Aurora Village Murmansk: Memandang Aurora dari Balik Jendela

Bles.

Tiba-tiba ban mobil yang kami tumpangi tak bisa bergerak. Saya penasaran dan melongok ke luar jendela, rupanya ban masuk ke dalam tumpukan salju yang cukup tebal.

Pak supir berusaha mengeluarkan ban dari salju. Mobil digas bolak balik, maju mundur. Tapi tak berhasil. Kami terjebak di tengah padang salju. 

Untung saja, ada dua mobil van yang lewat. Salah seorang supir van mengambil alih kemudi dari supir kami dan berusaha mengeluarkannya dari jeratan salju yang menumpuk.

Sambil menunggu, saya mengarahkan pandangan ke lapangan salju di kejauhan. Di sana, di pinggir danau, sudah terlihat dek kayu yang sebagian tertutup salju. Di atasnya ada enam buah bangunan berbentuk setengah lingkaran berwarna putih dengan jendela kaca yang besar, persis seperti yang saya lihat di foto-foto.

Itulah tempat saya dan kawan saya akan menginap malam ini: Aurora Village Murmansk.


Penginapan Impian

Aurora Village yang jadi tujuan kami ini adalah penginapan yang berlokasi sekitar 50km dari kota Murmansk. Jika naik mobil dari kota, kira-kira butuh waktu 40-50 menit, tergantung kondisi jalan saat itu.

Kalau pakai mobil van dari Aurora Village rasanya akan lebih cepat karena mobilnya besar, sementara kami kemarin nekat naik taksi yang bentuknya sedan karena ada keperluan dulu di tengah kota Murmansk.

Baca Juga: Berburu Lady Aurora di Rusia

Letak Aurora Village ini di tepi danau dan jauh dari permukiman. Karena letaknya yang terpencil ini, yang menginap di Aurora Village dapat melihat aurora tanpa harus hunting ke tempat lain. Yap, kalau kita beruntung, bisa melihat aurora sambil minum teh hangat plus cokelat dari dalam kamar. Asyik, kan?

FYI, Aurora memang hanya bisa dilihat di tempat yang minim polusi cahaya dan yang jauh dari permukiman. Seperti di Aurora Village ini.

DSCF7964-01
Penampakan luar aurora village

Ada 10 buah kamar berbentuk Igloo di sini. Meniru bangunan suku eskimo yang hidup di kutub utara.

Empat buah menghadap danau, enam yang lainnya menghadap lapangan salju, seperti yang kami tempati. Di area depan terdapat sebuah bangunan besar, yang nantinya akan digunakan sebagai cafe.

Sayangnya, ketika saya datang, cafe belum selesai dibangun. Namun kabarnya saat ini cafe sudah selesai dibangun dan bisa dipakai untuk acara wedding, party, dan sebagainya.

DSCF7930-01
Kamar di seberang itu adalah kamar yang menghadap danau
DSCF7948
Kalau malam, domenya memang terlihat dari luar, tapi jangan khawatir, ada gordennya kok.

Oya, di depan igloo-igloo ini ada bangku-bangku kayu. Kalau summer, tempat ini sering dijadikan tempat pesta barbekyu. Sementara kalau winter, jadi tempat foto ala-ala aja kali ya. Dingiiin….

DSCF7933-02
Banyak meja dan bangku di sini yang bisa dijadikan tempat nongkrong, kalau ga kedinginan…:D

Interior yang Instagramable

Oleg, pemilik tempat ini, dan staffnya membantu kami membawa koper ke dalam salah satu dome. Kami mendapat kamar nomer satu, yang letaknya paling depan.

Begitu pintu dibuka, tampak dua buah tempat tidur di sana. Tempat tidur yang terlihat sangat hangat karena dilapisi dengan selimut bulu yang tebal.  Sangat cocok di cuaca yang sangat dingin. Saat kami datang, suhu di luar sekitar minus 3 derajat yang membuat kami hanya sanggup berdiri beberapa menit di luar sana.

Selain dua tempat tidur tadi, ada dua tempat tidur lagi di lantai mezanin. Tempat ini memang bisa memuat hingga 4 orang, dengan catatan, yang  tidur di atas adalah anak-anak atau cewe-cewe imut macam saya ini.

