Q & A Soal Transit di KLIA

Image result for klia 2
Sumber: klia2.info

Berbagai pertanyaan dan komentar masuk ke tulisan saya: Transit di KLIA 2, Mau Ngapain?  Nah, biar gampang bacanya, saya rangkum di sini ya pertanyaan yang paling banyak ditanyakan soal Transit di KLIA dan Kuala Lumpur.

Q: Kalau transit di KLIA 2 , mesti keluar imigrasi?

A: Tergantung. Kalau beli tiket Airasia yang fly thru, ga mesti keluar imigrasi lagi. Kalau beli tiket satuan, ada yang harus keluar ada yang nggak.

Q: Apa maksud tiket fly thru dan tiket satuan? 

A: Tiket satuan adalah tiket yang dibeli per section penerbangan. Misalnya nih, saya mau ke Taiwan dari Jakarta. Maka saya beli tiket Jakarta-KL, lalu beli lagi tiket KL-Taipei secara terpisah. Saya akan dapat dua nomer (kode) booking yang terpisah.

Sementara, Fly thru ini istilah di Airasia untuk beli tiket langsung ke tujuan dalam satu kode booking. Misalnya, saya mau ke Taiwan tadi. Nah ketika di website Airasia saya langsung booking tiket Jakarta-Taipei, walaupun akan transit di KL.  Saya nanti hanya dapat satu bookingan yang isinya dua penerbangan yakni Jakarta-KL, dan KL-Taipei.

Q: Apa untungnya tiket fly thru dan tiket satuan? 

A; Biasanya tiket satuan ini harganya lebih murah. Tapi kalau membeli tiket fly thru, otomatis bagasi akan sampai ke tujuan akhir dan kita tak perlu keluar imigrasi lagi (bisa langsung menuju area transfer antarnegara). Sementara jika membeli tiket satuan, setelah mendarat saya harus keluar di imigrasi, check in lagi di konter, masuk ke imigrasi lagi.

Q: Apa kalau beli tiket satuan harus keluar imigrasi? 

A; Nggak harus, dengan catatan: sudah check in online, sudah punya boarding pass (sudah print dari rumah), dan nggak bawa bagasi. Kalau salah satu syarat ini ga terpenuhi, ya mesti keluar imigrasi. (Note: kebijakan ini bisa berubah ya).

Q: Kenapa kalau beli tiket satuan dan bawa bagasi nggak bisa langsung ke area transfer dan harus keluar imigrasi?

A: Kalau beli tiket satuan, bagasi hanya akan sampai di Kuala Lumpur, bukan di destinasi akhir. Mau ga mau, bagasi harus diambil dan kemudian dimasukkan lagi ke konter check in. Nah, konter check in ini kan adanya di luar, maka mesti keluar imigrasi dulu.

Q: Kalau keluar imigrasi, perlu visa ga?

A: Untuk berkunjung ke semua negara ASEAN, kita nggak perlu visa. Yang diperluin cuma paspor dan duit :D.

Q: Akan bermasalah nggak kalau keluar imigrasi saat transit?

A: Nggak, asalkan punya bukti tiket lanjutannya (membuktikan kita hanya transit aja). Selama ini sih saya nggak pernah ditanyain, tapi itu karena hampir setengah paspor saya isinya stamp Malaysia ya. Biasanya, kalau transit dan catatan perjalanannya belum banyak (paspor masih kosong), akan ditanya kapan penerbangan selanjutnya. Tunjukin aja tiketnya.

Q: Berapa lama jarak antarpenerbangan yang aman?

A: Kalau beli tiket satuan, saya sih ngasih jarak minimal 3,5 jam antara penerbangan satu dengan lainnya, apalagi kalau bawa bagasi. Karena antrian imigrasi di KLIA2 ini cukup panjang. Tiga setengah jam ini waktu yang paling minimal yaaa, dengan catatan pesawatnya ga delay.

