Menjajal Oppo F11: Foto Oke di Saat Gelap

Kemarin ini, saya diberi kesempatan untuk menjajal seri terbaru Oppo yang baru saja diluncurkan awal bulan April lalu. Oppo F 11 namanya. Seri terbaru Oppo ini punya desain kekinian, dengan water drop screen dan layar LCD 6,53 inch Full HD.  Bentuknya handy, dengan dua pilihan warna yakni Flourite Purple dan Marble Green.

IMG_20190425_163115-01.jpeg

Karena saya doyan moto dibanding main game ataupun oprek-oprek fitur hape, maka yang paling saya lihat dari sebuah handphone adalah kameranya. Secanggih apapun hapenya, sebagus apapun desainnya, kalau kameranya ga bagus ga akan saya lirik. Nah, Oppo F11 ini punya dua kamera yang mumpuni menurut saya. Kamera belakangnya adalah kamera ganda dengan resolusi sebesar 48MP+5MP dan kamera depannya beresolusi 16MP. Dengan pixel sebesar itu, Oppo F 11 ini bisa menghasilkan foto dengan resolusi tinggi. Logikanya kan, makin besar pixel yang dimiliki sebuah kamera, makin besar pula resolusi yang bisa dihasilkan.

Yuk, mari kita lihat hasilnya.

Tajam dan Jernih di Malam Hari

Salah satu keunggulan dari Oppo F11 yang langsung menarik minat saya adalah kemampuannya untuk menangkap gambar yang jernih walaupun dalam kondisi cahaya yang minim sekalipun.

Hal ini disebabkan, Oppo F11 ini punya kamera belakang dengan resolusi 48MP, sensor besar, dan juga bukaan (aperture) f1.79. Dulu pas gegayaan belajar di kelas fotografi, saya dijarin kalau semakin kecil angka aperture-nya, semakin besar cahaya yang bisa masuk ke dalam kamera. Nah, karena Oppo F11 ini punya aperture yang angkanya lumayan kecil, maka saat memoto di malam hari atau di ruangan dengan kondisi minim cahaya, ia bisa memasukkan cahaya yang banyak, sehingga hasil gambarnya nggak gelap.

Untuk melengkapi foto di malam hari, Oppo F11 memiliki scene ultra night mode. Kalau mengintip penjelasan website-nya, scene ini adalah penggabungan dari 7 buah foto dan sistem HDR. Karena menggabungkan beberapa foto ini, waktu untuk mengambil satu buah foto sekitar 4-5 detik. Jadi selama itu, usahakan tangan stabil dan nggak bergerak-gerak ya. Kalau bergerak-gerak, pasti hasilnya agak blur. Lebih bagus lagi kalau bisa pakai tripod kecil biar stabil.

Sebenarnya, dari hasil uji coba saya memoto city scape Jakarta, tanpa ultra night mode pun hasilnya sudah cukup oke, namun dengan mengaktifkan fitur ultra night mode, hasilnya jadi lebih terang dan detail.

IMG20190424182139.jpg IMG20190424201347 Beberapa foto cityscape dengan menggunakan ultra night mode.

Selain ultra night mode, fitur lain yang ada di Oppo F11 ini antara lain dazzle color mode. Warna yang dihasilkan akan lebih vivid, terang dan jernih.


Saya juga mencoba memoto makanan di sebuah restoran yang pencahayaannya temaram. Biasanya, kalau cahayanya minim, saya tambah lampu senter sedikit agar makanannya terang. Namun dengan fitur ultra night mode, foto makanan yang ada cukup jelas.

IMG20190424175239
Tanpa tambahan pencahayaan atau lampu flash, makanan tetap terlihat jelas.

Tak Perlu Susah Setting

Kamera belakang Oppo F11 ini juga dilengkapi dengan AI (artificial intelligence). Jadi kalau saya foto, dia otomatis men-setting kamera sesuai dengan kondisi yang ada.  Ada 23 jenis settingan pemandangan yang ada di AI Oppo F11 ini. Misalnya, ketika saya foto bunga dalam cukup dekat, settingan kameranya langsung berubah menjadi bouquet ataupun macro. Kalau saya foto pemandangan di luar siang hari, otomatis dia berubah menjadi landscape. Enak sih, ga repot.

Oya, ada 4 pilihan aspek ratio yang ada dalam Oppo F11 ini. Kalau mau hasil dengan resolusi maksimal,  terutama untuk makro dan foto malam hari, pilih aspek ratio 4:3 (48 MP).

Oke untuk Foto Makro dan Potrait

Seperti yang sudah saya singgung di atas, Oppo ini punya kamera belakang dengan resolusi sebesar 48MP+5MP.  Nah dengan dual kamera ini, saya coba foto makro alias foto dari jarak dekat. Objeknya bunga di depan rumah yang habis terkena basuhan air hujan. Hasilnya, objek yang dihasilkan cukup tajam, dan kalaupun hasilnya saya zoom, masih ga pecah lho.

Di atas adalah foto dengan menggunakan resolusi 48MP. Sebelah kanannya, adalah hasil crop berkali-kali. Detailnya masih terlihat, kan?

