Pelesiran Tiga Negara dengan Cheria Halal Cruise

Saya mengintip iri foto-foto milik sepupu saya yang dia posting di sosial media akhir tahun lalu. Di foto itu, dia sedang berada di dek kapal. Dek yang besar, di belakangnya ada waterslide yang sangat besar.

Selanjutnya dia membagikan video sedang berada di balkon kamar di pagi hari, sambil melihat deburan ombak di lautan dan menyesap secangkir teh hangat.

Lain waktu dia memposting keseruan saat berfoto di Penang, di beberapa mural street wall yang terkenal.  Ada pula foto waktu ia di pinggir pantai di Phuket, di tepian pantai yang berwarna hijau kebiruan dengan karang besar di belakangnya.

rusia visa-2

Rupanya, semua foto itu diambil waktu dia mengikuti Tour Naik Kapal Cruise  bareng Cheria Holiday Agustus lalu. Walaupun foto-fotonya diambil seadanya dan banyak blurnya, saya tetap mupeng dibuatnya.


Belakangan, pelesiran dengan kapal pesiar memang sedang booming. Banyak kawan saya yang telah menikmatinya, termasuk sepupu saya satu itu.

Kenapa sekarang banyak yang suka menikmati kapal pesiar?

Menurut alasan sepupu, dan saya menyetujuinya, dengan naik kapal pesiar, mereka bisa santai sambil memandang laut. Ga terburu-buru menuju destinasi sana sini. 

“Ga perlu pindah-pindah bawa koper, walau pergi ke tiga negara, Kak.” begitu alasan sepupu saya. 

Ia juga bisa menikmati fasilitas di kapal yang sudah mirip dengan fasilitas pusat hiburan besar, dan menikmati tidur di kamar yang nyaman seperti kamar hotel bintang lima. Cocok buat keluarga.

Kalau biasanya liburan ia mesti mencari moda transportasi, hotel, makan, dengan kapal pesiar ini, semua telah tersedia di dalam kapal. “Dapat makan, bisa main, bisa ke tempat wisata juga,” tuturnya.

Dengan sekali jalan, beberapa tempat terlampaui.

Benar juga ya, saya bisa ajak Mama saya buat menikmati kapal pesiar. Di usianya, menikmati perjalanan santai macam begini pasti berkesan. Apalagi dia punya asma, angin laut pastinya bagus buat dia.

Ah, jadi tambah mupeng. 

Aku udah liburan ke banyak tempat, banyak negara, Kak. Tapi cruise ini rasanya beda. Kakak mesti coba.
~sepupu saya

Karena sangat ingin merasakan pelesiran di atas kapal pesiar ini, saya langsung mencari tahu soal wisata cruise ini dan akhirnya pencarian saya berlabuh di situs milik Cheria Holiday. Travel yang sama yang digunakan sepupu saya tadi.

Saya tertarik karena slogan yang mereka tulis di sana adalah “Halal Cruise“.  Saya cukup concern soal masalah halal ini, apalagi soal makanan. Setiap travelling ke luar negeri, saya berusaha mencari makanan halal. Boleh intip isi blog saya ini, kebanyakan isinya soal mencari makanan halal.

Karena itu, ketika melihat jaminan halal yang diberikan Cheria Holiday, saya jadi tertarik. Di sana tertulis kalau Halal Cruise Cheria Holiday ini mengutamakan ketepatan waktu solat dan menjamin makanan halal selama pelayaran. Karena salah satu restoran yang ditawarkan di cruise ini sudah memiliki JAKIM Halal Certified cuisine. FYI aja, JAKIM ini semacam MUI-nya Malaysia gitu deh yang mengeluarkan sertifikat halal untuk pelaku industri.

Ditambah lagi, saya kemudian melihat video ini di Fanpage Facebook Cheria Travel.


Karena sepupu saya itu menggunakan Cheria dan  tante saya juga pernah menggunakan Cheria Holiday untuk tur ke Jordan-Aqsa-Mesir, saya cukup percaya pada travel ini. Ditambah lagi, kantornya di Jalan Tendean, dekat dengan rumah. Bisa saya samperin kalau penasaran. Plus saya temanan di FB dengan Pak Cheriatna, pemiliknya. *Ga ngaruh sih ini ya, tapi paling nggak saya lihat lah sepak terjang beliau di FB.*

“Mama maunya cruise Cheria, kak. Soalnya udah pake ini buat ke Jordan-Aqsa-Mesir. Cing Mimi juga pake buat ke Halal tour ke Eropa. Rekomen Kak, karena pasti makanannya halal. Solat juga ga ketinggalan karena pas waktu solat mampir ke masjid.”
Begitu testimoni sepupu saya.

