12 Rekomendasi Restoran Halal di Rusia

Ketika akan berangkat ke Rusia, saya sempat khawatir soal makanan halal. Saya pikir, akan sulit menemukan restoran halal di Rusia sehingga saya membekali diri dengan banyak mie instan.

Ternyata tidak. Jumlah umat muslim di Rusia cukup banyak, sekitar 15-20 persen dari total penduduk Rusia. Hal ini menyebabkan di tiap kota di Rusia, terutama kota besar, mudah ditemukan restoran halal.

Apa saja itu? Berikut daftar 12 restoran halal di tiga kota yang saya kunjungi di Rusia: Moscow, Saint Petersburg, dan Kazan.


Restoran Halal di Moscow

Di antara semua kota di Rusia, Moscow ini punya restoran halal paling banyak. Mungkin karena jumlah imigran muslim dari Uzbekistan dan negara stan lainnya di Moscow lebih banyak dibandingkan dengan kota lainnya.

1. Kantin di Moscow Cathedral Mosque

Restoran Halal di Rusia
Kantin di Moscow Cathedral Mosque

Ini restoran halal di Moscow yang menjadi favorit saya karena murah meriah enak. Rata-rata yang datang ke sini adalah warga lokal, sementara turis biasanya makan di  kafe yang ada di pojokan masjid.

Anehnya, harga makanan di kafe dua kali lipat daripada di kantin bawah. Padahal menurut info dari Mbak Susan, guide dan kawan saya di Moscow, kedua tempat ini punya dapur yang sama lho…

Semua makannya diletakkan di dalam etelase kaca sehingga saya bisa memilih langsung makanan yang saya suka. Tinggal tunjuk.

Ada untungnya sih makanannya disajikan di etalase begini, karena semua pelayannya tak bisa berbahasa Inggris. Dan menu yang ditulis besar-besar di dinding juga dalam bahasa Rusia. Yang hurufnya keriting ga jelas gitu.

Makanan yang tersedia di sini adalah makanan dari negara Stan. Ada plov, pasta, kentang dan lain-lain. Harganya mulai dari 150 rubel atau sekitar 30 ribu rupiah. Saya membeli kentang, pasta, dan daging sementara kawan saya membeli semacam sup plus pasta. Total pengeluaran kami berdua ditambah chai (teh) panas jadi 550 rubel atau sekitar 115 ribu rupiah.

Selain makanan utama, tersedia juga roti dan kue-kue manis untuk dessert. Saya tak mencoba ini, karena saya sudah terlalu kenyang makan pasta dan daging, plus kentang pula.

Alamat:  Pereulok Vypolzov, 7, Moscow, Russia, 129090 (jangan masuk ke dalam masjid, namun dari pintu gerbang lurus hingga menemukan tangga turun ke bawah).

2.  Toko Swalayan di Samping Moscow Cathedral Mosque

Restoran Halal di Moscow Rusia
Supermarket di sebelah Moscow Cathedral Mosque

Lokasinya persis di sebelah kantin. Di sini sebenarnya tempat penjual bahan makanan halal,  seperti daging, sosis, dan sebagainya. Namun mereka menyediakan juga roti dan martabak ala Uzbek, yang selalu jadi favorit saya saat menunggu kereta di Uzbek setahun silam.

Harga rotinya mulai dari 50 rubel atau sekitar 10 ribu rupiah. Lumayan buat bekal di jalan karena dijamin halal. Oya, di sini tak ada bangku atau kursi di sini, jadi roti dan kuenya hanya bisa dibawa alias di-take away.

Alamat:  Pereulok Vypolzov, 7, Moscow, Russia, 129090 (jangan masuk ke dalam masjid, namun dari pintu gerbang lurus hingga ke ujung).

3. Chaykhana Restaurant

Chaykhana, Restoran halal di Rusia
Chaykhana, Restoran halal di Rusia

Chaykhana Restaurant adalah restoran Uzbekistan yang ada di seberang Moscow Cathedral Mosque, di dekat lampu merah. Berbeda dengan masakan kantin di samping masjid, masakan di sini harganya lebih mahal. Jelas saja, ini restoran dengan interior yang cantik.

Menu andalannya adalah Plov dan Kebab. Beda dengan nasi plov yang biasa saya makan di Uzbekistan, nasi plov di sini berwarna kuning, dengan topping daging yang diletakkan di tengah, tidak dicampur dengan si nasi. Jangan tanya rasanya, karena bagi saya, semua nasi plov Uzbek enak rasanya.