Hitungannya gini. Dari turun pesawat ke imigrasi, sekitar 20 menit. Antri imigrasi, paling cepet 20 menit (kalau lagi sepi ya). Keluar nunggu bagasi, 20 menit lagi. Itu udah sejam. Lalu keluar check in lagi, mesti antri lagi.  Itu hitungan minimal ya, bisa jadi lebih kalau imigrasinya antri parah.

Q: Kalau saya transit dan mau jalan-jalan ke Kuala Lumpur, bisa ga?

A: Bisa kalau cukup waktunya. Kalau menurut saya, minimal 8 jam baru bisa jalan-jalan ke KL. Jarak dari KLIA ke KL lumayan jauh, sekitar 45 menit-1 jam. Belum lagi waktu untuk cari bus, antri imigrasi, titip barang (kalau pakai bagasi). Ada sih alternatif naik kereta cepat, tapi menurut saya sih ga worth it kalau habisin uang segitu cuma hanya mau lihat Petronas.

Baca Juga: Cara Menuju Kuala Lumpur dari KLIA 2

Q: Kalau saya transit dan mau jalan-jalan ke Kuala Lumpur, ada penitipan barang di KLIA2 ?

A: Ada, harganya mulai dari 18 RM. Lokasi lengkapnya bisa lihat di http://www.klia2.info/about-klia2/facilities/luggage-storage-and-locker ya. Di KL Sentral juga ada penitipan barang, bentuknya loker juga dengan harga yang sama dengan harga di KLIA. Saran saya sih, mending titip di KLIA aja supaya ga ribet ketika naik bus/kereta.

Q: Kalau saya transit dan mau jalan-jalan ke Kuala Lumpur, naik apa ya enaknya?

A: Ada pilihan naik bus, kereta, dan grab. Lebih lengkapnya bisa cek di tulisan saya soal Cara Menuju Kuala Lumpur dari KLIA 2.

Q: Kalau saya turun di KLIA2 dan penerbangan selanjutnya ada di KLIA, bagaimana caranya?

A: Ini beda bandara, jadi mau ga mau harus keluar imigrasi dan kemudian naik kereta express ke KLIA. Harganya cuma 2 RM dan waktu menuju ke sana hanya 5 menit.

Ada pilihan naik free bus. Tapi kalau waktunya mepet, jangan naik ini ya. Rutenya agak memutar dan mampir dulu di semacam tempat parkir mobil (lupa apa namanya).

Q: Kalau dari Medan (atau daerah lain di Indonesia) mau ke Jakarta via KL, mesti bawa paspor ga?

A: Pastinya. Walaupun cuma transit dan beli tiket fly thru, tetep mesti bawa paspor.

Penerbangan ke KL, meskipun tujuan akhirnya ke Jakarta, dihitung sebagai penerbangan internasional. Artinya di bandara Medan akan terbang dari terminal internasional dan akan melewati pemeriksaan imigrasi. Begitu sampe di KL, kalau pake tiket flytrhu emang ga akan kena pemeriksaan imigrasi, namun begitu sampe Jakarta, akan mendarat di terminal internasional. Artinya kita dianggap datang dari luar negeri dan wajib melewati petugas imigrasi.

Comments

  1. Halo kak, aku butuh bimbingannya. Aku beli tiket satuan (2 kode booking) dengan tujuan JKT – KUL (KLIA 2) dan KUL (KLIA 2) – BKK, tanpa bagasi dan airlines AA. haruskah keluar imigrasi dulu untuk stempel lalu masuk lagi atau cukup stempel di bangkok ?
    Lalu, BKK – SIN ( terminal 4) dan SIN (terminal 3) – CGK, veda terminal haruskah keluar imigrasi )

    1. Halo Kak Nana, di KLIA ga usah keluar imigrasi kak, langsung belok transfer antar bangsa aja. Tapi pastiin udah check=in online ya dan print/simpen di HP PDF-nya. Di SIN aku belum pernah coba sih kak, tapi seharusnya nggak keluar imigrasi.