Saya menghubungi nomer whatsapp 087885217393 milik Cheria Holiday yang tertera di website Cheria Holiday. Dan langsung mendapat respon yang cukup cepat dari tim operatornya. Hanya 10 menit kemudian, salah satu travel consultant Cheria Holiday menghubungi saya.

Cepet banget responnya.

Dari percakapan dengan Mbak Retno, sang travel consultant yang sangat kooperatif  dan sabar ditanya ini itu, saya mendapat jadwal Genting Cruise Dream dan tujuannya. Ternyata ada banyak tujuan yang ditawarkan Cheria Travel untuk rute Asia Tenggara, saya kira cuma satu. 

Begini rutenya.

  • 2N Singapura- Melaka (Port Dickson)
  • 2N Singapura- Port Klang
  • 2N Bintan Cruise
  • 5N Singapura- Kota Kinabalu -Pelawan (Puerto Princessa)
  • 4N Singapura- Penang-Phuket
  • 4N Singapura- Langkawi Phuket
  • 5N Singapura- Penang-Phuket-Port Klang
  • 3N Singapura- Penang-Langkawi
  • 5N Singapura- Penang-Langkawi-Phuket-Port Klang.

Banyak ternyata, kan? Sebenernya, ada juga sih paket wisata cruise untuk Middle East dan Eropa, tapi belum mampu rasanya kantong saya. Nantilah kalau yang Asia Tenggara ini sudah terwujud.

Oya, semua cruise Asia Tenggara di atas bermula dari Marina Bay di Singapura dan akan kembali lagi ke sana. Jadi bisa sekalian jalan-jalan di Singapura sebelum atau setelah berlayar.


Mbak Retno mengirimkan jadwal di bulan Juni-Agustus, sesuai permintaan saya. Karena di bulan-bulan itu cuaca paling baik untuk pelayaran. Menurut saya paling tidak :D. Nggak sih, alasan di bulan Agustus itu karena harganya biasanya lebih murah dari di bulan Juli dan saya tak punya jadwal travelling di bulan itu.

Setelah melihat jadwal dan rute yang cocok, pilihan saya jatuh pada rute Singapura-Penang-Phuket di tanggal 23 Agustus. Pas dengan tanggal libur saya dan mama. Lagipula tur ini dimulai dari hari Minggu sore sehingga bisa terbang ke Singapura di Sabtu sore atau Minggu pagi. FYI aja, ternyata setiap rute berbeda tanggal dan hari mulainya, jadi lebih baik tanya ke consultant travel dulu.

Dengan rute yang saya pilih begini saya bisa ajak mama berlayar sekaligus melihat Penang dan Phuket nantinya. Kami sudah pernah ke semua tempat itu, namun rasanya akan beda kalau dipadukan dengan berlayar di lautan lepas.

Oya, pelayarannya sendiri akan memakan waktu 4 hari 3 malam. Cocok lah buat saya dan mama. Tak terlalu lama di laut, dan tidak terlampau cepat juga.

Ini itenerary yang dikirimkan ke saya.

SUNDAY
Batas check in cruise Anda pada hari ini ada di jam 15.00 PM, kemudian Anda akan berlayar dengan Genting Dream Cruise dari Marina Bay Cruise Centre Singapura menuju Penang pada pkl. 17.00 PM.

MONDAY
Cruise akan sampai di Penang pada pkl. 13.30 PM. Bagi penumpang yang mengikuti shore excursions kota Penang akan turun kapal dan melakukan city tour. Bagi penumpang yang tidak turun, bisa bersantai dan menikmati fasilitas Genting Dream Cruise. Kapal akan kembali berlayar menuju Phuket pada pkl. 22.30 PM.

TUESDAY
Cruise akan sampai di Phuket pada pkl. 07.00 AM. Bagi penumpang yang mengikuti shore excursions Phuket akan turun kapal. Bagi penumpang yang tidak turun, bisa bersantai dan menikmati fasilitas Genting Dream Cruise. Kapal akan kembali berlayar menuju Singapura pada pkl. 15.00 PM.