Menu Chaykhana Restaurant
Menu yang saya pesan di Chaykhana Restaurant. Bawah: nasi plov, atas kiri lagma.

Chai (hot tea) mereka juga sangat enak, karena diberi palm sugar. Modifikasi sepertinya karena sewaktu di Uzbek, saya tak menemukan gula semacam ini. Saran saya sih, ga usah beli hot tea-nya. Mahal.

Btw, menunya ditulis dalam bahasa Rusia. Untungnya, saya agak familiar dengan makanan Uzbek, jadi bisa mengira-ngira apa makanan yang dimaksud di menu. Tapi kalau nggak paham, bisa lah minta bantuan dari mas Google Translate. 

Alamat: Ulitsa Shchepkina, 27, Moscow

Baca Juga: Solo Travelling ke Uzbekistan: Cinta dalam Sepotong Roti dan Segelas Ceri

4. Livan House

Ini adalah restoran asal Lebanon yang berada di area Red Square, Moscow. Lokasinya di dalam Mall Okhtony Ryad, mal di depan Hotel Four Season Okhtony Ryad.

Saya nggak mencoba makan di  sini, karena ketika saya akan ke sana, restoran ditutup karena covid-19. Namun restoran ini direkomendasikan oleh beberapa orang karena dekat dengan area Red Square.

Alamat: Mall Okhtony Ryad, di lantai -3 atau di lantai paling bawah, di area foodcourt.

5.  Sate di Izmailovo Market

restoran halal di Rusia
Sate halal di Izmailovo Rusia

Izmailovo Market adalah tempat untuk membeli oleh-oleh khas Rusia. Tapi ternyata di dalam pasar ini ada makanan halal juga, lho.

Makanannya berupa sate khas Kazakhtan, seperti sate ayam, salmon, jamur, kentang, domba, dll. Harganya sekitar 10-20 rubel per tusuk dan sudah termasuk roti dan minuman.

Alamat: Izmailovo Market, di sisi sebelah kanan.

Baca Juga: Ke Rusia Saat Corona: Sepinya Red Square

6. Cheburechnaya Khalyal / Чебуречная Халяль

Restoran ini lokasinya masih di area Izmailovo, namun bukan di dalam pasarnya. Ia berada di dekat stasiun Metro Partizanskaya.

Makanannya lagi-lagi adalah makanan Uzbek. Ya, rata-rata makanan halal di Moscow adalah makanan Uzbekistan. Bikin saya serasa kembali ke sana.

Saya juga tidak mencoba ini, namun tempat ini juga direkomendasikan banyak orang karena dekat dengan Hotel Alfa, Gamma, dan Beta yang jadi andalan turis Indonesia ketika berkunjung ke Moscow.

7. Kebab House

Terletak di dalam Mall Evropeyskiy, mall di area Kievskaya. Lokasi persisnya ada di lantai 4, area foodcourt. Selain di Mall Evropeyskiy, Kebab House ini juga ada di Arbat Street.


Restoran Halal di St Petersburg

Restoran  halal di St Petersburg tidak sebanyak restoran halal di Moscow. Dan karena Pandemi Covid-19 yang menyebabkan saya hampir tak bisa pulang, saya cuma mengunjungi dua restoran di sana.

8. Al Halal

Restoran Halal di St Petersburg Rusia
Tampak depan Al Halal St Petersburg

Restoran Al Halal ini berada di sebelah Saint Petersburg Mosque, kurang lebih sekitar 100m dari pintu keluarnya.  Makanan yang dijual di sini adalah makanan timur tengah seperti kebab/shawarma, namun mereka juga menjual daging halal dan berbagai barang dari Timur Tengah.

Pemilikrestoran Al Halal sangat ramah, saya sempat mengobrol dengannya. Ia  berasal dari Tangier, Maroko dan sudah belasan tahun menetap di Rusia. Saya juga  sempat menumpang solat di sana, karena masjid di sebelahya ditutup selama pandemi covid.

Restoran Halal St Petersburg Rusia
Bagian dalam Al Halal

Alamat: Kronverkskiy Prospekt, 9. Sekitar 100m ke sebelah kanan dari pintu masuk masjid.

9. Halal Cafe Brother

Saya tak datang ke sini, tapi sempat googling soal tempat ini. Halal Cafe Brat atau Halal Cafe Brother ini letaknya agak jauh dari destinasi wisata namun searah dengan stasiun kereta St Petersburg.