    2. Waaah maaf ini kok baru terbaca komennya.

      Di KL kalau ga ada bagasi dan udah cek-in online (plus udah dicetak sendiri boarding pass-nya) ga perlu keluar, cukup cari Transfer Antar Bangsa.
      Nah, kalau di SIN, terminal 3 dan 4 itu beda jauh dan ga terkoneksi. Harus naik bus bandara, jadi mau ga mau keluar imigrasi dulu.

      Semoga membantu

  2. Hallo kak. Kalo ak punya tiket cgk -kul
    Kemudian beda kode booking( jadi beli terpisah). Kul- penang. Boleh ga saya langsung ke counter transfer.Apa tetap harus ke imigrasi dulu.
    Hari berikutnya ak balik lagi ke kul.
    Kalo boleh lalu cap pasportnya dimana ya

    1. Halo kak, ini biasanya harus keluar imigrasi dulu di Kuala Lumpur, karena beda terminal. Dari KL-Penang itu terminal domestik, jadi imigrasinya dan cap pasport-nya di Kuala Lumpur.

  3. halo kak, maaf saya mau nanya kak, jadi Januari 2024 nanti saya akan ke SIN dengan tiket satuan CGK – KUL by Transnusa dan KUL – SIn by SQ (tidak bawa bagasi) waktu transit 2jam, apakah perlu keluar imigrasi dulu? jika saya cek terminalnya sama-sama di KLIA1. Dan bisa kah saya checkin disana untuk maskapai SQnya? Terima kasih

    1. Hai kak, ini yg nanya di DM IG ya. Sekalian saya jawab di sini ya, biar dibaca ama yg lain.
      Sepengalaman saya nggak bisa, karena beda maskapai (dan bukan code share dan satu kode booking) jadi diminta keluar dulu. Dua jam kalau nggak pakai abgasi dan ga delay seharusnya cukup walau mepeeet banget. Jadi usahakan dah check-in online via web untuk SQ-nya yaa…

        1. Cetak sendiri aja kak di rumah, soalnya kalau di bandara cuma bisa di bandara keberangkatan. Misalnya kakak dari Jkt-KL KL-Bangkok, yang KL-Bangkok itu cuma bisa dicetak di mesin di KL, ga bisa dari Jakarta

  4. Mba mau tanya, klo sy beli tiket fly thru langkawi – makassar.. transit di KL tapi pesawatnya beda…Langkawi -KL pake AA (klia2) dan KL -Makassar pake Batik (klia1)
    Dan ada bagasi… Apakah sy harus keluar imigrasi di klia 2 dan ambil bagasi trus pindah ke klia 1 untuk cek in ulang ? Masa transit sekitar 4.5 jam..apakah cukup waktunya ??

    1. Ini beda bandara Mbak Febby, jadi pasti harus ambil bagasi, keluar, pindah bandara ke KLIA 1, check in ulang dan masuk imigrasi di KLIA 1.

      Untuk waktunya, cukup kok asal nggak delay. Imigrasi di KLIA 1 nggak terlalu antri, jadi masih aman.

  5. Halo kak Rahmaa. Terimakasih yaa. Infonyaa lengkaap dan kak Rahma dengan sabar dan baik menjawab pertanyaan yang lain.
    Saya merasa sangat terbantuuu karena lagi cari info kalo self transit beda maskapai di KLIA itu gimanaa, apakah mesti keluar imigrasi atau engga.
    Sekali lagii makasih yaa Kak. Semoga selalu sehat dan berkah!

  6. Halo kak, mau nanya. Saya berencana beli tiket satuan SIN-KUL, KUL-CGK.
    Saya ambil flight Air Asia SIN-KUL dg arrival time 19.50,
    kemudian rencana lanjut KUL-CGK dg Air Asia juga dg departure 22.05. Menurut kakak apakah waktu layover tsb cukup utk jaga-jaga delay??
    Dg asumsi tidak perlu pindah bandara (AA di KLIA2).
    Mohon sarannya, terima kasih.

    1. Ini pake bagasi kak? Kalau pake bagasi nggak cukup kak karena berarti kakak mesti keluar dan check in ulang. Antrian imigrasi KLIA2 itu panjang banget.

      Kalau nggak pake, ini cukup, asal delaynya ga lebih dari 30 menit ya. Kalau lebih dari itu lumayan mepet juga.