Satu lagi yang diunggulkan oleh OppoF11 adalah fitur potrait yang bisa menghasilkan efek bokeh pada foto potrait, dan tetap bisa jelas walau dalam kondisi minim cahaya. Saya mencoba menggunakannya untuk kamera belakang dan depan. Ternyata, ultra night mode tidak bisa diaktifkan jika menggunakan pilihan potrait. Namun tanpa menggunakan fitur ini pun, hasil fotonya terang, dengan efek blur di bagian belakang.

Ini beberapa hasil foto saya. Kalau dilihat lebih dekat, memang hasil kamera belakang lebih tajam dan jernih karena resolusinya yang lebih tinggi. Namun kamera depan pun sudah cukup baik, terang, dan detail, karena punya resolusi 16MP.

IMG20190424200450.jpg

Tip dari saya, jika menggunakan kamera depan untuk selfie, usahakan agar tidak berdiri membelakangi atau dekat sumber cahaya karena hasilnya akan terlalu terang.

Oiya, kamera depan Oppo F11 ini dilengkapi dengan AI Beauty 2.1 yang bisa mengidentifikasi wajah. Wajah juga bisa tampil lebih oke dengan fitur-fitur untuk mempercantik wajah yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tapi karena saya lebih suka hasil natural, saya ga pakai fitur ini sama sekali.

Memori Besar, Harga Hemat

Satu lagi yang membuat saya tertarik membawa Oppo ini ketika travelling adalah kapasitas baterai yang cukup besar, yakni sekitar 4.020mAh. Awet dipake seharian jalan-jalan tanpa harus mencari chargeran di sana-sini. Ditambah lagi ada teknologi flash charging yang membuat waktu untuk mengisi daya Oppo F11 ini cukup cepat. Saya mencoba mengisi daya saat kapasitas baterai sisa sekitar 5 persen, dan hanya butuh waktu sekitar 90 menit hingga daya baterai 100 persen penuh.

Keunggulan lainnya dari OppoF11 yang saya suka adalah memori dengan kapasitas besar, yakni 128 GB. Dengan kapasitas segini, saya bisa menginstall banyak aplikasi, game, video, lagu, atau foto-foto yang saya ambil ketika jalan-jalan, tanpa harus membeli memori tambahan. Lumayan kan hemat biaya buat beli memori tambahan.

Dan kabar gembira lainnya, ternyata harganya ga terlalu mahal. Saat ini harga Oppo F11 sekitar 3.999.0000. Pas lah buat di kantong saya.


Yang tertarik dengan hape ini, bisa lihat spesifikasi Oppo F11 di https://www.oppo.co.id/smartphone-f11/ ya…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

24 thoughts on “Menjajal Oppo F11: Foto Oke di Saat Gelap

  1. Kalau masalah kamera Oppo memang Tiada Duanya, saya sendiri pun memiliki Oppo tapi masih keluaran yang lama . itu aja kameranya udah cakep banget apalagi ini oppo paling Anyar pasti lebih jos kameranya

    Like

  2. Mantap ya Mbaaa, Oppo F1s saja aperture-nya udah cukup bikin foto jadi bagus walau minim cahaya, apalagi F11 ini. Waaah jadi pengen cepet2 ganti HP ke F11 deh, karena gak setiap saat bisa bawa Mirrorless apalagi kalau sambil gendong Baby. Kalau ada Smartphone dengan kamera yang mumpuni kan jadi lebih simple bawaannya tapi tetap bisa tangkap momen dengan baik.

    Like

  3. Sampai sekarang ini tuh aku masih terpukau dengan hasil jepretan Oppo F11 yang super kece ini. Bayangin aja dikala malam atau gelap malah oke banget hasilnya, siapa yang gak mupengkan? Ini merupakan salah satu handphone yang sampai sekarang masih dalam wish listku

    Like

  4. niaharyanto

    Oppo memang selalu keren deh kameranya. Gak salah memang kalo mengusung tagline Camera phone. Dan F11 ini bikin yang seneng jeprat-jepret kayak aku mupeng. Selfie pun pasti jadi lebih asyik. 🙂

    Like

  5. Jalan-Jalan KeNai

    Cakep hasil foto malamnya, ya. Kayaknya masih jarang smartphone yang kualitas foto saat malam itu bagus. Langsung suka deh sama OPPO F11 😀

    Like

  6. Putu Sukartini

    Dari dulu OPPO mah memang kameranya paling kece deh
    Gak diragukan lagi hasilnya, motret saat gelap jadi gak galau lagi
    Kayaknya belum ada saingannya deh sampai sekarang ya

    Like

  7. Aprillia Ekasari

    Ternyata harganya gak sampai 5 jutaan ya? Lumayan tu mbak 😀
    Enak kalau hape kameranya dah oke banget saat dipakai motret malam jd gak usah bawa kamera lagi ke mana2 apalagi pas traveling ya 😀

    Like

  8. OPPO F11 ini emang cakepanya kebangetn kok, Mbak. Nggak cuma desain smartphone-nya ya, tapi “dalamannya” itu beneran ruar biasa. Aku suka memorinya yang besar, kameranya yang cakep gilak, nge-charge gak perlu lama dan ultra night mode-nya itu lho, takjub banget sama hasil fotografi malamnya.

    Like

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s