WEDNESDAY
Cruise akan tiba di Marina Bay Cruise Centre pada pkl. 14.00 PM. Seluruh penumpang akan melakukan proses check out dan perjalanan berakhir pada hari ini.

Kalau lihat di situ, ada tulisan shore excursions kan. Nah, menurut Mbak Retno, ini adalah tur optional, jika ingin ikut bisa membayar tambahan uang. Kalau cerita sepupu saya sih, dia ikut tur karena dia membawa orangtua dan anaknya yang masih kecil. Sementara kalau saya mungkin nantinya akan jalan sendiri saja. Atau diam di kapal menikmati segala fasilitas yang ada.

Di Penang, saya bisa keliling melihat budaya peranakan yang berpadu dengan budaya Eropa. Ada kota tua Georgetown yang merupakan warisan dunia versi UNESCO, lalu foto-foto di mural street art yang instagramable di sana. Ke kuil Budha terbesar di Malaysia Kok Lak Sie Temple atau mengunjungi Penang Hill sebelum kembali ke kapal dan makan malam.

P1140489

P1140418

Sementara, di Phuket saya bisa keliling ke Old Town melihat beberapa Wat, atau hoping island ke beberapa pulau atau memandang sunset di Tanjung Promthep.

FB_IMG_1580037338892

Kalau ikut shore excursion seperti yang sepupu saya lakukan, salah satu destinasinya adalah destinasi halal. Misalnya saja Masjid Yameay di Phuket.


One Stop Luxury Travel

Halal Cruise yang ditawarkan ke saya ini menggunakan kapal Genting Dream Cruise. Sebenarnya ada beberapa jenis kapal pesiar di dunia, namun Genting Dream Cruise ini merupakan salah satu kapal cruise terbaik di dunia, yang telah mendapat banyak penghargaan. Salah satunya adalah penghargaan dari TTG Travel Awards sebagai Best Luxury Cruiseline. TTG Travel Awards ini adalah penghargaan bergengsi di dunia travel dunia.

Ini saya kutip sedikit soal Genting Dream Cruise dari websitenya Cheria Holiday.

Genting Dream Cruise adalah cruise line premium pertama di Asia. Kapal pesiar ini memiliki panjang 335 meter, alias tiga kali lapangan bola!
Kapal ini memiliki 18 lantai dan 1.674 cabin, sehingga mampu menampung 4.000 lebih penumpang. Kapal ini memiliki 35 restauran di dalamnya, yang menyajikan beragam menu, termasuk menu khusus untuk muslim. Kapal ini juga dilengkapi dengan fasilitas hiburan baik indoor dan outdoor.

Saya pertama kali lihat kapal pesiar Genting Dream Cruise ini waktu muter-muter di Marina Bay Singapura. Memang luar biasa besar, dengan kamar-kamar berderet-deret di sana. Dari luar terlihat seluncuran air. Kalau kata Cheria Travel, cruise ini adalah hotel bintang lima mengapung di laut. Kalau saya bilang, ini paket lengkap travelling.

Apa Saja Fasilitas di Genting Dream Cruise?

“Jangankan ikut shore excursion ke kota, diem aja di kapal udah enak, Kak. Mamaku aja pengen ikutan lagi kalau ada cruise”. ~ sepupu saya.
“Fasilitasnya lengkap. Kayak di hotel bintang lima, digabung ama mal dan taman bermain.” ~teman saya

Dari brosur yang dikirimkan Mbak Retno, saya melihat beberapa fasililtas gratis yang bisa dimanfaatkan penumpang Cruise Cheria Holiday selama pelayaran. Salah satunya adalah Waterslide Park alias wahana seluncuran air. Bukan hanya satu, ada 6 waterslide park yang ada di atas kapal Genting Dream Cruise ini. Bisa dibayangin deh betapa megah dan besarnya Genting Dream Cruises ini. Belum cukup di situ. Pencinta wahana air, juga dimanjakan dengan kolam renang dan jacuzzi.

Ini yang saya lihat di foto sepupu saya. Dia main seluncuran di sini. Bikin iri.

Album_Waterslide_Park_1
Salah satu waterslide di Genting Dream Cruise

Berada di atas kapal ini, saya nantinya juga bisa menikmati sarana olahraga super lengkap. Ada lapangan mini golf, tenis meja, lapangan untuk permainan bola, hingga instruktur senam yang siap setiap saat.