Kalau buat laki-laki, apalagi yang terlalu tinggi, bisa mentok di kepala. Oya, menurut si penjaga, bisa minta extrabed satu lagi dengan biaya 2.000 rubel atau sekitar 400 ribu rupiah.

Nah, untuk naik ke atas mezanin ini, ada tangga lipat yang tersembunyi, yang baru akan muncul kalau kita membuka tingkapnya. Persis seperti tangga-tangga tersembunyi menuju loteng di film-film barat yang saya tonton selama ini.

DSCF7852-01-02
Bagian dalam Aurora Village yang instagramable banget

Igloo ini juga dilengkapi dengan kamar mandi dengan air panas, juga perapian. Kami tak menyalakan perapian ini karena selain tak terbiasa, di dalam igloo sudah ada pemanas ruangan yang cukup hangat.

DSCF8048-01-01
Saya dan Ruru, travelmate saya ke Rusia.

Tak lama, salah satu staff Murmanks Igloo mengetuk lagi kamar kami. Ternyata, ia membawakan seteko air panas, sepaket teh Rusia favorit saya, dan setoples cokelat. Ya ampun, cokelatnya enak banget. Kalau tak ingat gigi saya yang baru kelar perawatan saluran akar, bisa habis semua cokelat itu.

Baca Juga: Persiapan Winter di Rusia


Sayangnya, Gagal Dapat Aurora

Menurut perkiraan di website Aurora Village, malam ini perkiraan KP Index untuk Murmansk ada di angka 3, sangat cukup untuk melihat Aurora di langit.

FYI, KP Index adalah tingkat kekuatan pancaran gelombang elektromagnetik yang dipancarkan si aurora. Semakin tinggi KP Indexnya, semakin jelas aurora akan terlihat. Semakin tinggi KP Indexnya, semakin bisa ditangkap kamera.

Kami sudah bersiap bergadang malam ini dengan kamera standby di atas tripod. Dari dalam kamar tentunya, tanpa perlu keluar lagi. Berkat jendela besar di dome ini, aurora dan segala yang ada di langit akan terlihat dengan jelas, bahkan sambil rebahan saya bisa melihat bintang di luar sana.

Tapi sayang, walaupun KP Index berada di angka 3, langit tertutup awan sehingga aurora tak keliatan sama sekali.

Kami mencoba keluar, siapa tahu dia ada di arah yang berlawanan dengan arah jendela kami. Tapi ternyata, setelah sepuluh menit berdiri di luar, hujan salju turun. Sudah pasti tak akan ada aurora di malam ini.

Sedih.

178289016
Begini pemandangan yang akan kami temui kalau aurora muncul di sini. Foto: auroravillage.info
82056665_1034545170233721_4690909920017514496_o
Foto: auroravillage.info

Esoknya paginya, kami berjalan mengelilingi tempat ini. Rencananya, kami mau mengintip dari jauh danau yang membeku di dekat penginapan.

Tapi ternyata, jalan menuju ke sana tertutup salju yang cukup tebal sehingga kami harus urungkan niat, karena takut terperosok ke dalam. Cukup lihat dari jauh saja. Hujan salju malam tadi ternyata cukup lebat dibanding hari-hari sebelumnya.

Ya sudahlah, balik lagi ke dalam Igloo dan foto-foto di dalamnya.

DSCF0020-01


Naik Husky Hingga Memancing di Danau Beku

Selain bisa menginap di sini sambil berburu si northern light,  Aurora Village juga menyediakan paket lain seperti Husky Farm Tour, memancing ikan di danau, tur ke Teriberca, atau ke kunjungan ke Sami Village.

Kami mengambil paket husky farm tour, dengan harga 2.000 rubel per orang. Saya sempat cek harga ke semua operator, tur dari Aurora Village ini harganya termasuk murah, tak beda jauh dengan yang lain.

Jam 12 siang, tim dari Aurora Village menjemput kami dengan mobil van yang bagus, bersih, dan harum. Hanya kami berdua yang ada di dalam van ini ternyata. Menurut Oleg, memang kali ini mereka mengkhususkan diri untuk mengantar kami.