  7. Halo kakk, aku mau tanya. aku dari Taipei layover di KLIA2 selama 16 jam, apakah boleh keluar bandara? soalnya aku udah ada book hotel didaerah KL sentral. kalo boleh tau keluar imigrasi apakah ada syarat isi form pre-arrival?

    1. Halo kak, boleh banget keluar bandara dan jalan-jalan dulu di KL. Kalau ditanya (tapi jarang terjadi) tunjukin aja tiket lanjutannya. Di imigrasi ga perlu isi apa-apa

  8. Mbak tlg nanya saya akan transit di KLIA. Penerbangan saya dari CGK ke penang. Tansit di KL. Waktunya 1.5 jam, nutut nggak ya? Berangkat naik trans nusa (CGK-KL) dan Air asia (KL- Penang). Tidak bawa bagasi. Mks

    1. halo mbak, kalau saya nggak salah, TransNusa itu mendaratnya di KLIA 1, sementara Airasia di KLIA 2. Ini beda terminal, jadi akan butuh waktu lebih lama buat pindah terminal. Satu setengah jam nggak cukup, minimal 3 jam (ini pun kalau nggak ada delay). Saran saya sih, min. beda 5 jam untuk antisipasi delay dan imigrasi di KLIA 1.

  9. Saya Ada penerbangan Dr YIA – PKU flythru Dan transit Di KL 17 jam. Apakah saya harus kluar imigrasi atau tidak ya? Mengingat saya ndak bawa bagasi. Dan apakah Ada tempat istirahat jika saya tidak kluar imigrasi?

    1. Salam,
      PKU ini pekanbaru kah? Kalau iya, nggak perlu keluar imigrasi, karena dianggap transit rute internasional. Jadi imigrasinya cuma di Indonesia aja. Tapi peraturan ini bisa berubah, coba tanya lagi ya pas check in di Indonesia.

      Kalau PKU ini kota lain (di wilayah Malaysia) harus keluar imigrasi nyambung ke domestrik.
      Tapi rasanya 17 jam sayang kalau nggak keluar imigrasi ya, bisa jalan2 keliling KL dulu itu…

  10. Halo kak aku mau tanya dong
    Aku beli tiket Medan – Kuala Lumpur
    Terus beli lagi beda kode booking Kuala Lumpur – Bangkok

    Aku harus keluar imigrasi atau enggak?
    Dengan catatan aku ga pake bagasi dan bisa dapet e-boarding pass dr checkin online

      1. Hai Kak. Saya ada penerbangan dari Sby ke DMK. Transit di KL 2 jam. Hrs pindah dri KLIA1 ke KLIA2 krna yg Sby-KL itu lion, KL-DMK AirAsia. Gada bagasi. Nunggu imigrasinya lama ga ya? Atau ada cara tercepat?

        1. mepet bgt ya kak, karena boarding gate biasanya ditutup 45 menit sebelum terbang. Katakanlah penerbangan lion sampe on time, kakak butuh waktu 40 menit paling cepet untuk pesawat parkir, kakak keluar, antri imigrasi (walaupun KLIA 1 biasanya ga terlalu banyak antriannya). Lalu jalan ke KLIA 2, bisa 15 menit ini paling cepet (dengan asumsi kakak kan belum apal lokasi jadi mesti nyari letak kereta dmn). Itu udah sejam sendiri kak.
          Belum lagi antri X-ray, imigrasi lagi di KLIA 2.

          Kalau emang memungkinkan, beli yg jedanya minimal 3 jam kak.

  11. Kak mau nanya saya mau pulang dari Penang ke Yogyakarta tapi harus transit ke KL,saya beli tiket yg fly thru apakah perlu ke imigrasi lagi kak?

  12. hallo kak… saya mau tanya … kalo misalnya saya dari kamboja mau pulang ke indo tp psawatnya transit ke klia dl syaratnya harus ada apa aja y kak??

