Myanmar Day 2: New Park Hotel, Bagan

Bus malam yang kami tumpangi sampai di Bagan pagi buta, sebelum matahari keluar dari peraduannya. Begitu pintu bus terbuka, belasan supir delman merapat, mengerubuti penumpang bus yang menjejakkan kaki di bumi Bagan.

Kami memilih salah satu kusir yang kelihatannya baik. Kami minta diantarkan ke New Park Hotel, (lagi-lagi) satu-satunya hotel yang ada di ingatan saya. Hotel kecil di Bagan memang sulit sekali dibooking dari Indonesia. Bagan adalah kota kecil yang masih tertinggal, tang belum terjamah koneksi internet. Padahal, New Park Hotel ini punya situs. Dan saya sudah mencoba membuking via kanal “reservation” di situs tersebut. Tapi apa daya, situsnya tak berfungsi sebagai mana mestinya.

Ternyata, New Park Hotel terletak tak jauh dari terminal bus. Baru saja pantat ini menduduki kursi empuk sang delman, kami sudah sampai. Untung, di pagi buta itu ada penjaga hotel. Dan untung juga, ada satu kamar tersisa untuk kami.

New Park Hotel direkomendasikan banyak backpacker karena harganya yang tidak terlampau mahal, namun cukup baik untuk tinggal. Letaknya juga strategis, tak terlampu jauh dari terminal dan pusat turis. Sebagai informasi, Bagan terbagi menjadi tiga area yakni Old Bagan, New Bagan dan Nyaung Oo (Nyaung U). Untuk tempat tinggal, disarankan memilih Nyaung Oo karena di sana banyak terdapat fasilitas (restoran, terminal, pasar).

New Park Hotel memiliki beberapa jenis kamar. Kamar di bagian depan, yang berbalkon, dihargai sekitar 30-35 dolar semalam. Kamar yang lebih  bagus lagi berbandrol 45 dolar semalam. Kamar yang tersisa untuk kami letaknya di belakang. Lumayan, walaupun tidak sebagus yang di depan. Kamar mandinya bersih, ACnya dingin walaupun cukup berisik karena masih berupa AC lama. Yang kurang bagi saya hanya satu, ada debu di sepreinya. Bagi sebagian orang, debu ini mungkin tidak terlalu terasa. Tapi bagi saya, yang punya alergi, kehadiran debu di kasur sangat mengganggu tidur. Rasanya, kamar yang saya tempati itu belum terlalu tuntas dibersihkan.

Saya sempat bertemu traveler lain yang menginap di sana. Menurut mereka, kamar yang mereka tempati (yang ada di depan) kondisinya cukup baik. Tak ada komplain dari mereka mengenai kamar tersebut.

Di luar kondisi kamar, saya terkesan dengan hotel ini. Pemilik hotel ini sangat baik. Saya hanya dikenai charge satu malam, padahal saya datang di pagi-pagi buta. Kalau di hotel biasa, saya pasti sudah dikenai biaya menginap dua malam.

Oiya, hotel ini juga menyediakan jasa tur, penyewaan sepeda, pemesanan tiket bus, dan free sarapan pagi.

New Park Hotel: 
Thiripyisaya Block No.4, Bagan, Nyaung Oo, Myanmar
Telp: 062-70122.
Website: http://www.newparkmyanmar.com

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s