Askar

Askar adalah penjaga masjid atau bisa dibilang polisinya masjid. Askar cowo umumnya pake baju coklat (mirip polisi India), sedangkan askar cewe pake baju item, lengkap dengan cadar.

Askar ini tugasnya mengatur jamaah, memastikan jamaah (terutama yang datengnya dari Iran) nggak berbuat macem-macem. Salah satu yang selalu dilakukan askar adalah memeriksa barang bawaan jamaah. Jamaah memang dilarang memoto di dalam masjid Nabawi. Karenanya dilarang bawa kamera, termasuk henpon berkamera.

Jamaah Indonesia umumnya patuh dengan peraturan ini, tapi nggak demikian halnya dengan jamaah Iran. Mereka doyan banget mencari cara untuk menyembunyikan hape mereka di berbagai tempat. Ada yang sembunyiin di konde, ada yang di kaos kaki, ada pula yang naruh hape mereka di dudukan kursi roda.

Ada satu kejadian lucu mengenai jamaah Iran ini. Si ibu (yang umurnya mungkin 50 tahun), berusaha menyembunyikan hapenya di dalam kaos kaki. Tadinya ia lolos dari pemeriksaan askar, tapi tiba-tiba hapenya berderingdan lampunya menayala, sehingga akhirnya terlihat oleh askar. Oalaah..

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s