang, gedung ini beralih fungsi jadi depertemen kehakiman.

Gedungnya berwarna coklat-krem, mirip kue lapis legit. Gue nggak ngerti jenis gaya bangunan ini, soalnya ada gaya Eropanya, ada gaya Indianya juga. Yang jelas, gedung ini masih terawat dengan baik.

Di seberang Sultan Samad ada sebuah lapangan yang dikenal dengan dataran merdeka. Konon, di tempat inilah bendera kebangsaan mereka dikibarkan untuk pertama kalinya. Ga ada yang istimewa dengan lapangan ini, sama aja kayak lapangan di upacara di SD gue dulu, bedanya yang ini ukurannya lebih gede, rumputnya lebih hijau dan tiang benderanya lebih tinggi. Gue ga ngerti kenapa juga turis-turis (termasuk gue sih) dateng ke sini. Malaysia emang pinter banget bikin promosi. Lapangan yang biasa aja kok bisa dijadiin objek wisata.

Jalan kaki seharian ternyata bikin kaki gue pegel. Walhasil, setelah muterin sultan samad, gue hanya bisa duduk di pinggir jalan karena ga kuat lagi bergerak. Hehe…akhirnya, gue dan temen gue mutusin buat balik ke hotel dulu, istirahat sehingga bisa melanjutkan perjalanan berikutnya.

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s