Azerbaijan: Negara Mayoritas Muslim yang Tak Islami

“They think you are from Kazan,” kata Syahriar, teman couchsurfing yang menemani saya selama di Azerbaijan, setelah beberapa warga lokal penasaran dan menyapa Syahriar dalam bahasa Azeri.

Ya, kebanyakan warga Baku yang bertemu saya di Baku Boulevard sore itu mengira saya dari daerah muslim di timur Rusia itu.

Sore itu saya memang diajak Syahriar jalan-jalan di Baku Boulevard, sebuah tempat di tepian Laut Kaspia sambil memandangi Flame Tower di kejauhan. Lumayan banyak orang berlalu-lalang sore itu, termasuk beberapa orang pasangan yang duduk di undakan pendek dari beton. 

Why?” saya bertanya balik, sambil ikutan duduk di undakan. Ge-eR karena disamakan dengan gadis Rusia yang cantiknya luar biasa.

Because your face does not look like Arabic but you are wearing that. Azeri not wearing that,” kata dia lagi sambil menunjuk ke jilbab saya. 

Baru kali ini mereka benar. Biasanya, saat traveling saya sering disangka berasal dari Arab karena memakai jilbab. Padahal hidung saya pesek begini.

Solo Backpacking di Azerbaijan
Salah satu sudut Baku Boulevard

Baca Juga: Can You Speak Arabic?


Sejarah Azerbaijan: Dari Arab Hingga Uni Soviet

Pembicaraan singkat itu membuat saya penasaran dengan sejarah Islam di Azerbaijan. Ternyata pada abad ke 7-8, kekaisaran Arab sudah menguasai Azerbaijan, meletakkan dasar Islam di negeri pecahan Rusia ini. Baru kemudian pada abad ke-11, Azerbaijan dikuasai kerajaan Selcuk dari Turki.

Penguasaan Turki boleh dibilang paling berpengaruh terhadap budaya dan bahasa Azerbaijani masa kini. Hingga kini, Azeri (begini penduduk Azerbaijan menyebut diri mereka) masih menggunakan bahasa yang berasal dari rumpun bahasa Turkish. 

Turkic Language, begitu sebutan rumpun bahasa ini.  Beberapa kosa kata sama dengan kosa kata Turki, walau banyak juga yang berbeda. Mirip lah seperti Bahasa Indonesia dan Malaysia yang berasal dari rumpun bahasa Melayu. 

Baca Juga: Tempat Wisata di Baku Azerbaijan yang Cocok Bagi Muslim Traveller

Setelah lepas dari penguasaan Turki, Azerbaijan sempat berada di bawah pengaruh Timur Lenk dari Uzbekistan dan juga kerajaan Iran. Barulah di tahun 1840, Uni Soviet menginvasi negara ini dan menjadikan Azerbaijan negara bagiannya hingga keruntuhan Uni Soviet di tahun 1990-an. Sejak itu, Azerbaijan menjadi negara kaya yang merdeka.

Perjalanan Islam yang panjang di sini membuat fondasi Islam di Azerbaijan sebenarnya cukup kuat. Apalagi menurut data dari Aljazeera.com, 93 persen penduduk Azerbaijan memeluk agama Islam.  Tapi itu cuma di atas kertas. Kehidupan islami tak terasa sama sekali di sini. Paling tidak itu yang saya rasakan selama 3 hari berada ibukota Azerbaijan, Baku.

Seperti yang Syahriar katakan, jarang ada penduduk Azerbaijan yang berhijab. Bahkan ia tak tahu istilah hijab. Ia hanya menunjuk ke kepala saya, sambil berkata “your head cover.”


Masjidnya Tutup!

Menurut artikel dari Al Mesbar, salah satu komunitas Islam di Azerbaijan, pengaruh sekuler Soviet masih sangat terasa di sini walau sudah lebih baik dari dulu. Ketika di bawah kekuasaan Uni Soviet, masjid-masjid dihancurkan, hanya ada 13 masjid yang tersisa. Sekarang di Azerbaijan ada 3.500 masjid, yang dibangun pasca Azerbaijan merdeka dari Uni Soviet sekitar tahun 1990-an.

Namun ketika saya minta diantar solat ashar di masjid, Syahriar tampak bingung dan akhirnya mengajak saya ke salah satu masjid bergaya Turki di kawasan yang dekat dengan Flame Tower. Sayangnya masjid berwarna cokelat yang bernama Mosque of The Martyrs yang dibangun oleh pemerintah Turki itu tak dibuka, padahal masih masuk jam salat. Ketika saya tanya, dia malah tak tau jadwal salat kapan saja dan azan itu seperti apa.

I heard that voice sometimes, and I heard it also in Turkey. Its same voice, ” katanya soal azan. Saat saya cerita kalau azan itu sama di seluruh dunia termasuk di Indonesia, dia agak kaget. Wajar saja kalau Syahriar jarang mendengar azan, rumahnya jauh dari masjid dan menurut peraturan tak tertulis di Azerbaijan, azan hanya boleh terdengar dengan radius maksimal 1km. 