WDR_Mini-Golf-_-Ropes-Course_01
Mini golf

Buat mereka yang senang olahraga yang memacu adrenalin, di sini ada juga wall climbing dan flying fox. Saya sih, cukup liat dari bawah aja kalau urusan panjat-panjat begini.

WDR_Rock-Climbing-Wall_01
Wall climbing

Selain itu, ada pula fasilitas berbayar semacam Crystal Life Spa, area bowling yang glow in the dark. Dan ada juga Teater Zodiak yang memiliki 999 tempat duduk untuk menyaksikan pertunjukkan kelas dunia. Wow. Saya cuma pernah melihat teater besar di Venetian Macau, dan itu aja sudah membuat saya terpukau. Gimana dengan ini ya…

Oiya, buat yang doyan belanja, ada Duty Free Shop seluas 1.100 meter. Gede banget, lebih luas dari duty free yang biasa saya datangi di bandara Changi! Dan biasanya, di hari terakhir, ada clearence sale bazaar di sini. Bisa kalap saya.

Kamar Bak Hotel Bintang Lima

Setelah dapat jadwal yang cocok, yang kemudian harus saya pilih adalah kamar. Sama dengan menginap di hotel, di cruise pun ada macam-macam kamar. Sebenarnya ada 8 jenis kamar, namun ada 4 jenis kamar yang biasa dipilih oleh konsumen Cheria Travel Halal Cruise. Kamar itu adalah Inside Cabin (kamar tanpa jendela), Oceanview Cabin (kamar dengan jendela), Balcony Cabin (kamar dengan balkon menjorok ke laut), dan Balcony Deluxe Cabin (mirip dengan balcony kabin tapi lebih luas). Masing-masing kamar punya kamar mandi sendiri, dan fasilitas dalam kamar layaknya sebuah hotel.

Album17_Balcony_Stateroom
Balcony Cabin
Album10_OSS_Oceanview_Stateroom
Ocean View Cabin

Mbak Retno lantas mengirimkan saya video di bawah ini agar saya lebih mudah menentukan cabin mana yang mau saya pilih. Maunya sih pilih yang balcony cabin yaa, biar ketika buka pintu bisa langsung lihat laut dari kamar.

Nah, Mbak Retno juga bilang, kalau di Genting Dream Cruise ini ada 4 restoran yang bisa dinikmati secara gratis. Salah satunya adalah Lido Buffet Deck 16. Di sini ada menu Internasional, Vegetarian dan Halal Food. Seperti yang sudah saya singgung di awal, menu halal di sini sudah mendapat sertifikat halal dari JAKIM, MUI-nya Malaysia. Jadi ga usah khawatir. Mereka memisahkan peralatan untuk masakan halal dan non halal, bahkan mereka juga memisahkan lift makanan untuk makanan halal dan non-halal. Keren kan?

Menurut sepupu saya, menu yang disajikan adalan makanan khas Asia, mulai dari opor ayam, tandoori kambing, pari ayam pedas, ayam madu, gulai daging kawah, tempe goreng pedas dan lainnya. Selain itu, ada juga menu internasional halal, yakni sapi panggang, domba panggang, aneka jenis pasta, aneka kue dan makanan penutup lainnya. Ngiler ga tuh ngebayanginnya

Selama tur (kalau ikut shore excursion) juga akan diajak ke restoran halal, kok.

image-01
Sertifikat halal dari JAKIM di Genting Cruise Dream. Sumber: http://www.cheria-travel.com

Harga Mulai dari Empat Jutaan

Saya kira, harga Cheria Halal Cruise ini akan mencapai belasan juta per orang. Tapi ternyata nggak lho. Tour Naik Kapal Cruise Bareng Cheria Holiday dimulai dari harga empat jutaan rupiah aja.  Yaa, empat juta rupiah sodara-sodara untuk pelayaran 2 hari. Namun untuk rute Singapura-Penang-Phuket yang saya pilih, harganya dimulai dari harga SGD 920 atau 9 jutaan rupiah per orang. Kalau perginya ber-empat, harganya malah akan lebih murah. Dari hitung-hitungan yang diberikan ke saya, kalau saya ber-empat harganya jadi mulai SGD 490 atau sekitar 7 juta rupiah per orang.

Begini harga yang dikirimkan ke saya, untuk tur 4 hari 3 malam.

