Dengan Jovee, Sehat Dimulai dari Jari

2019_1214_23465500-01.jpeg

Sebulan yang lalu, saya dikejutkan oleh berita bahwa kawan saya di komunitas travelling terkena stroke di Bandara Internasional Hamad, Qatar. Pembuluh darah di otaknya pecah sehingga ia harus dirawat intensif dan menjalani operasi di rumah sakit di sana.

Saya kaget. Usianya masih muda, masih di awal 40-an. Penampakan fisiknya pun sehat, masih suka wara-wiri ke berbagai belahan dunia. Tapi ternyata, di balik fisiknya yang terlihat sehat itu, gaya hidupnya lah yang tidak sehat.

Memang, gaya hidup masyarakat zaman kini, terutama masyarakat perkotaan, jauh dari kata sehat. Kulineran dengan makanan penuh lemak, nongkrong di cafe dan minum minuman dengan kadar gula tinggi adalah salah satunya. Belum lagi stress dan kurang aktivitas fisik akibat bekerja keras.

Saya pernah menghadiri acara di Departemen Kesehatan RI. Dari acara tersebut terungkap bahwa sebanyak 70% masyarakat Indonesia baru memutuskan untuk mengubah gaya hidup setelah jatuh sakit. Baru sadar berhenti merokok saat sudah terkena kanker paru dan penyakit jantung, baru sadar untuk berolahraga setelah terkena darah tinggi. Padahal, menjalani gaya hidup yang sehat adalah kunci agar terhindar dari masalah kesehatan yang serius.

Menurut penelitian dari ahli fisiologi Univ Indonesia, seperti dikutip dari jurnal yang ditulis oleh Doddy Alfred, gaya hidup sehat bisa menurunkan risiko terkena serangan darah tinggi hingga 55%, mengurangi risiko diabetes hingga 50%, stroke dan jantung koroner hingga 75%, dan memperpanjang usia hidup hingga 10 tahun.

Gimana cara menjalani gaya hidup sehat?

  • Jangan malas bergerak. Pekerjaan di zaman modern banyak dilakukan di depan layar komputer. Akibatnya, ya, pergerakan menjadi amat sedikit. Paling bergeraknya hanya sebatas ambil minum, ke toilet, makan siang, dan pulang. Padahal, tubuh butuh bergerak, minimal berjalan selama 30 menit sehari agar tetap bugar.
  • Jaga pola makan.  Ini juga penting karena asupan yang masuk ke dalam tubuh sangat memengaruhi kesehatan. Hindari makanan yang tidak sehat seperti makanan berlemak, gorengan, terlalu banyak gula, dan sebagainya. Gizi seimbang pun dibutuhkan agar tubuh selalu dalam kondisi prima.
  • Rajin kontrol dan cek kondisi kesehatan secara berkala, paling tidak untuk masalah tekanan darah, kolesterol dan kadar gula. Tak perlu ke rumah sakit mahal, Puskesmas pun sekarang sudah menyediakan layanan ini.
  • Stop merokok
  • Istirahat yang cukup
  • Minum multivitamin dan suplemen sebagai pelengkap nutrisi.

Mengapa Perlu Suplemen?

Suplemen, seusai namanya, adalah pelengkap. Suplemen merupakan tambahan nutrisi yang diperlukan tubuh. Sebenarnya, kalau kita bisa tahu dengan tepat nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan bisa dengan tepat juga menjaga pola makan seimbang, suplemen ini ga diperlukan.

Tapiii….. susah kan untuk benar-benar mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh sesuai dengan yang dibutuhkan. Misalnya saja soal vitamin C. Vitamin dasar yang penting untuk daya tahan tubuh. Idealnya, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C ini, kita mesti makan 5 porsi sayuran dan satu porsi buah-buahan dalam sehari. Namun, yang seringkali terjadi adalah asupan buahan dan sayuran ini kurang, menyebabkan tubuh menjadi kekurangan vitamin C. Nah, di situlah fungsi suplemen dibutuhkan.

