Red Planet Hotel Pekanbaru: Nyaman, Murah, dan Strategis

Saat memilih penginapan, buat saya ada 2 hal yang penting, murah dan ada di lokasi strategis. Murah, jelas saja itu karena bujet saya pas-pasan. Strategis, supaya bisa mengirit biaya transportasi dan supaya akses ke mana-mana mudah. Kalau murah, strategis dan nyaman, itu bonus yang luar biasa. 

Sewaktu berkunjung ke Pekanbaru minggu lalu, saya menginap di Red Planet Hotel Pekanbaru. Terus terang, saya baru tahu soal Red Planet Pekanbaru ini, bahkan baru mendengar namanya.

Dulu, salah seorang kawan saya pernah menginap di hotel Tune Pekanbaru. Ketika saya browsing sana-sini, saya tak menemukan lagi sudah nama Tune Hotel. Yang ada malah Red Planet Hotel,  di alamat yang sama dengan Tune Hotel.

Awalnya saya pikir, pihak Red Planet membeli hotel ini lalu mengubah namanya. Ternyata bukan begitu ceritanya. Tune hotel adalah jaringan hotel yang sifatnya franchise, jadi ada beberapa hotel yang dimiliki oleh Tune sendiri, dan ada pula yang dimiliki orang lain. Nah, Red Planet ini memiliki beberapa hotel Tune, antara lain di Pekanbaru ini. Lalu, mereka mengambil alih sepenuhnya hotel ini dan mengubah namanya menjadi Red Planet Hotel Pekanbaru.

DSCF5637
Tampak samping hotel. Ada parkiran luas di sini. Di sini juga ada taksi bluebird dan taksi mobil (rental) yang mangkal. Ke Bandara naik mobil rental, kira-kira harganya 50 ribu. Ke perpus HS Soeman naik taksi sekitar 20ribu.

Desain Minimalis

Saya sudah cukup sering menginap di Tune Hotel. Jadi, saya sudah cukup terbiasa dengan desain kamar dan hotelnya. Red Planet Hotel ini sama persis dengan yang saya bayangkan. Hotel minimalis yang cukup besar, dengan desain modern yang simpel dan fungsional.

Begitu masuk lobi, tak ada hiasan berlebihan. Hanya ada beberapa buah pouf (bangku tanpa senderan) berwarna merah, warna khas Red Planet Hotel. Di kanannya ada resepsionis yang stand-by 24 jam. Nah, yang asyik, di lobi ada semacam web-cam instan yang bisa memfoto kita, lalu mengirimkannya ke alamat email atau mempostingnya di FB. Lucu sih, tapi sayangnya background-nya kurang okeh dan banyak orang yang berlalu lalang di sana. Seandainya mereka meletakkannya di tempat lain, pasti lebih oke deh…

DSCF5640
Lobi Red Planet Hotel Pekanbaru. LCD di tengah itulah web-cam yang bisa memfoto kita dan mengirimkannya ke email. Di pojokan ada fasilitas internet yang bisa dipakai 24 jam.

Saya menempati kamar double di lantai 2. Kamar ini didesain sangat efisien dan fungsional, tapi memang ukurannya tak besar, hanya sekitar 3m x 3m. Kalau buat saya yang tak membawa tas besar, ukuran ini sangat pas. Saya masih punya space banyak untuk meletakkan tas, sepatu, dan perlengkapan saya lainnya. Tapi kalau barang bawaan sangat banyak, berkoper-koper, rasanya ukuran ini kurang besar.

DSCF5631
Kamar yang didesain simpel, tapi nyaman, Ketika saya datang, saya dapat 2 buah handuk, dan air minum.

Soal kenyamanan, rasanya tak kalah dengan kamar hotel berbintang.  Kasur dan bantalnya bersih, nyaman, dan empuk. Saya memang punya masalah dengan tulang punggung sehingga kalau bantalnya tak nyaman, tidur saya juga tak nyaman (kecuali kalau saya capek luar biasa yaa :D). Kadang saya lebih memilih tak menggunakan bantal kalau bantalnya tak enak dipakai. Karena bantal di sini empuk, saya penasaran. Saya intip bantalnya, yang walaupun sudah dilapisi dengan kain putih cukup rapat, masih bisa saya terawang. Ternyata, bantal di sini diisi campuran bulu angsa dan fiber dakron. Pantas enak dan empuuuk!!

DSCF5626
Ada safety deposit boks di tiap kamar. Saya menaruh laptop saya di sini. Iya, saya bawa laptop. Iya, saya mesti kerja sambil liburan :((
DSCF5861
Kamar mandinya juga enak digunakan. Pancurannya besar dan airnya deras. Ada air panas dan dinginnya. Tapi kalau di Pekanbaru sih, saya jarang pake air panas. Udaranya sudah panass..
DSCF5856
Kamarnya tak terlalu luas, tapi ada meja lipat. Kalau dipakai, mejanya tinggal dibuka. Kalau tak dipakai, tinggal lipat ke atas, dan ketutup deh. Meja ini bisa dipakai untuk meletakkan benda-benda kecil atau bekerja. Ya, kerja…(sambil liburan)

Akses Gampang

Red Planet hotel Pekanbaru ini  sangat strategis. Letaknya di Jalan Tengku Zainal Abidin, di belakang Mal Pekanbaru. Kalau jalan kaki ke Mal ini, cuma butuh waktu 5 menit.