Inside Cabin
Basic orang ke 1+2 = SGD 920/pax
Basic orang ke 3+4 = SGD 460/pax

Oceanview Cabin
Basic orang ke 1+2 = SGD 1.180/pax
Basic orang ke 3+4 = SGD 590/pax

Balcony Cabin
Basic orang ke 1+2 = SGD 1.380/pax
Basic orang ke 3+4 = SGD 690/pax

Balcony Deluxe Cabin
Basic orang ke 1+2 = SGD 1.480/pax
Basic orang ke 3+4 = SGD 740/pax

Harga ini belum termasuk gratitude (tip) dan port charge yaa. Juga belum termasuk tiket pesawat. Bisa juga ambil paket komplet sekaligus pesawat, seperti yang dilakukan sepupu saya. Jadi nanti dijemput oleh Cheria Travel langsung di Bandara Soekarno Hatta.


Btw, kalau penasaran dengan Halal Cruise kayak saya,  ini bisa intip situsnya Cheria Holiday, atau hubungi whatsapp mereka. Atau gunakan aplikasi Cheria Express yang bisa diunduh di smartphone. Di situ bisa dilihat berbagai macam penawaran tur halal dari Cheria Travel.

Sebagai tambahan info, ini profile Cheria Holiday yang saya kutip dari website mereka.

Berdiri sejak tahun 2012 kami sudah melayani ribuan wisatawan dan peziarah dengan komitmen pelayanan terbaik dengan harga bersaing dan garansi kepuasan bagi para tamu kami.
Layanan kami mencakup kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup.
Untuk Tiket Cheria adalah Agen IATA baik Domestik maupun Internasional dan Untuk Layanan Haji Plus dan Umroh Cheria adalah Agen Resmi Barokah Madinah Tour & Travel dengan mendapatkan izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 20 Juli 2016 dengan nomor 368 tahun 2016.

kapal pesiar cruise halal

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

39 thoughts

    1. Pake paspor biasa Ay, dan karena ini di ASEAN, ga perlu visa. Kalo ga salah yaa…di kapal akan ada petugas imigrasi jadi ga ribet2

      Like

    1. Yang empat jutaan yang 2 hari 3 malam. Yg 4 hari (dgn rute yg aku pilih) 7 jutaan kalau ber-4. Worth it menurutku buat ngerasain cruise dengan fasilitas kayak gitu. *Makin semangat nabung

      Like

  1. Keren emang tulisan2 di jilbab backpacker. Infonya ngebantu banget terutama buat traveler yang ga terlalu berpengalaman kaya saya

    Like

  2. Inspiring!!
    lengkap banget infonya plus gak perlu khawatir akan ketersediaan makanan halal di manapun berada👍

    Jadi pengen plesiran bareng keluarga naik cruise atau kalo gak honeymoon-cruise dulu lah berdua ☺️😍… hehehe..
    aamiin yra semoga bisa tercapai

    Thanks for sharing Rahma 😘

    Like

  3. Waahhh seru banget ini pengalamannya naik kapal pesiar. Klo di pikir2, bener juga ya ngga usah repot2 bawa koper meski pergi ke banyak destinasi. Mudah2an bisa ngerasain wisata pake kapal pesiar suatu saat nanti

    Like

  4. Cheria Travel ini sangat agresif memberi pengalaman terbaik jasa travel, dan saban tahun rutin menggelar blogcomp.
    .
    Smoga selalu keren dan sukses

    Like

  5. Menyenangkan sekali.. aku bacanya sangat menikmati dan terasa aku ikutan jalan jalan juga.. memang ya jalan jalan tuh moment yang sangat baik untuk mengembalikan mood seseorang, apalagi jalan jalannya dengan travel yang sangat mengerti kebutuhan calon konsumennya seperti cheria travel, pas banget deh.. dapet semuanya

    Like

  6. Belum pernah naik kapal pesiar euy. Ngeliat kapal pesiar yg super keren Fasilitasnya ini bikin mupeng. Apalagi dgn jaminan halal. Pastinya bikin hati makin tenang. Keren sih ini ceria halal cruise.

    Like

    1. Betul. Selama ini kalau makan di hotel internasional hitu mesti liat-liat menu. Kalau udah ada jaminan halal, jadi ga ragu ngabisin makanan di situ #eh

      Like

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s