    1. Kalau dalam kondisi normal, ga ada syarat apa-apa mbak.

      Tapi karena sekarang Malaysia masih menerapkan aturan blm ada yg boleh masuk Malaysia, syaratnya mesti ditanyain lagi ke maskapainya. Apa bisa transit di sana atau nggak.

  13. ka mau tanya. saya sebelumnya sudah pesan tiket penerbangan CGK-KL PP dengan waktu tiba di bandara KL 16.35 dan saya baru mau beli tiket penerbangan KL-Phuket dengan waktu dari KL 18.05 dan peswat Air asia 2.2nya. yg saya mau tanyakan. apakah keburu untuk saya pindah pesawat dan apakah harus cekin lagi untuk waktu yang hanya 1,5 jam? terimakasih

  14. Halo mbk salam kenal mbk saya mau tanya nih ak ada ticket dps – kul – penang transit di kul cuma 1 jam ticketnya fly thru penerbangan dps – kul di arrived terminal M
    kul – pen di terminal M jg apakah sya hrus kluar imigrasi ?cukup gk mbk? Pesawat malaysia airlines

    1. Malaysia airline adanya di KLIA, dan ga sepenuh di KLIA2. Kalau beli tiketnya terusan (1 kode booking), ga perlu keluar imigrasi mbak/mas. Langsung ke area transfer domestik aja. Apalagi satu terminal, kemungkinan cuma beda gate aja. Nanti imigrasinya di Penang.

    1. Biasanya di app ada tombol “passes”, di sebelah tombol booking. Coba diklik di situ, keluar ga kayak boarding pass digital.

      Iya, self kiosk itu adanya di luar imigrasi, jadi mesti keluar.

  15. Mbak, mau nanya, saya rencana penerbangan SUB-KUL-BTJ dengan tiket satuan, saya sudah check in via apps Airasia dan agar tidak harus keluar-masuk imigrasi lagi sewaktu transit katanya kan harus print boarding pass. Tapi ini setelah check in via apps, saya cuma dapat QR code dan tidak ada pilihan print boarding pass (pdf) seperti biasanya. Kalo saya baca2 sih printnya di self-check in kiosk di bandara. Apakah berarti saya harus keluar imigrasi dulu baru masuk lagi? atau tetap masih bisa tanpa keluar-masuk imigrasi ya? Takutnya waktu mepet dan ga kekejar. Terima kasih. Ditunggu jawabannya ya mbak.

    1. Wah iya mbak. Kalau check in via app ga ada pilihan buat print. Nanti tunjukin aja e-boarding ke petugasnya (walau dulu saya mesti ngotot-ngototan karena ada petugas yang bilang ga bisa pake e-boarding pass). Bentuknya bukan yg qr code mbak tapi kayak boarding pass elektornik gitu, yg kedap-kedip di layar.

      Kalau ngeprint memang adanya di area luar imigrasi dan ga bisa ngeprint di kiosk surabaya juga untuk tiket KL-BTJnya

  16. Halo ka rahma,
    Sya ingin bertanya ya ka,
    Saya bli tiket satuan dr kota sya-kl-bkk
    Nah mslhny 2jam jarak dr smpi KL dan penerbangan k BKK, gmn ya ka cara siasatin supaya keburu kekarnya, checin online dlu, soalny bwa bagasi , hrus luar imigrasi dlu? Ambl bagasi, sudah it naik k lnti 3 trus musti imigrasi lagi ka?? Mohon di balas

    1. Wah, mepet banget sih kalau dua jam dan pake bagasi. sepertinya ga akan keburu. Satu-satunya reschedule penerbangan yang sebelumnya (atau beli baru) atau ga usah bawa bagasi. Ga bawa bagasi pun 2 jam agak mepet ya karena boarding time-nya kan sekitar setengah jam sebelum keberangkatan yang artinya kamu cuma punya waktu 1.5 jam dari keluar pesawat sampe ke ruang boarding.

      Kalau bawa bagasi, ya mau ga mau keluar dulu dari imigrasi, ambil bagasi, check in lagi, dan masuk imigrasi lagi. Secepat-cepatnya, pasti akan ketinggalan waktu buat ngedrop bagasi yang biasanya ditutup sejam sebelum keberangkatan.

