Sharp Air Purifier, Belasan Tahun Murnikan Udara di Rumah Mama

Alergi.

Ini adalah warisan turun temurun dari kakek buyut saya. Selain tak bisa terkena bahan kimia seperti sabun cuci piring, saya juga alergi dengan segala macam asap; mulai dari asap rokok, asap pembakaran sampah, hingga asap knalpot. Kalau mencium bau asap yang ringan sekalipun, saya jadi tak bisa leluasa bernapas. Sesak.

Karenanya, ruang dengan udara yang nyaman dan baik menjadi hal yang mutlak bagi saya. Selain memperbanyak sirkulasi udara, cara lain yang saya lakukan adalah menggunakan pemurni udara alias air purifier.

Mampu Hilangkan Bau Rokok

Sudah lebih dari sepuluh tahun saya menggunakan air purifier. Kala itu, sebagai wartawan, saya diberikan kesempatan untuk mencoba mencoba dan me-review Sharp Air Purifier FU-Y3OE-W. Seminggu mencobanya di rumah, saya memutuskan untuk membelinya.

Saat itu di rumah Mama ada kakak ipar saya yang merokok. Walaupun ia selalu merokok di teras luar, namun sisa bau rokok masih menempel di seluruh pakaiannya dan menyebar di seantero rumah. Baunya bertahan cukup lama dan sangat mengganggu “udara” saya.

Walaupun rumah Mama memiliki sirkulasi udara yang cukup baik—jendela besar dan ada di setiap ruang—, tetap saja bau rokok itu tak mudah hilang.

Dengan Sharp Air Purifier yang saya beli itu, sisa bau rokok yang menempel di ruangan tidak lagi terasa sehingga saya bisa bernapas lebih lega. Ketika akhirnya kakak ipar saya tak tinggal lagi di rumah Mama, air purifier ini tetap saya pakai hingga saat ini karena mama menderita asma.

Manfaat Lain Air Purifier

Selain bisa menghilangkan bau-bauan seperti bau rokok, ada banyak lagi manfaat air purifier yang saya ketahui dan rasakan.

1. Mengurangi risiko penularan penyakit

Banyak penyakit yang menyebar lewat udara, contohnya aja flu. Begitu ada satu anggota keluarga yang flu, yang lain akan mudah terkena. Nah, dengan menggunakan air purifier ini risiko penularan penyakit akan berkurang karena udara berisi virus sudah disaring oleh filter air purifier.

2. Menghilangkan bau tidak sedap

Kegunaan lain dari air purifier adalah mengurangi aroma tak sedap di dalam ruangan. Fitur penyaring alias filter yang ada di air purifier juga dapat menyaring bau-bau tak sedap, seperti halnya bau rokok, asap knalpot dari rumah tetangga (ya, ini saya alami), dan sebagainya.

3. Mengurangi lembap dan jamur, meringankan asma

Salah satu penyebab alergi adalah spora jamur yang menyebar di udara. Ini bisa menyebabkan alergi atau asma kambuh. Saya mengalaminya, kalau rumah banyak sporanya, saya akan bersin-bersin. Nah, air purifier dapat mengurangi perkembangan jamur di rumah sekaligus mengurangi kelembapan yang bisa menyebabkan napas tak lega.

Mama saya punya penyakit asma ringan. Di malam hari, saya meletakkan air purifier ini di kamarnya dan alhamdulillah sampai sekarang ia jadi jarang terbatuk-batuk saat tidur, hal yang sering terjadi sebelumnya.

Mengapa Air Purifier Bisa Menghilangkan Bau Rokok dan Memurnikan Udara?

Cara kerja air purifier cukup sederhana. Begitu dinyalakan, kipas yang ada di dalam air purifier akan menyedot udara di dalam ruangan, lalu ditangkap oleh filter yang terletak di bagian belakang air purifier. Filter tersebut akan menyaring udara yang masuk sehingga lebih bersih dan baunya hilang, lalu air purifier akan menyalurkan kembali udara yang telah bersih,

Nah, jenis dan jumlah filter untuk menyaring ini berbeda di setiap merek. Air purifier Sharp—seperti yang saya pakai—umumnya memiliki tiga filter, yaitu pre-filterdeodorizing filter, dan high efficiency particulate air (HEPA) filter.

Filter pertama, yaitu pre-filter, berfungsi menyaring partikel debu ukuran besar. Setelah melewati pre-filter, udara akan disaring kembali dengan deodorizing filter yang berfungsi menetralkan bau. Contoh bau yang bisa dinetralkan adalah bau rokok, binatang, apek, dan bau tidak sedap lainnya yang ada dalam ruangan. Itu sebabnya bau rokok yang disebarkan kakak saya bisa hilang degan cepat.

Tahap terakhir adalah penyaringan udara melalui HEPA filter. Filter ini berfungsi untuk menyaring debu yang berukuran sangat kecil, alergen, virus, dan bakteri dengan ukuran 0,3 mikron.

Plasmacluster, Mampu Hilangkan Virus dari Udara

Yang membuat saya akhirnya memilih menggunakan Sharp Air Purifier adalah teknologi unggulan bernama Plasmacluster. Teknologi khas Sharp ini bekerja dengan cara memproduksi ion positif dan negatif, seperti halnya yang ada di alam.

Kedua ion tersebut akan bergabung dan menghasilkan hidroksida yang akan menempel pada mikroba dan menyerap hidrogen dari lapisan protein mikroba. Tanpa lapisan tersebut, alergen, bakteri, jamur, dan virus akan teroksidasi dan mati. Lalu setelah menjernihkan udara, ion-ion tersebut akan berubah menjadi air dan kembali ke udara. 