Walaupun bukan mal nomer wahid di sana, Mal Pekanbaru ini cukup ramai. Buat para jilbabbers, seperti saya, mal ini tempat belanja yang oke punya. Semacam campuran ITC dan Tanah Abang, menurut saya. Ada satu lantai yang khusus menjual baju-baju muslimah yang keren-keren, beberapa malah tak pernah saya temukan di Jakarta. Bikin kalap…

Tepat di depan mal ini, ada jalan Jenderal Sudirman. Jalan ini boleh dibilang jalan utama di Pekanbaru. Coba searching tempat-tempat utama di Pekanbaru deh, pasti lokasinya ada di Jalan Sudirman. Jadi, dari Red Planet, cukup berjalan 5 menit, sudah sampai di pusat kota.

Di malam hari, dekat Mal Pekanbaru ini ada tenda-tenda penjual makanan di pinggir jalan. Makanan yang dijual kebanyakan nasi ampera alias makanan padang. Seru aja makan di sini. Kalau di Jakarta warung padang pasti berupa warung, malah ada yang ber-AC, di sini warung padang bisa berupa warung tenda di pinggir jalan!

Tepat di depan mal, ada metro, busway-nya Pekanbaru. Metro ini bisa dipakai untuk menjangkau beberapa spot wisata di Pekanbaru seperti Perpustakaan HS Soeman, Warung KimTeng (walaupun lebih dekat kalau naik angkot sih).

Kalau malas naik angkutan umum, naik taksi juga tak terlalu jauh. Saya mencoba dari sini naik taksi ke Perpus HS Soeman, cuma keluar ongkos 20.000 ribu aja. Atau jalan kaki. Ya, dari sini saya jalan kaki ke Masjid An-Nur, masjid agung Pekanbaru. Cuma butuh waktu 20 menit, irit sekaligus bakar kalori setelah makan nasi padang.

Murah dan Lengkap

Saya cukup senang saat melihat harganya. Dengan letaknya yang strategis dan bantal yang empuk, kamar saya ini dibanderol dengan harga 258 ribu rupiah saja. Kalau menurut sopir taksi Bluebird yang saya tumpangi ketika pulang dari toko oleh-oleh, di deerah Mal Pekanbaru dan sekitarnya memang cukup banyak hotel bujet sejenis ini yang bermunculan. Nah, si Red Planet Hotel ini salah satu yang cukup murah dan selalu penuh.

Dengan harga segitu, saya dapat fasilitas lengkap di kamar. Ada AC, TV kabel, hairdryer, WiFi yang lumayan kencang, dan toiletries. Ya, saya dapat semuanya. Awalnya saya kira, akan ada pilihan fasilitas kamar seperti di Tune Hotel dulu. Kalau mau pakai AC, bayar. Kalau tak mau bayar, harus puas dengan kipas angin saja. Kalau mau pakai hairdryer, juga bayar. Nah, kalau di Red Planet Hotel ini, harga tadi sudah semuanya. All in, termasuk sarapan di Kopitiam Oey yang ada di bawah hotel. Walaupun sarapannya standar, hanya berupa nasi goreng plus telor dan air teh, lumayan laah…

DSCF5882
Nasi goreng buat sarapan. Mayan kan?

Omong-omong soal Kopi Oey, ternyata yang ada di bawah hotel ini adalah Kopi Oey satu-satunya di Pekanbaru. Walau tak terlalu ramai, karena kalah pamor dengan Kedai Kopi KimTeng, lumayan lah untuk duduk-duduk sambil menikmati secangkir jahe merah favorit saya.

Oiya, harga tadi bisa lebih murah lagi kalau jadi REMEMBERED Red Planet alias anggotanya. Dapet diskon 10 persen, jadi kamar tadi harganya cuma 232 ribu saja. Paling murah di antara hotel bujet di lokasi yang sama.  Kata mbak-mbak resepsionis, mesti install aplikasi di hp. Tapi saya coba via daftar web, bisa juga ternyata. Jadi kalau pas pesen, jangan lupa daftar jadi member dulu. Lumayan kan 10 persen, bisa buat beli sate padang!

Oiya, di sini juga ada fasilitas spa. Saya pikir, ada tempat khusus spa di sini. Ternyata, si terapis lah yang akan datang ke hotel dan terapi spa dilakukan di kamar. Saya tak mencobanya karena tak sempat. Padahal, enak juga badan dipijat setelah seharian berpelesiran di Pekanbaru, ya?

Red Planet Hotel Pekanbaru

Jl. Tengku Zainal Abidin No. 23 https://www.redplanethotels.com/

2 thoughts on “Red Planet Hotel Pekanbaru: Nyaman, Murah, dan Strategis

  1. Medina

    Ukuran kamar yg sprti red planet ini klo unk sendirian n pasutri yg br nikah mgkin bs ya..tp klo bwa anak..agak susah krn tdk ad tersedia untuk perebus air minum..apalagi wktu itu anak sya sufor jd mw bkin susu hrus bolak balik ke lntai 1 untuk minta air pnas..

    1. rahma

      Benar. Ukurannya ga terlalu besar, dan karena ini konsepnya bujet hotel, yang ga full service, banyak service yang ditiadakan.

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s