      1. Sbnrny klo ontime wktuny 2,5jam ka, sya perginy dgn kuarga, sya pikir biar sya sndiri aja yg kuar imigrasi n ambl bagasi, kalau yg lain lgsg k gate penerbangan, bisa kan y ka? Yg pnting sya Uda web check-in n puny boarding pass?? Trus klo yg lainny mau lgsg msuk aja y k transfer??

        1. Bisa lgsg, yg penting mrk udah ada boarding pass. Mbak/Masnya beli kursi depan aja, jadi begitu pintu dibuka, bisa kabur secepatnya. Kalau duduk di belakang mesti nunggu antrian.

          1. Oh ya ka ak mau nny jg, kan ak bli tiket satuan puny 2 kode booking, klo check-in online BSA 22ny ap cmn BSA slh satu kode booking aja check-in online? Trus klo bagasi pas mau drop Ats nm kuarga yg lain, sya aja yg wakilin BSA ga y ka

          2. Checkin online bisa dua2nya lansung, asal 14 hari – 4 jam sblmnya. Kalau bagasi ga bisa diwakilin krn saat check in si penumpang mesti ada di konter.

  17. Mbak, numpang nanya..
    Saya rncna ke Delhi via KL dan balik lagi sekitar sebulan lbih.
    Nah, apakah pas balik via KL sy terhitung overstay, karena visa-free ASEAN kan 30 hari aja..

    Makasi sebelumnya..

    1. Lama visa terhitung ketika masuk ke suatu negara. Jadi kalau udah masuk Malaysia, lalu ke Delhi udah dianggap keluar negara itu. Ntar pas masuk lagi, visanya ulang lagi hitungannya dari awal.

  18. mbak…klo saya beli tiket dengan 2 kode booking,,dari medan ke KL ke Johor baru…tanpa bagasi…harus kah saya ke imigrasi lagi ?
    terimakasi sebelumnya mbak…

    1. pertanyaan kita sama, mba. kita harus keluar imigrasi dulu di KLIA 2 pas mendarat dari kota tujuan, lalu karena penerbangan selanjutnya domestik, jadi, nga perlu cap imigrasi keluar, mba..

    2. Mesti mbak, karena KL-Johor itu penerbangan domestik yang terminalnya beda dengan internasional. Jadi mesti keluar imigrasi, dicap paspornya di KL.

  19. saya ada rencana penerbanga medan surabaya transit di KL mengingat tiket lbh murah,,apa sj dokumen yg hrs dibawa mbk? soalnya masih mau nyoba utk pertama kali, apakah cukup tiket dan pasport saja ? atau hrs pakai visa ? mhn info lbhjelas mbk, trims

  20. Makasih mbak infonya
    Btw mau tanya,sy baru namatin kontrak kerja di malaysia,baru pulang kemaren(24 sept 2019)
    And ke medan gt
    Nah sabtu ni saya mau ke surabaya,naik MAS tentunya via KUL ya kn. Apa pasport saya akan berlaku? Sblumya sy guna pasport pelancong tp di ubah jd pasport pkerja scara sah gt. .
    And ada cop kluar jga,pokok ya sy kluar dgn legal.
    Jd sabtu ni sy bisa gunakan kembali gak ya pasport itu untuk ke surabaya?

  21. halo mba saya mau nanya kalo saya mau beli barang mewah di singapore dalam jumlah banyak lalu pulang ke indonesia transit ke KL apakah dari bandara KLnya kena cukai juga ? terimakasih

  22. kak, saya ada penerbangan dari padang – kl – Johor.. (KL dan Johor kan masih 1 wilayah malaysia) saya keluar dulu dari imigrasi kedatangan dan di cap pasport kan? nah, pas saya mau ke Johor nya? perlu imigrasi lagi kah?? atau saya bisa langsung check in dan terbang ke johor (seperti penerbangan dalam kota di indonesia)??

    1. oh ya, tiket saya nga Flythru, alias beli tiket 1 dari padang – kl, beli tiket lagi kl – johor..

