Cara Membuat Visa Turki (Update 2022)

Update terbaru: Sekarang ini tak perlu lagi membuat visa Turki buat orang Indonesia. Tinggal bawa paspor dan masuk seperti halnya berkunjung ke negara ASEAN.

Perjalanan solo travelling saya ke Oman, Turki, Azerbaijan, Georgia, dan Uzbeksitan di bulan Juni lalu menyebabkan saya mesti menyiapkan banyak visa sebelum berangkat. Salah satu yang saya harus lakukan adalah membuat Visa Turki.

Ini kali ketiga saya ke Turki. Yang pertama, apply visa di Kedutaan Turki di Jakarta. Kedua dan ketiga saya pakai e Visa, alias membuat visa Turki secara online.

Cara membuat Visa Turki ini ga susah kok. Lebih susah nyari jodoh. Hanya butuh koneksi internet dan kartu kredit. Begini caranya.

Kalian juga bisa membaca cara membuat Visa Panduan Membuat Visa Azerbaijan di sini

1. Masuk ke situs resmi Visa Turki

Situs resmi E Visa Turki
Situs resmi E Visa Turki

Situs resmi untuk membuat e Visa Turki adalah https://www.evisa.gov.tr/en/ . Banyak situs yang mirip-mirip dengan ini, namun situs yang di atas ini adalah satu-satunya situs resmi. Hati-hati dengan website lain yang palsu dan hanya ingin mengambil data dan uang dari si peng-apply. Biasanya, situs palsu ini mengenakan biaya visa lumayan mahal, di atas satu juta rupiah.

Tampilan dan gambar di situs resmi ini bisa jadi berubah,tidak sama seperti yang ada di foto di atas. Tapi yang perlu diingat adalah, situs resminya selalu diakhiri dengan .gov.tr

2. Klik Apply

Mengisi visa Turki online

Langkah kedua adalah klik tombol #1 Apply yang ada di sebelah kiri (di foto di langkah 1). Setelah tombol itu diklik, akan muncul halaman seperti foto di atas.

  • Country/region: Isi Indonesia
  • Travel document: ordinary passport
  • Security verification: isi sesuai kode yang ada di bawahnya. Kalau di foto ini kodenya peRECY

Lalu klik save and continue

3. Isi Tanggal Kedatangan

Mengisi visa Turki online

Setelah itu, akan muncul halaman yang berisi tanggal kedatangan. Kalau saya sih, selalu mengisinya dengan tanggal tiga hari sebelum mendarat. Misalnya saya akan mendarat di Istanbul tanggal 27 Agustus 2019, maka saya isi tanggal kedatangan dengan 24 Agustus 2019.

Kenapa mesti dua atau tiga hari sebelumnya? Untuk jaga-jaga aja, siapa tahu ada reschedule pesawat tiba-tiba dan kedatangan saya dimajukan sehari atau dua hari. Jangan khawatir, masa validasi e-visa ini berlaku enam bulan dari tanggal kedatangan. Jadi kalau di e-visa tertera tanggal kedatangan 24 Agustus 2019, maka e -visa ini masih bisa dipakai untuk kedatangan hingga tanggal 24 Januari 2020

Pernah ada kejadian ketika saya ke Turki sebelumnya, ibu di depan saya ditolak masuk karena pesawatnya maju setengah hari. Akibatnya dia mesti menunggu di imigrasi selama setengah hari.

3. Isi Data Pribadi

Cara Membuat E Visa Turki
Cara Membuat E-Visa Turki

Setelah itu akan muncul halaman data pribadi. Isi sesuai data kalian, jangan pakai data teman apalagi mantan pacar. Yang penting diingat adalah given/first name dan surname yaa.  Jangan ketukar seperti punya saya hingga akhirnya saya mesti senyum manis ke petugas imigrasi Turki yang ganteng.

  • Given/First Name(s): nama depan (kata pertama). Misalnya nama saya kan Rahma Ahmad. Ya nama depan saya adalah Rahma. Kalau namanya ada tiga kata, misalnya Rahma Mawar Ahmad, maka yang ditulis di first name itu adalah Rahma Mawar.
  • Surname(s): nama belakang (kata terakhir). Kalau ga punya nama belakang, alias namanya cuma satu kata aja, kosongin aja. 

Setelah itu tinggal bayar sejumlah 35 USD (plus 1.05 biaya administrasi) via kartu kredit. Tunggu deh email dari Republic of Turkey yang menyatakan bahwa e Visa sudah jadi dan siap diunduh dan dicetak.

Ingat, mesti dicetak ya, bukan cuma disimpan di hape aja karena lembaran visa ini akan distempel dengan stempel kedatangan dan akan diminta saat keluar.

Baca Juga: Transportasi dari bandara baru Istanbul

Tip Membuat Visa Turki

  • Masa validasi E Visa Turki ini adalah enam bulan dari tanggal kedatangan yang diisi, dan bisa digunakan untuk keliling turki selama 30 hari. Jadi, kalau tanggal kedatangan yang ada di e visa adalah 24 Agustus 2019, maka masih bisa dipakai untuk kedatangan hingga 24 Januari 2020. Masa kedatangan yaaa, bukan di Turki bisa selama itu. Di Turkinya tetap maksimal 30 hari, jadi kalau lebih dianggap overstay.
  • E Visa Turki ini sifatnya single entry , jadi kalau mau masuk Turki lagi setelah jalan-jalan ke negara tetangganya, mesti apply dua visa Turki yang berbeda.

Selamat jalan-jalan ke Turki!

Baca Juga: 8 Aplikasi yang Penting Saat Wisata ke Turki

29 Comments

  • Koes

    Mbak sy rencana mau ke turki awal november in syaa Allah. Tp gak ada tmn dsana buat nanya. Ada kenalan yg bs sy hubungi gak kl sewaktu-waktu pengen nanya2.

