Berburu Makanan Halal di Niu Jie Beijing

Siapa bilang di Beijing tak bisa menemukan makanan halal? Bisa kok, tinggal pergi ke kawasan dekat masjid Niu Jie. Di sana ada beberapa restoran halal dan juga supermarket halal.

Masjid Niu Jie terletak di kawasan muslim Beijing. Nama “niu jie” sendiri artinya “daging sapi”. Konon nama ini diberikan karena di kawasan ini banyak penjual daging sapi.

P1340312.JPG
Bagian dalam Masjid Niu Jie

Karena ini adalah kawasan muslim Beijing, di sini ada beberapa restoran, toko daging, dan supermarket halal. Cirinya, di depan pintu terdapat tulisan Arab. Tadinya saya ingin makan siang di restoran Tau Lau Fan, seperti yang direkomendasikan Bondan Winarno. Tapi setelah keliling-keliling, kami tidak menemukan restoran yang dimaksud. Akhirnya kami mampir ke sebuah restoran muslim berplang hijau yang bertuliskan aksara Mandarin, sehingga saya tidak bisa membacanya sama sekali. Ketika keluar dari restoran itu, baru saya sadari satu hal: Tau Lu Fan ada di sebelah restoran ini!

Pelayan di restoran ini tak ada yang bisa berbahasa Inggris. Ditambah lagi, menunya dalam bahasa Cina. Alhasil, kami tak tau apa yang harus dimakan. Jadi kami  memesan lauk berdasarkan gambar saja. Ibu saya memilih brokoli kuah, sementara saya memilih menu lain yang sepertinya enak: daging berkuah kecap bertabur cabe dan paprika. Ketika makanan datang, bukan daging yang saya dapat, tapi kikil yang disemur. Waks! Gambarnya ternyata menipu!

Sebenarnya saya tidak suka kikil sama sekali, tapi berhubung lapar dan tidak enak dengan tatapan para pelayan (yang terus melihat ke saya), terpaksa saya makan juga kikil semur itu. Keesokan harinya, ketika kembali makan di sini, ibu saya menunjuk langsung makanan yang sudah jadi (yang sedang dimakan orang) dan mendapatkan semacam perkedel jagung dan sate.

Cara menuju ke sana:

Subway: Subway Line 2 ke Changchun Jie Station, keluar exit C2, dan jalan sejauh 1,5 km. Atau keluar Exit A, naik bus No. 10 dan berhenti di halte Niu Jie (satu halte sebelum masjid).

 Bus: Bus No. 10,48,88,213, dan 717. Berhenti di halte Niu Jie.

 

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s