Cara Menuju Shirakawago dari Tokyo

Shirakawago adalah tujuan utama trip saya bersama Mama ke Jepang. Karena itu, dari Tokyo, saya langsung mencari cara menuju Shirakawago.

Cara Menuju Shirakawago dari Tokyo

Tidak ada transportasi langsung dari Tokyo menuju Shirakawago. Saya harus menuju Kanazawa atau Takayama dulu, lalu mengambil bus dari sana menuju Shirakawago. Setelah gugling sana-sini, akhirnya saya memutuskan untuk menginap di Kanazawa dua hari, lalu besok pagi-paginya baru berangkat menuju Shirakawago. Agar Mama tak terlampau capek dan agar bisa menikmati Kanazawa terlebih dahulu.

Kenapa memilih Kanazawa, bukan Takayama? Keduanya sama-sama kota yang menyenangkan. Takayama adalah kota yang lebih kecil dari Kanazawa, namun lebih dekat ke Shirakawago; jarak dari Takayama ke Shirakawago sekitar 1 jam, sementara dari Kanazawa ke Shirakawago sekitar 1,5 jam. Namun entah mengapa harga dari Takayama  ke Shirakawago lebih mahal daripada harga bus dari Kanazawa ke Shirakawago. Perbedaan sekitar 1200 yen (pp) inilah yang membuat saya memutuskan untuk tinggal di Kanazawa saja.

Baca Juga: Backpacker ke Jepang: Penginapan di Kanazawa


Bus dari Tokyo ke Kanazawa

Untuk menuju Kanazawa dari Tokyo, saya menggunakan overnight bus alias bus yang berangkat malam. Selain mengirit waktu, juga mengirit bujet penginapan. Tapi untuk yang membawa orang tua, saya ga sarankan hal ini. Seperti yang saya alami, ternyata ibu saya tak bisa tidur di bus dan agak kelelahan jadinya.

Ada dua jenis bus yang terpercaya dan sering dipakai orang, yakni JR Bus dan Willer Express. Saya memilih Willer Express karena sudah pernah naik sebelumnya sehingga tahu kualitasnya. Saya membelinya via situs resmi mereka, dan mendapatkan harga sekitar 5.000 yen atau sekitar 650 ribu rupiah.

Bus Willer Express ini berangkat dari beberapa titik yakni Disneyland, Narita, dan Shinjuku Expressway Bus Terminal. Ada tiga jadwal bus malam. Yang pertama berangkat pukul 21.55 dan sampai di Kanazawa Station 5.35 pagi. Yang kedua berangkat pukul 23.15 dan sampai di Kanazawa Station pukul 7.55. Bus terakhir pada pukul 23.45 dan sampai di Kanazawa pukul 8.15

Untuk tau jadwal lengkap dan harga bisa klik di website Willer Express ya….

Bus dari Kanazawa ke Shirakawago

Dari Kanazawa, saya tinggal menggunakan Nohi and Hokutetsu Bus  untuk menuju Shirakawago. Tiket bus bisa dibeli online di Japan Bus Online atau bisa membeli on the spot. Saya memilih membeli online karena takut kehabisan tiket.  Harganya memang lebih mahal ketimbang beli langsung di stasiun. Di stasiun, harganya 1800, sementara jika di online harganya 2000 yen.

Tapi kalau jadwal kalian fleksibel banget, bisa sih langsung beli di bus ticket counter yang ada di East Gate Stasiun Kanazawa. Di dekat deretan bus-bus, di tempat beli semua tiket bus.

Bus Kanazawa to Shirakawago.jpg
Foto: kanazawastation.com

Oya, JR Pass nggak mengcover bus ini, tetap mesti bayar. Namun bisa dicover oleh Takayama-Hokuriku Area Tourist Pass.

Bus ini ada setiap satu jam sekali.  Sekali perjalanan dari Kanazawa menuju Shirakawago kurang lebih sekitar 75 menit. Saya waktu itu ambil bus paling pagi (jam 08.10), sampai di Shirakawago pukul  10.25 dan kembali pukul 16.00 sore. Jadi, kurang lebih sekitar 5 jam deh saya berkeliling Shirakawago. Pas lah…

Baca Juga: Seharian di Shirakawago

Untuk itenerary selama di Jepang, bisa baca di Itenerary ke Jepang (Tokyo-Kyoto-Kanazawa-Shirakawago)

Makanan halal di Jepang, bisa lihat di Restoran dan Makanan Halal di Jepang

Comments

  1. Halo Kak Rahma…
    Tks infonya ya.. Kebetulan sy ada rencana kesana Feb ini. Boleh tanya Mbak, bus dr Tokyo ke Kanazawa naiknya bisa dari Shinjuku ? Atau harus ke Disneyland?

  2. Mbaksay mau tanya cara beli tiketnya gimana ya buat pp kRena saya buka di web hanya ada kanazawa ke sirakawa saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!