Nah, teknologi Plasmacluster ini udah diteliti dan diuji oleh lebih dari 30 institusi penelitian independen ternama di 8 negara di dunia. Dan terbukti secara klinis efektif dalam menekan aktivitas zat berbahaya termasuk virus influenza pandemi baru, bakteri yang resistan terhadap obat, dan alergen tungau, serta mengurangi tingkat peradangan bronkial pada penderita asma.

Pantas saja asma Mama saya jarang kambuh lagi saat tidur.

Sumber: sharp.id

Keunggulan lain dari Air Purifier Sharp adalah ION Plasmacluster-nya mampu mengurangi listrik statis yang dapat membuat serbuk-serbuk sari/alergen di udara menempel pada permukaan. Selain itu, Air Purifier Sharp dapat juga menekan pertumbuhan Jamur dan menetralisir bau yang berasal dari makanan, asap rokok, hingga binatang peliharaan.

Ini sebabnya, di tahun 2020 lalu, Sharp mengeluarkan pernyataan bahwa dengan teknologi Plasmacluster jumlah virus Corona (SARS-CoV-2) yang tersuspensi di udara berkurang hingga 91,3% dalam 30 detik. Pernyataan ini didasarkan pada penelitian yang dilakuka Sharp Electronics bekerja sama dengan 3 profesor dari 2 universitas di Jepang, yaitu Nagasaki University dan Shimane University.

Walau Setia, Saatnya Saya Punya yang Baru

Air purifier yang saya miliki adalah tipe pertama yang Sharp luncurkan. Tipenya FU-Y3OE-W. Bentuknya masih kotak, warnanya putih (walau sekarang sudah berubah menjadi kuning karena dimakan waktu) dan belum ada fitur macam-macam. Namun ia sudah dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster.

Sharp FU-Y3OE-W yang saya punya sejak belasan tahun lalu.

Sharp Air Purifier ini sangat awet, yang saya miliki masih bertahan hingga sekarang. Saya hanya perlu rutin membersihkannya, membuka pre-filter, dan mengganti HEPA filter-nya setiap dua tahun sekali. Dan fungsinya masih terasa sampai sekarang.

Namun, sekarang saya berniat menggantinya dengan tipe-tipe terbaru Sharp yang punya fitur-fitur teranyar juga.

Ini beberapa pilihan Sharp Air Purifier yang saya incar, yang cocok untuk ditaruh di kamar tidur atau di ruang keluarga.

Air Purifier FP-F30Y-A/C/H

Ini air purifier ekonomis yang harganya terjangkau banget. Pas covid kemarin, ini jadi most wanted air purifier karena harganya yang ekonomis itu dan kemampuannya sudah cukup baik. Saya cek di salah satu marketplace, harganya sekitar 1,5 juta rupiah.

Walau harganya terjangkau, jenis ini sudah punya fitur yang bisa memenuhi fungsi dasar air purifier. Selain fitur anti dust, Plasmacluster High Density Ions 7000, ada tiga mode kecepatan filter yang bisa saya pilih yaitu night/sleepmedium, dan high.  Saat night mode aktif, mesin tidak akan mengeluarkan suara bising sehingga nggak akan ganggu tidur saya.

Air Purifier FP-JM30Y-B with Mosquito Catcher

Saya tertarik dengan tipe ini karena dilengkapi Plasmacluster HD 7000, Anti-Dust Mode, dan bisa sekaligus menjadi alat menangkap nyamuk.

Jadi, nyamuk akan dipikat masuk ke perangkap—berupa celah yang dilengkapi dengan sinar UV. Nyamuk yang terpikat masuk akan tersedot oleh serta penyedot udara yang kuat serta lem yang ditanamkan di dalam alat tersebut.

Sumber: Sharp.co.id

Fitur lainnya:

  • Filter Replacement Indicator
  • SHARP Original Airflow at 20o Angle
  • ANTI Dust Mode
  • Timer function
  • HEPA Filter Lifetime (up to 2 years)

Sharp Air Purifier FU-NC01-W

Saya mengincar ini karena memang didesain khusus untuk ruangan yang kecil (maksimal 10m2), cukup untuk kamar tidur saya yang ukurannya cuma 9m2. Beratnya juga 2kg, jadi nggak memakan banyak ruang dan bisa saya taruh di atas meja atau di nakas sebelah tempat tidur. Beda dengan yang lain, pre-filternya ada di bawah, makanya dia dikenal dengan tower air purifier.

Fitur lainnya:

  • Plasmacluster High density 7.000 ions/cm³
  • Auto Mode with 5 Detection
  • Anti Dust Mode
  • Sleep Mode Function

Air Purifier KC-F30Y-W with Humidifying Function

Air purifier tipe ini bisa sekaligus jadi humidifier. Jadi bisa melembapkan ruangan dengan mengeluarkan uap, seperti yang sering saya lihat di lobi-lobi hotel dan beberapa klinik. Makanya air purfier ini dilengkapi dengan tangki air kapasitas 1.5 liter. Kapasitas segini sudah cukup untuk menjalankan fungsi humidifier selama kurang lebih semalam. 

Fitur lainnya:

  • Plasmacluster HD 7000
  • Applicable Coverage Area for 21 m²
  • New Design Water Tank and LED Indicator (Temperature / Humidifiying / Off Timer)
  • Anti Dust & Sleep Mode
  • Auto Restart

***

Yang mana akan saya pilih? Masih saya lihat-lihat dulu, tentunya mesti saya sesuaikan dengan bujet dan fitur yang saya butuhkan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!