Asuransi, Bikin Tenang Saat Travelling

“Trust Allah, but tie your camel first”

Dulu sih, saya nggak perduli dengan namanya asuransi perjalanan. Ngapain juga beli asuransi kalau bukan syarat wajib buat apply visa. Tapi ada beberapa kejadian yang saya alami yang akhirnya mengubah pendapat saya soal asuransi ini.

Kejadian pertama. Paspor saya hilang di Chiang Mai. Akibatnya, saya harus mengeluarkan sejumlah dana lagi untuk mengurus SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor).  Karena tak punya asuransi, semua biaya mesti saya tanggung sendiri.

Kedua, kaki kawan saya terantuk tangga ketika ia berjalan-jalan di Kamboja. Karena bengkak dan tak bisa digerakkan, mau tak mau ia berobat ke dokter dan menggunakan kursi roda ke mana-mana. Dan tahukah berapa biayanya? Lima juta saja saudara-saudara!

Ketiga, koper travelmate saya ketinggalan sewaktu kami jalan-jalan di Maroko. Alhasil, selama di sana, ia tak punya persediaan baju sama sekali. Mau beli mahal dan persediaan uang cash kami tak banyak. Komplen ke airline susah banget. Padahal kalau punya asuransi, semua pengeluaran selama bagasi belum datang, mulai dari beli baju hingga peralatan mandi, akan ditanggung asuransi.

Keempat, yang paling sering saya alami saat pergi dengan penerbangan domestik: delay pesawat hingga berjam-jam. Pernah saya harus ketinggalan pesawat selanjutnya karena pesawat sebelumnya delay. Dan saya rugi ratusan ribu gara-gara itu. Kesel, kan?

Sejak adanya kejadian-kejadian itu, saya tak mau lepas dari asuransi perjalanan, baik untuk perjalanan domestik maupun internasional. Biar perjalanan jadi tenang dan ga bikin saya senewen. Kalau kata Nabi SAW, “trust Allah but tie your camel first“.


Nah, pas saya lagi cari-cari asuransi buat trip mendatang, saya diundang oleh BloggerCronny ke launching produk happyOne.id, yang merupakan produk terbaru besutan Asuransi Astra.  Acara launching dilakukan di Nine Ballroom Thamrin Jakarta. Selain ingin mendengar soal asuransi baru ini, yang bikin saya tak sabar datang ke acara adalah foto-foto di booth-booth yang ada di sana. Yaa, kawan saya yang kerja di asuransi Astra sebelumnya sudah memberi bocoran sedikit, kalau nanti ada booth-booth instagramable di sini.

p_20181017_111114-e1540973880435.jpg
Salah satu booth favorit di acara #BeTheHappyOne happyOne.id
Foto 2 (1).jpg
Rudy Chen, CEO Asuransi Astra menjelaskan tentang produk happyOne.id

Okeh. Balik ke asuransi perjalanan ya…

Salah satu produk dari happyOne.id ini adalah happyTrip, yakni asuransi perjalanan yang tersedia baik untuk perjalanan domestik ataupun perjalanan internasional. Saya yang akhir-akhir ini sering bolak-balik dinas ke kota-kota di Indonesia seneng banget dengar ada asuransi domestik juga.

Apa aja perlindungan yang tercakup di dalam produk asuransi happyTrip? Dikutip dari situs resminya, selain akan melindungi jiwa saat perjalanan, asuransi happyTrip ini akan melindungi beberapa hal lain, yakni:

  1. Perlindungan Pembatalan Perjalanan
    Penggantian biaya perjalanan yang telah dibayar di muka bila adanya pembatalan perjalanan karena hal-hal di luar kuasa tertanggung.
  1. Perlindungan terhadap Bagasi dan Barang Pribadi
    Perlindungan atas kehilangan dan kerusakan bagasi termasuk barang-barang di dalamnya serta barang yang dipakai atau dibawa selama melakukan perjalanan
  1. Biaya Medis Akibat Kecelakaan
    Penggantian biaya medis yang diperlukan akibat kecelakaan selama perjalanan Anda.
  1. Perlindungan Keterlambatan Penerbangan
    Santunan untuk setiap 6-8 jam keterlambatan pada pesawat, kereta api atau kapal laut (sampai batas maksimum yang tertera dalam sertifikat polis) akibat kejadian di luar kuasa tertanggung serta pertanggungan atas biaya pembatalan, biaya akomodasi, dan biaya tambahan lainnya yang muncul akibat adanya perubahan jadwal.
  1. Evakuasi Medis Darurat dan Repatriasi
    Pengaturan dan pembiayaan evakuasi dan repatriasi apabila Tertanggung mengalami keadaan darurat medis akibat sakit ataupun kecelakaan yang dijamin dalam polis.

Enaknya, pembelian dapat dilakukan secara online. Dulu, saya pernah batal beli salah satu asuransi perjalanan karena saya harus mencari kantornya untuk memesannya. Kebayang repotnya, kan? Apalagi waktu masih terikat kerja 9-18, keluar kantor buat makan di mal aja mesti berantem ama bos, apalagi buat bolos ke agen asuransi. Nah, asuransi happyTrip dari happyOne.id ini bisa langsung dibeli lewat situsnya https://www.happyOne.id/.

Caranya gampang aja. Tinggal masukkan tanggal perjalanan dan tujuan (internasional atau domestik), lalu pilih jenis asuransi mana yang sesuai. Setelah itu, tinggal bayar lewat atm atau kartu kredit. Tak lama, polis akan segera dikirimkan via email atau bisa juga diunduh di website happyOne.id. Prosesnya cepet, mudah, dan ga ribet.


All in One Insurance

happyone

Selain happyTrip, ada 3 buah asuransi lagi yang ditawarkan oleh happyOne.id, yaitu.

HappyMe, yaitu produk asuransi kecelakaan diri. Manfaat utamanya  berupa santunan meninggal atau cacat tetap karena kecelakaan yang dinilai preminya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

HappyEdu, yaitu asuransi pendidikan. Cocok banget buat para orang tua yang ingin memberikan perlindungan pendidikan bagi anak atau malah bisa juga buat anak muda yang udah rencanain pendidikan master atau dokternya. Produk ini memberikan perlindungan pendidikan bagi anak apabila tertanggung utama, dalam hal ini orang tua, meninggal dunia karena kecelakaan. Nah nilai premi happyEdu ini juga sama seperti happyMe, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

HappyHome, yaitu asuransi kebakaran. Preminya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga bisa ditambah dengan perlindungan terhadap kerusuhan atau santunan atas pembelian perabot kembali akibat kebakaran.

Keempat asuransi ini dapat dibeli dan diakses lewat situs happyOne.id. Berbeda dengan sistem asuransi lain di mana masing-masing asuransi berdiri sendiri-sendiri, asuransi happyOne.id ini merupakan situs asuransi all-in-one. Jadi, satu akun bisa dipakai untuk meng-apply semua jenis asuransi ini. Dan datanya akan terkoneksi satu sama lain sehingga nggak perlu lagi ganti-ganti akun.  Melalui situs ini, riwayat pembelian serta polis juga bisa dicek dan kalau perlu diunduh lagi. Mudah, kan?

3 thoughts on “Asuransi, Bikin Tenang Saat Travelling

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s