  • Loka

    Hi kak mau tanya, aku udah isi data informasi yang diminta lewab web. Tapi belum juga dapet email buat pembayaran. Apa memang nunggu dulu nggak langsung dapet email? Kira2 berapa lama kak Makasih kak.

    • rahma ahmad

      Halo, Kak.
      Pembayarannya langsung saat itu juga, di tahap akhir akan diminta memasukkan pembayaran via CC atau debit (yang sdh diregistrasi di bank). Emailnya itu isinya link visa yang sudah jadi, jadi tinggal klik link itu dan download visanya.

    • Reza Nur Firmansyah

      Izin bertanya, kaka.
      Saya sudah membuat e-visa untuk ke Turki dengan jenis Single Entery. Berlaku dari 23 September 2021 – 21 Maret 2022. Rencana kunjungan saya ke Turki itu 23 – 28 September 2021. Namun sebelum berangkat, ketika saya tes pcr, hasilnya positif. Sehingga saya tidak jadi berangkat. Saya ada rencana lagi untuk berangkat ke Turki bulan Januari 2022. Apakah saya harus membuat e-visa yang baru? Atau cukup dengan e-visa yang saya punya sekarang…

  • Meetha

    Makasi mba untuk infonya sangat bermanfaat, sblmnya e-visa sy ke turki yg apply temen, skrg mau coba apply sendiri, tp masih ragu mba, kalo untuk bayi gimana? Ttp sendiri brarti mba yaa, atau bisa digabung dg saya? Mohon penjelasannya karna 22 maret ini mau berangkat kesana

    • rahma ahmad

      Halo Mbak, saya belum pernah coba. Tapi menurut info dari teman-teman saya, applynya nggak bisa digabung. Harus sendiri si bayi.

          • Aamethyst

            Kak berarti kalau mau stay lebih dari 30 hari bisa keluar turki lalu buat evisa baru dan masuk kembali Ke turki atau cuman bisa stay 30 hari dalam 180 hari dan tidak bisa bikin e-visa baru sampai setidaknya 180 hari?

      • Kiesha

        Mba maaf mau tanya, untuk e visa berlaku selama 6 bulan, tapi kita hanya boleh di area Turki selama 30 hari, atau bagaimana ya? Terimakasih..

        • rahma

          Halo Mbak Kiesha,

          Iya betul mbak. Di Turkinya makismal 30 hari. Tapi visanya bisa dipakai untuk masuk turki dari tanggal berlaku sampe 6 bulan ke depan. Misalnya nih visa mbak berlaku dari tanggal 1 januari. Berarti mbak bisa pakai visa itu (satu kali) hingga 30 juni. Tapi, visa ini single entry mbak. Jadi kalau udah keluar Turki, ga berlaku lagi visanya.

  • erwadi

    izin bertnaya mbak
    1. apakah evisa buatnya per orang, atau bisa kolektif.
    2. untuk kolom adress diisi sesuai alamat di paspor atau KTP karena di paspor lebih ringkas alamatnya.
    3. apakah pembayaran evisa bisa menggunakan kartu debit yang berlogo visa

    • rahma

      1. Per orang Mas, satu-satu masukin namanya.
      2. Yang di paspor gpp, karena ga akan dicek juga sih ama mrk.
      3 .Nah ini yang saya ga tau Pak, tapi ada yg bilang kalau kartu debitnya bisa dipakai beli barang online, berarti bisa dipakai juga.

      Semoga membantu…

  • robertus chandra wasiparwendo

    kalau mau bikin visa/e visa tuh brapa hri/bulan sebelum kedatangan ya mbak?
    punten..kalau saya mau ke yunani nanti bulan Maret 2020 (tiket sudah beli)….trus kapan bisa bikin ngurus visa/e visa nya…bisa kah diurus sekarang? (oktober 2019).
    haturnuhuun…

    • rahma

      Sebulan masih bisa Pak, cepet kok jadinya visa Turki ini.
      Nah, kalau visa schengen Yunani saya kurang paham, belum pernah urus visa Schengen dari Yunani :D.
      Tapi setau saya, jadwal visa di sana sangat padat. Jadi sebaiknya kalau buat bulan Maret, dari bulan Desember bapak sdh telp ke kedutaannya untuk minta jadwal apply visa. Nanti mereka yang nentuin kapan bapak bisa masukin berkas, sesuai keberangkatan bapak.

      • robertus chandra wasiparwendo

        maturnuwuuun sangeet mbaak rahmaaa…Tuhan memberkati mbak Rahma…yang senantiasa memberi pencerahan, menuntun kami yang “buta” tuk mulai travelling belajar ttg budaya dan kehidupan ini ..

      • Robertus Chandra

        maturnuwuun sangeet mbak Rahmaa..ini baru ngumpulin semua cerita mbak rahma yang ke iran…berminat banget rasanya he he he he

  • SARIF HIDAYAT

    Mudah banget ya, seperti buat indomie 😀 wkwk

    Tahu blog ini sejak tahun 2018 lalu waktu mau pertama kali piqnik ke LN. Tulisannya sangat mengalir sekali enak dipahami. Jujur kalau sedang boring kerja aku sering buka ini blog sekedar baca-baca.

    Eh ternyata betul sangat bermanfaat, pas ke KL bulan kemarin jadi sangat menyenangkan.

    Sukses selalu kak rahma!, lancar terus rezekinya supaya bisa terus mengobarkan semangat travelling ke luar negeri hehe dan dimudahkan Jodohnya. Aamiin

    Kalau ke jogja, kabar2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!