Ho(s)tel di Singapura

Salah satu temen bertanya tentang hostel yang pernah saya tempati di Singapura. Ketika saya berikan salah satu nama hostel favorit saya (tree in lodge), ia bilang hostel tersebut telah pindah tempat. Penasaran, saya jadi browsing tentang hostel ini, plus mencari hostel alternatif buat teman saya itu.

(Note: Tree in Lodge sekarang sudah buka kembali, namun letaknya berpindah ke Outarm Park). 

Singapura termasuk negara dengan jumlah hostel yang cukup banyak. Harganya cukup mahal memang. Satu tempat tidur di dormitori paling murah sekitar 30SGD, kalau dikalikan kurs saat ini (Rp 9.000), maka harganya bisa mencapai 270rb. Di negara lain, sudah bisa tidur di hotel bintang 3.

Setiap tahun, ada saja hostel baru bermunculan. Anda bisa melihatnya di situs hostelbookers atau hostelworld, situs pencari hostel favorit saya.

Namun, ada beberapa hostel pernah saya dan teman-teman inapi. Cekidot guys…

1. ABC Backpackers. Ini hostel yang pernah saya tempati di Singapura tahun 2009. Hostel ini dekat dengan Bugis MRT dan kampung Arab, yang berarti dekat dengan makanan halal.

*Note: saya kembali ke sini tahun 2014. Saya jadi kurang suka dengan tempat ini karena dormitornya kotor dan banyak orang India. Dapurnya pun kini kotor. Tak ada tempat kumpul bersama yang dulu disediakan di depan. 

2. The Pod. Desainnya menarik banget, mirip dengan hostel kapsul Jepang. Tiap kapsul dilengkapi dengan tirai dan TV sendiri. Terletak tak jauh dari Bugis MRT.

3. ABC Premium Hostel. Mirip dengan the pod.

4. Rucksack Inn. Punya beberapa cabang. Hostel ini (cabang Temple Street ) direkomendasikan teman saya karena katanya tidak terlalu jauh dari Clarke Quay.

5. The Beary Good Hostel. Letaknya persis di tengah area Chinatown. Deket banget dengan MRT. Tapi saya sih ga kebayang riwuhnya tempat ini.

6. The Beary Nice Hostel. Masih satu grup dengan Beary Good Hostel. Hostel ini konon menyabet penghargaan 2013 best singapore hostel. Ada pula The Beary Best Hostel, yang lebih nyaman dan cocok untuk keluarga karena punya private dormitori untuk 5-8 orang.

7. Mitra Inn. Letaknya di daerah Little India. Hostel ini terkenal karena cukup murah dan dekat dengan MRT. Ada pula kamar khusus family, yang muat untuk berlima. Tapi sayang kurang suka tinggal di daerah India. Satu grup dengannya adalah Mitraa, dengan harga yang lebih mahal.

8. Footprint Hostel. Banyak banget orang Indonesia yang merekomendasikan hostel ini. Letaknya di daerah little India dengan harga yang cukup murah. Kalau letak, katanya hanya 10-12 menit dari MRT.

9.  5footwayinn. Punya 4 cabang. Agak mahal, tapi desainnya bagus.

10. Five Stones Hostel. Kalau liat gambar di webnya, hotelnya lucu banget. Kamarnya ngepop, desainnya ceria. Lokasinya juga strategis, 5 menit dari MRT.

11. The Hive. Ini juga banyak direkomendasikan orang. Kata teman saya yang pernah menginap di sana, tempatnya cukup enak, ruang berosialisainya besar. Jarak dari keluar MRT juga dekat, tapi jarak dari turun kereta menuju pintu keluar MRT cukup jauh.

Note: kebanyakaan hostel di Singapura tidak memiliki jendela. Kalau bermasalah dengan hal ini, cek dulu ke hostel sebelum melakukan reservasi.

4 thoughts on “Ho(s)tel di Singapura

  1. Halo…karena kebanyakan hostel di sana mensyaratkan minimal umur anak, dan nggak semuanya menyediakan private family room. Mitra Inn punya family room, tapi untuk nyaman atau tidaknya saya kurang paham.

    Untuk alternatif keluarga, bisa sewa apartemen. Cari infonya bisa di https://www.airbnb.com.

  2. hai.. aku pengen tanya.. untuk nginap di hostel kalau muslim apa ada kesulitan dalam shalat, krn kalau shalat dzuhur ashar maghrib bisa di masjid luar hostel, tapi kalau subuh dan isya apa bisa di penginapan karena belum tentu yang sekamar dgn kita muslim ya..
    terima kasih..

    1. rahma

      Hai Didu, biasanya sih saya izin dulu ama tetangga alias penghuni kamar yang lain, kalau saya akan solat di kamar. Biar mereka ga kaget juga kalo subuh-subuh liat orang pake mukena gerak-gerak di kamar. Bisa ditimpuk saya kalo mereka kaget.

      Biasanya sih mereka welkom, malah pernah jadi ada yang nanya2 soal solat.

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s