Lebih Kotor dari Madinah

Mekkah adalah daerah yang terdiri atas bukit-bukit cadas. Dibanding Madinah, Mekkah lebih panas dan lebih gersang. Orang yang dateng ke sini juga jauuh lebih banyak ketimbang orang yang dateng ke Madinah. Itu sebabnya, Mekkah jauh lebih padat dan lebih kotor. Pedagang asongan, pedagang kaki lima dan pengemis juga banyak berkeliaran di sini.Sepanjang perjalanan Medinah-Mekkah, yang …

Continue reading Lebih Kotor dari Madinah

Miqot

Menurut Abdullah, pembimbing kita di sana, umrah berasal dari kata “haram”. Artinya kurang lebih, beberapa hal yang dihalalkan, saat umrah menjadi haram. Kalau haji dilakukan saat bulan haji aja, umrah ini bole dilakukan kapan aja. Kalau haji punya banyak rangkaian ibadah yang mesti dijalani, umrah hanya punya dua rangkaian, yakni tawaf dan sa’i. Tawaf yakni …

Continue reading Miqot

Umrah

Di miqot tadi, para jamaah disunnahkan shalat umrah 2 rakaat, lalu mengucap niat umrah. Dan sudah mesti berpakaian ihram. Kalau cewe pakaian ihramnya menutup aurat (kecuali telapak tangan dan muka), yang cowo pake baju ihram yang cuma terdiri dari 2 buah kain tak berjait. Agak ribet emang bagi cowo.Setelah niat umrah, segala pantangan dalam ihram …

Continue reading Umrah

Tawaf

Tawaf artinya mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali. Dimulai dari Hajar Aswad, dan berakhir di hajar aswad juga. Karena udara panas, gue lebih sering melakukan tawaf di sore atau pagi hari.Awalnya, gue sempet takut. Takut kalo kedorong-dorong orang saat tawaf. Tapi untunglah, ini bukan haji sehingga orang tak terlalu banyak. Saat tawaf wada (perpisahan), gue malah …

Continue reading Tawaf

Sa’i

Sa’i dilakukan dengan berjalan antara bukti Shofa dan bukit Marwah sebanyak 7 kali. Sa’i ini tujuannya untuk mengenang perjuangan Siti Hajar ketika mencari makanan dan minuman untuk Nabi Ismail.Tadinya gue pikir, jalur sa’i itu berada jauh dari masjid, dan adanya di outdoor. Ternyata, jalurnya nggak jauh dari Ka’bah dan indoor. Adeeem..Jalur sa’i cukup jauh juga, …

Continue reading Sa’i

Beda Bangsa, Beda Cara, Beda Busana

Mekkah dan Madinah memang tempat berkumpulnya semua bangsa. Uniknya, selain lewat wajah, bangsa yang satu dengan bangsa yang lain bisa dikenali lewat lagak dan gaya berbusananya. Tapi walaupun beda bangsa dan beda budaya, kami semua punya tujuan sama: mencari ridho Allah Maha Kuasa..Indonesia dan MalayisaSelain wajahnya yang Melayu abis (hidung pesek, kulit coklat, mata kecil), …

Continue reading Beda Bangsa, Beda Cara, Beda Busana

Wanita Iran

Area untuk wanita di masjidil haram lebih kecil dibanding laki-laki, sehingga banyak banget wanita yang mesti berebutan tempat. Para wanita Iran, yang susah diatur, jadi momok buat jamaah lainnya. Karena tempat kecil, mereka dengan seenak hati menyalip di antara jamaah lainnya, nggak peduli si jamaah yang diserobot itu suka atau tidak. Banyak sih yang mengalah, …

Continue reading Wanita Iran