3 Barang Kecil Tapi Penting Saat Backpacking

Kamera, baterai cadangan, pencatu daya, alat mandi, alat make-up, adalah barang-barang keperluan travelling yang pastinya tak akan saya lupakan.

Namun, ada 3 barang lainnya yang kecil, terkadang terlupakan, namun sebenarnya sering dibutuhkan.

1. Mangkuk Lipat

Terkadang, makanan halal menjadi kendala ketika berpergian di suatu tempat. Apalagi untuk muslimah seperti saya, yang tak bisa sembarangan makan. Alhasil, membawa bekal dari Indonesia (seperti mie yang dapat direbus dengan menggunakan gelas) kerap menjadi jawaban atas solusi ini.

Nah, tak semua penginapan menyediakan gelas, mangkuk, ataupun wadah yang dapat digunakan untuk menyajikan makanan. Makanya, saya selalu membawa ini ketika berpergian ke mana saja: mangkuk lipat.

Mangkuk ini terbuat dari bahan silicon, yang jika ditutup bentuknya sangat tipis sehingga dapat diselipkan di koper atau carrier bag saya. Jika dibuka, cukup untuk menampung mie gelas saya.

Mangkuk ini bukan cuma berguna saat memakan bekal. Terkadang, ada negara yang punya porsi makanan luar biasa banyaknya. Nah, daripada mubazir, saya suka membawa pulang sisa makanannya. Lumayan, bisa dimakan kalau lapar.

Tak sulit menemukan benda ini. Dua tahun lalu saya membelinya di Ace Hardware (saya lupa harganya) dan bertahan hingga kini.

Di toko outdoor seperti Consina, benda ini juga dijual. Ada 3 ukuran, yakni 250ml yang dibanderol dengan harga Rp40 ribu; 300ml yang harganya Rp70 ribu, dan 1000ml yang bisa dibeli dengan harga Rp105 ribu. Toko online seperti aliexpress pun menjualnya dengan harga bervariasi.

Mangkuk lipat
Mangkuk lipat Consina 300ml, harganya Rp70.000

Baca Juga: https://jilbabbackpacker.com/2020/05/30/rekomendasi-restoran-halal-di-rusia/

2.  Sendok Garpu 3in1

Ini juga benda yang selalu saya bawa: sendok, garpu, dan sumpit yang berada dalam satu tempat. Praktis karena bisa dibongkar pasang.

Saya membeli ini di situs tokopedia dengan harga Rp35.000/set. Namun jika ingin yang lebih murah, di toko seperti Tokyo 1 Store tersedia pula garpu, sendok, dan pisau 3 in1. Saya lupa harga persisnya, namun tak terlalu mahal, apalagi satu set terdiri dari 6 buah.

sendok travel
ini yang saya beli di tokopedia
6x-sendok-garpu-pisau-berkemah-mendaki-peralatan-Spork-Combo-Gadget-sendok-garpu-Travel
yang ini ada di Tokyo 1 Store

3.  Vacuum Bag 

Walaupun ala backpacker-an, banyak baju yang mau tak mau harus dibawa. Apalagi buat yang memakai hijab seperti saya; selain baju panjang dan celana, ada jilbab juga. Penuh. Agar lebih ringkas, saya menggunakan hand roll vacuum bag, yang saya beli di Ace Hardware seharga Rp70.000/set.

Cara memakainya juga gampang. Cukup masukkan baju, rapatkan seal-nya, lalu gulung hingga udara ke luar dari bag. Dengan vacuum bag ini, baju jadi lebih ringkas. Kalau membawa carrier bag saya yang ukurannya 35Lt, biasanya saya bawa satu vacuum bag saja. Sisanya baju saya masukkan ke kantong-kantong lain.

Kalau hasilnya mau lebih mantap, beli yang termasuk alat vacuum. Cuma jadi mesti bawa alat vacuum-nya.

hand vacuum roll

Kalau kalian, barang kecil multiguna apa yang wajib dibawa?

Comments

  1. Aku udah familiar sama vacuum bag dan sendok garpu. Tapi kalau mangkok lipat aku baru ngeh hihihihi 🙂 Bener sih ya, kalau pas lagi kulineran trus makanannya ga habis, bisa kita bawa pakai mangkok itu :0 Atau bisa juga buat jajanan ala K5 😀

    1. Hooh bener. Secara makannya dikit dan beberapa negara porsinya jumbo, sayang kalau ga bawa pulang. Wkwk in the name of irit

  2. mangkuk begitu sering liat di toko outdoor tapi gak pernah megang, ternyata bahannya dari silicon toh.. boleh juga nih beli satu buat dibawa traveling..

    btw, kalau traveling lama ke LN pakenya carrier 35 liter itu jugaa??

    1. Iya mbak Evi, mangkuk andalan. Cuma ga bisa buat bawa yg berkuah krn tutupnya ga rapet. Mesti yg kering-kering aja

  3. Saya malah ga pernah bawa pisau lipat..mesti masuk bagasi soalnya.
    Tapi gunting kecil suka bawa juga 😀

  4. Hand roll vacuum bag ini yang sering lupa. Enak bisa ringkas. Kalau saya pisau lipat multi yang tidak pernah ketinggalan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!