Baca Juga: Lokasi Syuting Film Layla Majnun

DSCF8059.JPG
Masjid yang ada dekat Flame Tower. Ditutup saat saya mau solat di sana.

Ada Bir di Mana-Mana

Do you drink beer?” tanya Syahriar ketika kami makan Borscht, sup tomat khas Ukraina di sebuah warung kecil di dekat 28 May Street. Warung kecil yang mirip dengan warung ayam geprek dekat rumah saya. Di area 28 May ini memang banyak terdapat restoran, mulai dari resto mahal hingga warung sederhana seperti yang kami datangi.

Saya langsung menggeleng, menolak tawarannya. Syahriar juga tak mium bir rupanya, namun di menu ada beberapa jenis bir. Mengingatkan saya dengan warung-warung makan di Bali yang sering menjajakan bir. 

Di kota Baku, bir dijual bebas di mana-mana, termasuk di warung-warung makan pinggir jalan. Mereka tau muslim tak boleh minum bir,  namun mereka tampaknya sudah terbiasa dengan minuman itu. Kabarnya, mereka punya pabrik bir yang lumayan terkenal, Xindalan, dan juga pabrik wine besar di daerah pedesaan di utara Azerbaijan.

Halal food bukan sesuatu yang penting bagi mereka, meskipun menurut Syahriar, mereka tak  mengkonsumsi barang haram seperti babi dan sebagainya. Tiga hari di sini, saya bolak balik ke supermarket dan tak menemukan makanan dengan label halal. Namun dari yang saya baca di salah satu situs berita, semua daging yang ada di sini mesti melewati standardisasi halal. Jadi saya tak perlu khawatir makan di sana.

Cara berpakaian mereka juga sangat kebarat-baratan. Kehidupan Rusia memang masih sangat terasa di negara Kaukasus itu. Balet, opera, dan anak-anak yang berseliweran untuk kursus biola jamak ditemukan di mana-mana.

Di hari kedua di sana, saya diajak Syahriar ke sebuah pantai di tepian Laut Kaspia. Warga lokal memenuhi tempat wisata itu. Saya agak terkejut karena semuanya memakai bikini, dan menurut kawan saya, itu hal yang wajar saja di sana.

DSCF8223.JPG

Busana sehari-hari Azeri

DSCF8229.JPG
Sudut lain Baku

Saya pikir, ini karena negara ini terlalu lama dikuasai Uni Soviet sehingga sulit melepaskan diri dari pengaruh sekularisme. Namun ketika saya berkunjung ke Uzbekistan, yang sama-sama pecahan Uni Soviet, saya merasakan atmosfer yang berbeda. Nuansa Islam lebih kental terasa di sana. 

Namun saya hanya ada di sana selama tiga hari, belum bisa melihat kehidupan sebenarnya di sana. Mungkin saja, hanya Syahriar yang terlalu sekuler, tak mengerti agama. Atau mungkin, kebanyakan dari mereka memang tak mau mencampurkan urusan agama dengan kehidupan sehari-hari.

Seperti yang Ali Hasanov (Deputi Presiden Azerbaijan Bidang Politik, Publik, dan Media) katakan kepada detik.com sewaktu wartawan mereka berkunjung ke Azerbaijan tahun 2018 lalu, “Kami muslim. Tapi kalau kami puasa, salat, pergi ibadah, semua untuk kami. Seikhlasnya untuk kami sendiri. Kami tak mau perlihatkan pada orang lain.”

Baca Juga: Solo Backpacking ke Azerbaijan: Menikmati Laut Caspia di Baku Boulevard

Comments

  1. Hai ka,ak di perkenalkan Azerbaijan dari kk ak yg ambil S3 disana.iya memang masih sangat kebarat2tan.kk saya suka di ajak teman kantornya ntn Opera .jarang sekali wanita berhijab.pegunungan khinalik saat salju indah .tp Alhamdulillah orang orang nya ramah .pengen rasanya berkunjung kesana

  2. Thanks kak atas infonya, bermanfaat bnget buat pengetahuan umum, btw adakah negara Islam pecahan Soviet yg sekuler kya Azerbaijan?

    1. Negara yang mayoritas Islam pecahan Soviet itu Azerbaijan, Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan, ama Uzbekistan. Aku belum pernah ke lainnya selain Uzbekistan dan Azerbaijan, setahu aku Kazakhstan itu menganut paham sekuler. Tapi karena belum pernah ke sana, jadi ga tau realnya gmn.

  3. Assalamu’alaikum… Wahhh mbak sy jg pingen jln2,, kesana,, nanti klu mau traveling lg mdah2hn bsa barengan ya…

  4. Saya ke blog ini krn penasaran, dgn Azerbaijan, apakah sama dgn Turky, kebetulan sy suka mendalami budaya Turky, org2nya, makannya dsb. Ternyata sangat berbeda,terlebih stlh menonton film Layla majnun, melihat pribumi sana tdk memakai hijab. Oh, baik, apakah disana penduduk syiah?