Halal Café Brat ini buka dari jam 11 pagi hingga 11 malam. Jenis makanan yang ditawarkan di kafe ini adalah menu tradisional ala Chechnya. Saya belum pernah coba sih makanan Chenchnya seperti apa, makanya kemarin sempat penasaran banget mau ke sini, tapi ya mesti digagalkan karena harus mengantar kawan saya ke bandara. 

Alamat: Mytninskaya Street No 31. Kalau dari Hermitage, sekitar 30 menit naik metro line 11.

10. Khalol Cafe

Khalol Cafe ini selalu muncul kalau saya gugling soal makanan halal di St Petersburg.  Saya juga tidak ke sini, namun ini direkomendasikan oleh beberapa situs.

Makananannya lagi-lagi makanan khas Uzbekistan. Memang, populasi masyarakat Uzbek di sini cukup banyak, yang membuat saya selalu diledek kawan-kawan saya: “ga move-on banget lo ama Uzbek”. Ya gimana yaa….

Tampatnya cukup besar dan terdapat musala di dalam restoran. Restoran ini sering jadi favorit banyak wisatawan muslim yang berkunjung karena selain menyajikan menu tradisional, harganya pun terjangkau.

Alamat: di Jalan Apraksin nomor 7, sekitar 1 km dari Kazan Kathedral.

Baca Juga: Restoran dan Makanan Halal di Bukit Bintang


Restoran Halal di Kazan

Kazan adalah wilayah khusus di Rusia yang didominasi muslim. Jumlah masjid di sini cukup banyak, sehingga tak sulit menemukan makanan halal di sini.

Saya membatalkan perjalanan saya ke Kazan karena harus balik secepatnya ke Indonesia, namun saya sempat mencari rekomendasi makanan halal di Kazan.

Jumlah yang saya tulis di sini memang hanya dua, karena itu yang banyak beredar di internet. Namun menurut kawan saya, banyak restoran kecil di dekat penginapan dan masjid  di Kazan yang menjual makanan halal.

Ini dia hasil rangkuman saya.

11. Chak Chak / Чак-чак

Chak-Chak adalah snack madu khas Tatarstan. Namun di kafe ini tidak hanya menjual snack tersebut namun juga terdapat makanan berat dan berbagai macam cake. Salah  satu cabangnya terletak di Bauman Street. Tokonya cukup enak untuk ngobrol karena tempatnya luas.

Alamat: Bauman St, 7/10

12. Tubatay / Тюбетей

Tubatay adalah resto makanan lokal dengan branch yang tersebar cukup banyak di Republik Tatarstan termasuk di Kazan. Modelnya semacam fast food chain yang terang, ramai, dan nyaman. Enaknya, semua menunya tersedia dalam bahasa Inggris sehingga mudah memilihnya.

Alamat: Kremlyovskaya St, 21, sekitar 600 meter dari Kazan Kremlin (Blue Mosque).


TIP

Makan Murah Meriah di Stolovaya

Stolovaya adalah kantin dalam versi Rusia. Berbeda dengan restoran yang makanan sesuai menu dan baru dimasak saat kita pesan, di Stolovaya makanan sudah tersaji.

Kita tinggal memilih mana yang cocok untuk kita. Mirip warteg atau warung padang lah kalau di Indonesia.

Tidak semua makanan di Stolovaya halal. Tapi mereka biasanya menjual salad, buah-buahan potong. Bisa pilih itu untuk amannya. 

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis dan editor di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

3 thoughts

  1. Hai Rahma, ternyata banyak juga pilihan makanan halal di Rusia ya. Kalau makanan khas Rusia sendiri, modelannya kaya apa sih? Banyak sayurnya gak? Pengin tahu bakal survive gak kalau nanti someday ke sana terus kan saya vegetarian wkwk. Saya pun penasaran sama nasi plov hidangan khas Uzbekistan. Kaya nasi briyani kah? Atasnya sayuran sama daging ya itu?

    Like

    1. Nggak coba masakan asli Rusia mbaak, soalnya belum sempet ke restoran ala rusia, udah dilockdown kotanya..

      Tapi di sana rata-rata restoran halal jual salad juga dan roti. Kenyang ga yaa itu. 😀

      Like

    2. Kalau Plov kayak nasi biryani tapi versi lebih tawar. Ini di sini sayur plus dagingnya dikumpulin di atas, kalau aslinya di Uzbek, dicampur semua di nasi kayak bikin nasi goreng.

      Like

Kalau ada pertanyaan atau tanggapan, silakan komen di bawah ini yaa...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s