Yippi..


Aurora Village bisa dipesan melalui situs resmi mereka di https://auroravillage.info/ atau bisa lewat OTA seperti booking.com, traveloka, dan sebagainya.

 

 

 

 

 

Comments

  1. Kakak beruntung sekali, semoga 2 tahun lagi saya bisa kesana. Mau nabung dulu.
    Ulasan kakak sangat meniginspirasi sekali.
    Terimakasih kak.

  2. Duh tempatnya bikin mupeng pake banget, jadi membayangkan deh pengin liburan, sudah jenuh ini di rumah aja, masih pandemi. Btw lihat artikel ini sedikit terobati setidaknya bisa cuci mata hehe.

  3. Luar biasa ini pengalamannya. Indah dan menakjubkan. Saya yg ga mungkin ke sana seolah udah bisa ngintip duluan hehehe…
    Semoga next bisa ke sana lagi dan dapat itu Aurora nya…

    1. Aaamiiin….alhamdulillah dapet auroranya, tapi pas ga nginep di situ. Di hari terakhir aku di kota itu, aku alhamdulillah dapet. Jadi ga sedih-sedih banget. Tapi kalau diajak lagi ke sini, ga nolaaak…..

  4. MasyaAllah indah banget ini kak walapun belum bisa melihat Aurora tapi viewnya juarak banget. Aku suka banget sama penginapanyaa kak. Semoga aku bisa kesan yaa kak, next. Aamiin

  5. Mba Rahma Iglo nya cakep bangetttttt!!! Gak apa2 gak dapat Aurora Mba semua yg dialami itu udah worth banget! Aku penasaran sama teh Russia nya Mba gimana rasanya? kayak rempah pasti ya?
    Husky tour mihil gak Mba?

    1. Wkwkw…tehnya biasa aja sih, yang bikin enak karena minumnya di igloo kaca.
      Husky turnya 2000 rubel, kalau dirupiahin sekitar 400rb.

  6. Masya Allah. Bisa menikmati malam di dalam Igloo, walau nggak sempat ketemu sama aurora saja sudah seru banget Mba. Senang sekali bisa mampir ke mari dan menikmati salah satu destinasi menginap seru di Rusia walau dari kata kata dan foto saja.

  7. Mba Rahmaaaaaa *sambilteriak hehehe kau berhasil membuat ku mupeng semupeng mupeng nya lho. Penginapannya unik, instagramable plus bonus nya bisa lihat aurora yang mana udah menjadi wish list aku sekian lama hehe. Penginapan ini sepetinya akan aku masukkan ke dalam list baru have to visit ku nih mba 😉

      1. Disabar-sabarin Mbak :D. Walau dingin banget tapi kalau yang begini mesti tahan. Udah jauh-jauh sayang kalau ga dimaksimalin 😀

    1. Mesti banget ke sini kalau mau liat aurora. Dibandingin ke Iceland atau Norway, di sini lebih terjangkau.

  8. Membaca ceritanya ini, serasa ikut nginap di Aurara village deh, Mbak. Serasa ikut nonton salju dari balik kaca Iglo. Sayang ya gak kebagian aurora…

    1. Makasih Mbak Evi. Hooh, sedih. Untung akhirnya besoknya dapet juga, tapi pas nggak nginep di sini. Jadi malem-malem mesti ke luar kota, dingin-dinginan 2 jam 😀

  9. Mungkin klo di Indonesia dibikin konsep seperti aurora village bisa juga yah mba. Tapi paling2 yang munculnya milky way klo di Pangalengan, atau Boscha Bandung hehehe

    1. Wah ide bagus itu, tapi mesyi di daerah yang ga polusi cahaya ya…*kalau punya dana bikin begini laku kali ya

  10. Bagus banget ya fenomena alam kayak gitu. Tapi ya kecewa kalau engga muncul sesuai harapan. Tapi terbayarlah besoknya akhirnya bisa lihat. Bisa difoto ga Mbak? Kalau pakai kamera HP kayaknya engga dapet yah… Aku suka tuh konstruksi iglonya, moderen…

  11. Baru ngeh yang namanya aurora itu yang warnanya hijau seperti di foto mbak Rahma hehehe. Momen yang ga mudah diprediksi itu ya mbak? Sabar banaget ya akhirnya di hari ketiga muncul juga. Igloo nya cantik amat, betah deh nginep di dalamnya berhari2 🙂 Tempat romantis gini enaknya buat berbulan madu atau buat keluarga bakalan asyik nih.

