Pengalaman Klaim Bagasi Rusak di Asuransi Zurich


Awal tahun ini, saya beli asuransi perjalanan tahunan Zurich di Futuready. Zurich Worldwide Silver Passport namanya. Harganya sekitar 1.5 juta tapi karena diskon saya hanya bayar sekitar 1 juta aja.

Saya selalu beli asuransi perjalanan tahunan. Sebelumnya saya punya Axa Mandiri, tapi karena denger soal klaim yang susah dan ribet, saya ganti ke asuransi perjalanan Zurich aja. Dan karena dalam setahun saya beberapa kali pergi, jadi lebih murah beli yang tahunan ketimbang per pergi.


Jadi ceritanya roda koper saya patah di bagasi Uzbekistan Airways antara Tashkent-Istanbul. Karena ga ada perwakilan Uzbek Airways di Istanbul Airport, saya diminta ke otoritas bandara yang menangani bagasi (di kantor lost and found) dan akhirnya dapet surat keterangan.

Si petugas otoritas ini ga nanya macem-macem. Cuma nanya koper harga berapa, liat boarding pass dan tag bagasi, langsung ngasih surat. Plus air putih. Yang terakhir ini, dia kesian kali liat saya narik-narik koper tanpa roda.

Surat ini nantinya harus dibawa lagi ke kantor perwakilan Uzbekistan Airways di Istanbul atau Jakarta buat minta ganti rugi. Tapi karena saya ga sempet ke kantor di Istanbul dan di Jakarta mereka susah banget dihubungi, akhirnya saya klaim aja ini ke asuransi.

Yang saya sertakan di email:

1. Form klaim, dikirimin petugas ke email setelah saya telp zurich call center.
2. Foto surat keterangan yg saya dapet dari otoritas bandara. Saya jelasin kalau saya ga bisa ke Uzbek Air jadi saya cuma punya itu. Untung bisa dipakai.
3. Foto-foto roda koper saya yang rusak, dengan latar belakang conveyor belt dan tulisan Istanbul Airport. Saya sih ga tau ini diminta nggak, tapi pas di sana saya jaga-jaga aja, foto buat membuktikan kalau emang patah di bandara.
4. Foto boarding pass Tashkent-Istanbul dan juga foto semua tiket dari dan sampe Jakarta.

Sebenernya mereka minta lagi:
1. Bangkai koper yang rusak. Ini ga bisa saya kasih karena kopernya saya tinggal di Istanbul. Saya jelasin di email kalau saya pulang pakai koper sepupu yang tinggal di Istanbul, karena ga sempet beli koper baru.

2. Bukti pembelian koper yang patah, atau bukti pembelian koper baru. Saya ga ada dua2nya.

Saya kirim email sore, besok paginya udah ada email balasan yang isinya klaim yang bisa mereka bayarkan. Karena ga ada bangkai koper, klaim dipotong 10% dari harga koper, dan karena ga ada bukti pembelian, dipotong lagi 20%. Total saya dapet 70 persen dari harga klaim yang saya ajukan. Lumayan laah daripada ga dapet sama sekali.

Dua hari kemudian, duitnya udah masuk ke rekening saya dong. Cepet!

Advertisements

3 thoughts on “Pengalaman Klaim Bagasi Rusak di Asuransi Zurich

  1. nudizak

    Halo mbak Rahma, ini saya yang dari gariswarnafoto hehehe, wah kalau saya mah itungannya masih antar provinsi nih hehehe.
    Wah berguna nih artikelnya, mungkin nanti kalau saya jalan lagi perlu menggunakan asuransi seperti ini juga ya hehehe. Salam kenal mbak

    Like

Ada komen?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s