Mengutip dari Kompas.com, suplemen juga diperlukan saat tubuh bekerja terlalu keras, sangat lelah, dan kurang istirahat. Di kondisi ini umumnya sistem imun seseorang sedang menurun kekuatannya sehingga mudah sakit, sementara suplemen akan membantu tubuh untuk lebih berenergi dan memperkuat sistem imun tersebut.

Kebutuhan Suplemen Tiap Orang Berbeda

Kesulitan yang sering dialami ketika mengkonsumsi suplemen adalah kita tidak tahu suplemen apa yang dibutuhkan tubuh kita. Karena ternyata, kebutuhan suplemen tiap orang berbeda-beda. Usia, jenis kegiatan, riwayat kesehatan, berbeda-beda setiap orang. Saya, bisa jadi kebutuhannya beda dengan kakak saya. Bahkan, saudara kembar pun bisa jadi punya kebutuhan yang berbeda.

Membeli suplemen yang tidak sesuai kebutuhan bisa sia-sia karena sebenarnya tubuh tidak membutuhkan itu.

Untungnya, sekarang ini, ada aplikasi yang bisa membantu saya dan kita semua untuk memilih suplemen yang tepat. Jovee namanya.

Jovee, Asisten Pribadi di Bidang Kesehatan

Jovee ini adalah sebuah aplikasi baru di bidang kesehatan. Bisa dibilang, Jovee ini adalah asisten pribadi digital yang akan menentukan jenis suplemen mana yang dibutuhkan seseorang, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Saat menggunakan aplikasi Jovee, akan ada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seperti riwayat penyakit, tempat tinggal, usia, jenis keluhan, dan lain sebagainya. Lalu ada juga pertanyaan soal apa yang menjadi concern saat ini. Saya misalnya, lebih concern ke daya tahan tubuh karena itu hal yang terpenting buat saya saat ini. Nah, setelah semua pertanyaan itu selesai, maka akan muncullah suplemen yang Jovee anjurkan untuk dikonsumsi.

Suplemen dan vitamin itu bisa dibeli langsung diaplikasi Jovee, atau dapat pula melalui e-commerce partner Jovee, yakni Blibli.com. Harganya tak terlalu mahal, mulai dari 99 ribu rupiah hingga 999.000 ribu rupiah per paket. Dan kalau beli sekarang, masih ada promo sebesar 12 persen di Blibli dan aplikasinya lho… Dan gratis ongkir!

2019_1215_00170900-01.jpeg
Multivitamin dan suplemen yang dikirim ke saya, dikemas dalam kemasan kedap yang aman.

Mengapa Harus di Jovee?

DSC08625.JPG
Natali Andrianto, CEO ITMI, di acara launching Jovee di Jatomi Fitness Jakarta, pekan lalu

Natali Ardianto, CEO ITMI yang mengembangkan Jovee ini mengatakan bahwa Jovee menggunakan data science untuk menentukan kebutuhan suplemen yang tepat. Jadi sifatnya sangat personal, berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Selain itu, suplemen yang ditawarkan diambil dari suplier terpercaya, dari pedagang besar farmasi (PBF) misalnya saja Blackmores, Radiant Group, Tempo Scan, dan Konimex. Pembeliannya pun dilakukan dalam jumlah besar sehingga menyebabkan harga jual yang ditawarkan Jovee bisa berada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET). Jadi lebih ekonomis dan sesuai bujet.

Paket suplemen yang ditawarkan pun beragam. Walau begitu, keamaan suplemen ini pun tak usah diragukan karena Jovee telah bekerja sama dengan dokter dan apoteker. Semua hal, dari hulu ke hilir ditangani oleh para ahli di bidang kesehatan.

Dan, Jovee ini mudah sekali diakses. Saya dan Anda tak perlu datang jauh-jauh ke apotek. Cukup unduh aplikasi Jovee di Playstore atau Appstotre, atau kunjungi official storenya di BliBli.com, langsung bisa membeli suplemen sesuai kebutuhan.

Cuma butuh koneksi internet dan jari. Gampang kan?

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis dan editor di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s