    1. Hooh bener. Buat anniversary atau honeymoon pas banget ini. Di iglo yang lain kayaknya pasangan honey moon semua, kecuali aku. *Nasib jomblo

  12. Msh dlm bucketlistku Aurora di mursmank. Berharaaaaap banget THN depan udh bisa traveling dan kesini :D. Itu ngeliat igloonya udh mupeng duluan mba. Bed nya dengan bulu2 anget :D.

    Iya sih yaaa Aurora ga tiap saat bisa kliatan. Memang hrs ikhlas kalo nyari fenomena alam. Syukur mba bisa lihat di hari ketiga :). Semoga aku jg bisa ngeliat dengan jelas kalo ksana 🙂

    1. Aamiin….iya cover bednya anget banget, tebel gitu. Plus ada pemanas, langsung anget, pdhl di luar minus 10.

  13. Igloo-nya keren sekali. Modern.
    Tahun ini pun punya rencana mau ke sana, tapi belum tahu nih karena ada virus Corona ini.
    Liat gambar-gambarnya jadi mupeng.

    Jadi selama di sana ketemu sama Auroranya, nggak?
    Peristiwa alam ini memang tidak pasti ya. Kadang sudah memperhitungkan tanggal baik dan bulan baik *macam nikahan* , eh ternyata ada aja faktor X yang bikin nggak bisa berjumpa dengan aurora di Murmansk ini.

  14. Deg-degan pas intip harganya di situs pemesanan haha. Tapi ya sepadan dengan pengalaman walaupun gagal melihat aurora. Namanya alam ya, susah diprediksi. Di beberapa negara lain, kalau nggak salah ada tur yang kasih kebijakan mengembalikan uang sekian persen jika aurora gagal terlihat.

    1. Hahaha….abis itu berhasil kok liat aurora besoknya di tampat lain. Emang bener kalau hunting fenomena alam ini mesti ikhlas kalau ga dapet ya 😀

  15. Igloo-nya modern dan nyaman ya, kak. Mungkin kalo di sini setara resor glamping gitu.

    Hoo, jadi berburu aurora itu sama kayak berburu milky way di sini, harus ke daerah yang minim polusi udara dan cahaya. Pasti speechless banget ya kesampaian nginep di tempat kayak gitu.

  16. Halo kak saalam kenal. Kebetulan banget aku ada rencana ke Murmansk tahun depan dan ketemu blognya kaka. Jadi tertarik stay di hotel ini karena liat foto-foto dan IG nya kaka
    1. Kalau dari bandara ke sini ada transportasi apa ka
    2. Saya berlima tapi dewasa semua, muat ga ya ka
    3. Kaka ga ambil tur triberika ama sami, kenapa ka

    maap nanyanya banyak
    Terimakasih kak. Salam, Sandra

    1. Halo juga, salam kenal
      1. Dari bandara langsung ke Aurora village ga ada public transportation. Mesti arrange jemputan privat dari hotel atau lainnya.

      2. Muat, tapi kayaknya harus pake extra bed deh satu.

      3. Karena mahal dan ga tertarik. Tujuan utamanya cuma mau liat Aurora aja.

      Semoga membantu ya…

    1. Sekitar 3-5 juta tergantung season. Tapi sekarang ini mereka lagi promo. Kmrn intip di traveloka harganya ga sampe dua juta semalem

    1. Semoga bisa segera ke sini Fan. Bareng istri dan si kecil pasti keren banget deh fefotoan di dalemnya.

  17. Teh merek Rusia gitu dah….enak. Ntar kalau kita ketemuan, gue kasih satu deh. Satu biji 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!