review

Timmyness, 10 Prinsip Kerja IDN Media yang Bisa Ditiru para Blogger

Beberapa tahun lalu saya pernah diajak berkunjung ke IDN Media yang waktu itu masih berlokasi di Palmerah, Jakarta Barat. Gedungnya amat cozy, dengan ruang-ruang bekerja yang nyaman dan terasa santai.

Yang menarik perhatian saya adalah banyaknya qoute yang terpampang di dinding. Mulai dari ruang parkir hingga ruang santai karyawan tak luput dari qoute-qoute yang penuh makna dan membangkitkan semangat.

Salah satunya adalah soal Timmyness, 10 nilai yang harus dimiliki Timmy. (FYI, Timmy ini adalah sebutan untuk pekerja IDN Media).

Timmyness ini dibuat oleh CEO IDN Media, Winston Utomo, sejak IDN Media pertama kali berdiri dan menjadi pijakan para Timmy saat bekerja.

Sumber; IDN Media

Walaupun dibuat untuk karyawan IDN Media, kesepuluh nilai Timmyness ini cocok juga diikuti oleh semua orang, lho. Termasuk kita, para blogger.

Apa aja itu?

1. Bringing creativity, sincerity, and passion to the work

Bekerja di bidang apapun, apalagi di bidang tulis menulis dan media, kreativitas dan ide segar mutlak dibutuhkan. Kreativitas ini bukan bawaan lahir atau anugerah dari Allah begitu saja.

Kreativitas dan ide bisa muncul jika ditingkatkan terus menerus. Caranya? dengan memperluas pengetahuan, melakukan training untuk meng-upgrade diri, dan sebagainya.

Namun, kerja dengan penuh kreativitas saja tak cukup, karena ketulusan pun diperlukan sehingga pekerjaan yang dilakukan memberi hasil positif.

“Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.”

~Winston utomo

2. Communicating properly and acting ethically.

Dalam segala hal, komunikasi itu penting. Apalagi saat bekerja di dalam sebuah tim yang terdiri dari banyak orang.

Komunikasi yang baik dan benar menjadi krusial untuk menghindari kesalapahaman yang seringkali berujung pada konflik internal.

3. Thriving in ambiguity and fast-paced environment with constant changes.

Untuk bertemu masa depan, harus siap menghadapi perubahan. Begitu kata para filsuf.

Memang, perubahan adalah suatu hal tak terhindarkan. Nah untuk dapat bertahan, kita harus terus beradaptasi, mengikuti tiap perubahan yang ada sesuai dengan perkembangan zaman.

Hal ini juga berlaku untuk para blogger. Selalu terjadi perkembangan platform blog, dan para blogger pun mesti mengiktui perkembangan zaman supaya nggak ketinggalan, kan.

4. Being active and collaborative rather than competitive.

Persaingan yang tidak sehat dalam sebuah tim bisa menyebabkan konflik dan perpecahan. Sikut-sikutan, istilahnya.

Daripada bersaing, kenapa tidak berkolaborasi untuk mencapai sesuatu yang lebih baik, seperti halnya yang banyak dilakukan para artis youtuber sekarang ini?

5. Embracing diversity.

Indonesia ini negeri yang bhinneka, yang terdiri dari suku, agama, umur, dan latar belakang yang berbeda. Perbedaan ini harus dihargai, termasuk di dalam sebuah perusahaan seperti IDN Media ataupun di kehidupan kita sebagai blogger sehari-hari.

Timmyness juga hadir di beberapa ruangan. Sumber; IDN Media

6. Maintaining a positive attitude even when things do not go one’s way.

Life is never flat. Tidak ada hidup yang selalu berjalan mulus, akan ada hal-hal yang terjadi di luar rencana kita. Namun usahakanlah untuk tetap berpikiran positif dalam menyikapi hal-hal yang tidak sesuai ekspektasi itu.

Kalau kita bersikap negatif dan selalau menyalahkan keadaan, produktivitas kinerja kita bisa menurun. Dengan bersikap positif, seseorang juga akan memberikan pengaruh positif ke orang-orang yang ia jumpai.

Dan sebaliknya, kalau orang tersebut terlalu banyak mengeluh, ia juga akan memberi dampak kurang baik bagi orang-orang di sekitarnya.

Bayangkan, kalau teman kita selalu mengeluh bahkan di status FB-nya, malas bukan berteman dengannya?

7. Assisting others in the group with their work for the benefit of the group.

Kerjasama tim yang baik amat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan. Itulah yang selalu harus dilakukan, tidak perlu menjadi egois dan mau menang sendiri.

8. Praising coworkers when they are successful and helping them when they need it.

Banyak orang lupa untuk membiasakan diri mengapresiasi keberhasilan teman atau rekan kerja. Bahkan adakalanya malah iri dengan keberhasilan orang lain.

Dengan memberikan apresiasi kita pada orang lain, berarti kita juga telah menyampaikan dukungan kita kepada mereka.

~ WINSTON utomo
Timmyness di kantor IDN Media Surabaya. Sumber; IDN Media

9. Doing the right thing even when no one is watching.

Kejujuran dan integritas adalah kunci utama untuk meraih kepercayaan orang lain. Kejujuran bisa mempengaruhi kredebilitas dan reputasi kita di mata klien, atasan, dan rekan kerja.

10. Seeing the company’s success as one’s own success.

Karyawan juga harus bangga jika perusahaan sukses. Dan sebaliknya, perusahaan tidak akan berkembang tanpa kerja keras dan kerja cerdas para karyawannya.

Seperti yang dikatakan Winston kepada Timmy, “IDN Media ingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan一bahwa tanpa mereka, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Hal ini tentu akan meningkatkan sense of belonging, rasa bangga mereka terhadap perusahaan juga.”


Kalau kesepuluh Timmyness ini kita praktikan dengan baik, pasti kita akan jadi blogger yang kompeten di mata semua orang, dan kalau menjadi karyawan, adalah karyawan yang berdedikasi tinggi.

.

 

Mantan jurnalis dan editor di Kompas Gramedia Group. Travel writer yang sudah mendatangi 41 negara di dunia.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!