Edukasi Internet ala Indosat, Lewat Program 1O1

Travelling dan tugas ke beberapa daerah di Indonesia membuat saya banyak melihat manfaat penggunaan teknologi internet untuk mempermudah pembangunan. Misalnya saja di Sumbawa. Saat itu saya diajak bertemu dengan Pak Bupati dan melihat langsung ia menggunakan teknologi internet untuk berbicara kepada penduduk di pelosok daerah. Bayangkan kalau ia harus langsung datang ke sana. Berapa biaya dan waktu yang harus ia korbankan untuk itu.

Di lain waktu saya melihat manfaat internet untuk para penjual anyaman rotan di Kampung Purun. Berkat internet, mereka bisa menjual anyaman tradisional mereka ke Jakarta, tanpa harus langsung datang ke Jakarta.

Internet memang mulai menjadi kebutuhan di Indonesia. Kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur menjadi tinggi.  Dan internet bisa menjadi solusi untuk menjembatani  hal itu.

Indosat Ooredoo menyadari hal ini. Seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Al Naema, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo, “Internet memiliki kekuatan untuk menyalurkan suara publik dan membantu mereka menemaukan dan membagikan pengetahuan, memperkuat ekonomi, dan mengembangkan komunitas.”

IMG-20191015-WA0042-01
Ahmad Al Naema, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo. Photo by: Bowo Susilo

Namun ternyata, masih ada kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaaan. Hasil riset GSMA Mobile Economy Report tahun 2019 menunjukkan bahwa penetrasi mobile internet akan tumbuh hingga 69 persen pada 2025 mendatang. Artinya, akan ada 24 juta orang Indonesia yang akan menggunakan internet di tahun itu. Hasil riset juga menyebutkan, 45 persen di antaranya masih tinggal di daerah pedesaan dan sayangnya, 97 persen dari populasi masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan itu tidak memiliki ponsel, yang artinya belum bisa memanfaatkan internet untuk kemajuan dan kepentingan sehari-hari.

Memang benar, saya kerap merasakannya ketika travelling ke pelosok Indonesia. Walaupun berada di daerah yang sudah terjangkau internet, namun saya masih menemukan ada yang masih belum melek internet sepenuhnya.

Hal ini membuat Indosat Ooreedo berinsiatif untuk mengadakan program “Internet 1O1″ (baca: one O one)” dengan tema Empowering Indonesia With Internet. Program CSR yang merupakan kolaborasi dengan Facebook ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berinternet bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di pedesaan.  Melalui program ini, diharapkan masyarakat Indonesia juga lebih memahami berbagai kegunaan internet untuk membantu kehidupan mereka menjadi lebih efisien dan optimal.

Kampanye “Internet 1O1” ini dilakukan dengan menyebarkan 5 modul video yang berisi cara bagaimana memakai Facebook, Whatsapp, Google, Youtube dan Wikipedia . Video ini juga bukan hanya berisi ajakan, namun juga edukasi bagaimana menggunakan kelima media internet tersebut secara optimal dan bijak, agar bisa membantu kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia.

IMG_20191015_104459-01.jpeg
Ahmad Al Naema, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo (kiri) dan Fransisco Varela, VP Global Partnership Facebook (kanan) melaunching program “1O1”

IMG_20191015_111447.jpg

Program Internet 1O1 akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo dalam setahun ke depan hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia. Untuk awal, Indosat Ooredoo akan mengadakannya di Kalimantan dan Sulawesi, dan secara bertahap akan menjangkau seluruh pelosok Indonesia.

Advertisements

Author: rahma

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s