    1. Kalau liat dari sumber di internet, Azerbaijan ini negara syiah terbesar kedua setelah Iran. Tapi di Iran, walaupun syiah, terasa taat mereka ibadahnya (dengan versi mereka tentunya). Kalau Azerbaijan lebih sekuler.

    1. Saya liat blog ini ,karena saya nge fans banget sama penyanyi duo kembar rauf & faik yg berasal dari sana..malah mereka keliatan kental banget beribadah dan rasa bersyukurnya..

      1. iyup mbak, ga semuanya sekuler juga. seperti yang saya tulis di kalimat akhir, mungkin aja orang yang saya ketemu itu orang yang sekuler. Seperti di Turki aja, banyak yg sekuler tapi banyak juga yang taat banget.

  5. Saya ke blog sini,setelah nonton film Layla Majnun,kaya film laskar pelangi Belitung jadi salah satu destinasi wisata,mudah mudahan bisa ke ajerbaijan

  6. buka blog ini krn aku dkt sama cowo asal azerbaijan sudah 7bulanan lebih dan tiba2 ia mengajak menikah padah kita selama komunikasi blm pernah ketemu lagsung hanya via chat dan videocall namun memang orangnya baik karena sblumnya saya hanya tau negara itu dari perkataan dia aja jujur saya gatau negara ini karena dia mengajak menikah namun saya harus mencari taunya sampe akhirnya ketemu blog ini,yaa masukan bgt sblm saya mengambil keputusan antara ya dan tidaknya,ceritanya menarik sekali

    1. Makasih udah mampir di sini mbak. Tapi ini ga berarti semua org Azeri begini ya mbak. Mgkn calonnya mbak beda.

      Tapi saran saya sih, ketemulah sekali sebelum memutuskan nikah mbak. Ajak dia ke sini.

  7. Menarik banget memang kalau ngomongin islam di berbagai negara, fenomena dan kebiasaannya beda-beda dan dipengaruhi banyak hal. Kalau di Azerbaijan gini, berarti berasa jadi minoritas di negara muslim ya hahaha

    1. Beneer….aku doang yang pake jilbab. di negara pecahan rusia lain kayak uzbek atau Turki yang sempet sekular, biasanya yg tua pake jilbab. Ini yang aku ketemu nggak pake jilbab semua. 😀

  8. menarik sekali ceritanya kak… memang hampir tidak ada wanita yang berhijab di azerbaijan.. saya kebetulan punya teman orang azerbaijan, tapi dia dan kerabatnya memang dari dulu pakai hijab dan menganut Islam (Syiah). ya bagaimana lagi, banyak orang dari ex uni sovyet di sana. bahasa azeri dan bahasa rusia pun lazim digunakan bersama. walaupun begitu seni dan tradisi mereka cukup terpelihara ya seperti perayaan nowrooz.

    1. Yes mbak, uni sovietnya masih berasa banget. Beda dengan Uzbekistan yang walaupun juga sama-sama ex Uni Soviet tapi nuansa Islamnya terasa.

      1. maaf ,mbak ,kalo sya lihat dri berbagai sumber , uzbekistan dan azerbaijan pondasi agamanya beda mbak, azerbaijan kan itukan syiah , maaf setahu saya syiah itu bukan islam ,karna ,rujukan kitabnya beda, bukan aquran dan hadits dan menganggap ali bin abi thalib itu nabi. insyaallah kalo sumber ajaran islamnya benar dari alquran dan hadits , sesekuler dan sesekomunis apapun yg diwariskan uni soviet, nikmatnya iman dan kedamaian islam sulit utk dihilangakn. contohnya turki,kosovo,bosnia,uzbek,turkmenistan,kazakhstan yg nuansa islamnya masih kuat,

    1. Bisa jadi….tapi bisa juga pemerintahannya lebih fokus ke pembangunan infrastruktur, soalnya di mana-mana lagi ngebangun gedung2 bagus buat menarik wisatawan

  9. Unik juga yaaa… Tapi ttp bikin aku jd penasaran mau melihat lgs kehidupan Azerbaizan ini.. :). Sayang banget kalo mesjidny hanya utk sekedar ‘pajangan’ dan ga dipakai utk ibadah..

      1. Tulisan ini published Dec-2019, kapan berkunjung ke Azerbaijan…banyak WNI lho disini…
        Kalo mau tau tentang Azerbaijan, Istri saya semenjak Lockdown membuat channel Youtube… Nama Channel nya “Lia Herlin”.

        Akan kami update info2 terbaru tentang Azerbaijan ya….

        1. Saya ke sana bulan juni 2019. Sempet kontak tiga org WNI di sana, yang dua ga ngerespon, yang satu lagi ternyata udah balik ke Indonesia. Akhirnya aku nyari temen orang sana deh.

          Semoga bisa ke sana lagi….ntar aku kontak masnya yaa kalau mau ke sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!