The Peak: Lihat Hongkong dari Atas

Tujuan utama saya di Hongkong adalah The Peak. Area The Peak dibangun oleh penguasa Hongkong tahun 1985. Saat pembangunan, banyak kontrovresi yang mempertanyakan kegunaan area tersebut. Setelah beberapa tahun pembangunan, barulah orang merasakan manfaat dari The Peak, yang selalu menarik minat dan uang para pelancong, seperti saya.

Di sana ada The Peak Tower dan ada The Peak Galeria. Di The Peak Tower inilah terdapat sky terrace, dek tempat kita bisa memandang Hongkong secara keseluruhan. Kata orang, lebih bagus ke sini pada malam hari. Tapi saya lebih suka di siang hari, karena di sana anginnya dingiiin sekali. Saat saya ke sana memang suhu sedang dingin (mencapai 16 derajatC). Jadi kebayang deh, bagaimana dinginnya saat di malam hari.

Sebenarnya, kalau tidak ingin merogoh uang untuk membayar sky terrace bisa juga. Di lantai 5 (dekat AW Restaurant) ada semacam dek kecil. Di sana kita bisa melihat juga Hongkong dari atas walaupun tidak sebagus dan sebebas ketika melihat dari sky terrace.

How to get there

Untuk menuju ke sini, ada tiga cara. Pertama, naik green bus dari Tsim Sha Tsui (di Kowloon), naik bus nomer 15 dari Exchange Square di dekat stasiun MTR Hongkong atau naik Trem dari Central. Saya memilih naik yang ketiga.

Naik The Peak Tram sungguh mengasyikan. Jalur tram ini menanjak terus, malah ada beberapa lokasi yang kemiringannya bisa mencapai hampir 45 derajat. Kalau memungkinkan, pilih tempat di dekat di sebelah kanan dekat jendela (ketika naik), dan sebaliknya pilih di sebelah kiri ketika turun. Pasalnya, pemandangan di area itu lebih menarik ketimbang area di seberangnya. Saya lupa berapa harga tram ini, soalnya saya membeli tiket borongan: tiket tram+sky terrace+madame tussaud, seharga HK$ 170 (lebih murah ketimbang beli satu-satu).

Ada bus yang menghubungkan staisun Central ke stasiun trem, nomernya 15C. Tapi saya lebih suka berjalan saja ke sana, siapa tahu ada hal mengasyikkan di jalan. Ternyata pilihan saya tak salah. Di sepanjang jalan menuju stasiun trem, saya menemukan banyak bangunan menarik yang selama ini hanya saya lihat di buku kuliah saya. Ada bank of China yang didesain dengan gaya Eropa, ada gedung HSBC yang struktur depannya bersilang-silang, dan banyak hal menarik lainnya.

2 thoughts on “The Peak: Lihat Hongkong dari Atas

  1. Aulia

    Assalamualaikum kak, untuk tiket borongan tram-maddam tussauds ada infonya beli dmn kah kak?? Karena saya berniat untuk ke hk backpacker bersama teman saya kak. Terimakasih kak, wassalam..

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s