Begini Cara Menuju Shirakawago dari Tokyo

Shirakawago adalah tujuan utama trip saya bersama Mama ke Jepang. Karena itu, dari Tokyo, saya langsung mencari cara menuju Shirakawago.

1010-2019-011692531309695960865-01

Tidak ada transportasi langsung dari Tokyo menuju Shirakawago. Saya harus menuju Kanazawa atau Takayama dulu, lalu mengambil bus dari sana menuju Shirakawago. Setelah gugling sana-sini, akhirnya saya memutuskan untuk menginap di Kanazawa dua hari, lalu besok pagi-paginya baru berangkat menuju Shirakawago. Agar Mama tak terlampau capek dan agar bisa menikmati Kanazawa terlebih dahulu.

Kenapa memilih Kanazawa, bukan Takayama? Keduanya sama-sama kota yang menyenangkan. Takayama adalah kota yang lebih kecil dari Kanazawa, namun lebih dekat ke Shirakawago; jarak dari Takayama ke Shirakawago sekitar 1 jam, sementara dari Kanazawa ke Shirakawago sekitar 1,5 jam. Namun entah mengapa harga dari Takayama  ke Shirakawago lebih mahal daripada harga bus dari Kanazawa ke Shirakawago. Perbedaan sekitar 1200 yen (pp) inilah yang membuat saya memutuskan untuk tinggal di Kanazawa saja.

Baca Juga: Backpacker ke Jepang: Penginapan di Kanazawa


Dari Kanazawa, saya tinggal menggunakan Nohi and Hokutetsu Bus  untuk menuju Shirakawago. Tiket bus bisa dibeli online di Japan Bus Online atau bisa membeli on the spot. Saya memilih membeli online karena takut kehabisan tiket.  Harganya memang lebih mahal ketimbang beli langsung di stasiun. Di stasiun, harganya 1800, sementara jika di online harganya 2000 yen.

Tapi kalau jadwal kalian fleksibel banget, bisa sih langsung beli di bus ticket counter yang ada di East Gate Stasiun Kanazawa. Di dekat deretan bus-bus, di tempat beli semua tiket bus.

Bus Kanazawa to Shirakawago.jpg
Foto: kanazawastation.com

Oya, JR Pass nggak mengcover bus ini, tetap mesti bayar. Namun bisa dicover oleh Hokuriku Area Tourist Pass.

Bus ini ada setiap satu jam sekali.  Sekali perjalanan dari Kanazawa menuju Shirakawago kurang lebih sekitar 75 menit. Saya waktu itu ambil bus paling pagi (jam 08.10), sampai di Shirakawago pukul  10.25 dan kembali pukul 16.00 sore. Jadi, kurang lebih sekitar 5 jam deh saya berkeliling Shirakawago. Pas lah…

Baca Juga: Restoran dan Makanan Halal di Jepang

 

Author: rahma ahmad

Lulusan arsitektur universitas Indonesia yang melenceng jadi jurnalis di sebuah media. Penikmat keindahan vista dan kata-kata. Pencinta sejarah, bangunan, dan budaya. Pemakai jilbab dan selalu bangga dengan identitas Islamnya.

4 thoughts

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s