    1. Ga bisa mbak. Menurut peraturan interansional, masa berlaku paspor minimal 6 bulan. Diperpanjang aja dulu pasprnya, baru berangkat.

  23. Kak saya ada penerbangan dari JKT-KL-MDN waktu transit cuma sejam. Tiba dan akan brangkat di terminal M. Apakah saya harus lewat imigrasi di KL? Sy punya pasport cm bertanya

  24. Halo mbak
    Saya beli tiket mdn-kl-bali
    Rencanya ga mau kluar imigrasi sh
    Krn wktnya mepet
    Jd mau check in online aja
    N ga bw bagasi
    Ad konseskuensinya ga?
    Harusnya mesti atau ga ya?
    Soalnya sy bngng
    Ad tmen yg blg bs
    Ad yg blg ga
    *tidak connecting flight atau belinya terpisah

    1. Halo mbak, selama ini bisa. Asal udah check in online dah dah diprint bpass-nya seperti yg saya tulis di atas. Langsung aja ke transfer desk, jgn nanya panjang lebar cukup tunjukin aja boarding pass selanjutnya.

      Pengalaman org2 dan jawaban saya soal ini bisa dibaca-baca jg di komen orang2 di artikel Transit di KLIa

  25. kak mau tanya oktober nanti saya mau ke jakarta dari medan,jd saya mulai cari2 tiket di traveloka dari sekarang kalau saya ambil langsung medan-jakarta harganya lumayan mahal,ada yang murah tapi harus transit kuala lumpur 2jam saya harus bawa paspor/tidak ya?saya tidak ada rencana untuk keluar imigrasi karna hanya 2 jam tetapi apakah saya harus urus paspor karna harus transit di kuala lumpur?

    1. saya kurang mengerti karna baru pertama kali transit di kuala lumpur padahal hanya untuk ke dalam negeri

    2. Kak, kalau saya fly thru tapi mau keliling KL dulu saat transit bisa kan ya? Soalnya waktu transit lumayan lama, sekitar 8 jam. Thank you

        1. wah maaf kelewat ini komennya. Tetep kujawab ya biar orang-orang pada baca.

          Aturan internasional, paspor harus lebih dari 6 bulan, walaupun cuma transit. Kecuali mau pulang ke Indoonesia, ga masalah kurang dari 6 bulan. Di kasus Kak Yudi, kakak mesti ke luar Indonesia dulu, walau nanti balik ke Indonesia. Pas Check-in bisa jadi ditolak kak.

  26. Hai mbak mau nanya nich
    Penerbangan dari macao ke Surabaya transit Klia 2 makan waktu di bawah 3 jam
    Apa hrs hrs kluar imigrasi atau tidak
    Dan bagasi apa langsung di negara tujuan
    Booking ticket saya Flythru
    Maaf soalnya baru pertama kali mau transit K L

    1. Hallo mbak, mbak nggak perlu keluar imigrasi lagi.

      Lebih lengkapnya udah ada di tulisan di saya di atas, yang pertanyaannya: ” apa untungnya pake flythru”

        1. Halo Mbak Cici,

          Ya mbak harus pake paspor. Meskipun tujuan akhirnya Riau, tapi ini udah kehitung keluar Indonesia dulu. Di Bandara Juanda nanti juga mesti lewat terminal internasional dan lewat imigrasi.

  27. Terimakasih mbak…atas jawabannya…soalnya kalau nginap di airport harganya mahal sekali…tidak cocok untuk backpacker seperti saya…

  28. Mbak / Mas, mau nanya..kalau tiket saya fly thru dari Medan ke Taiwan, transit bermalam (16 jam) di KLIA 2, apakah saya diperbolehkan nginap di luar airport, tanpa mengeluarkan bagasi ? Apakah keluar nginap harus melalui proses imigrasi (pengecap an pasport?). Terimakasih

  29. Hai Mbak, aku mau nanya nih, kan aku Transit di KLIA2 tapi tiketnya tidak fly thru dan aku juga tidak membawa bagasi, jarak waktu transitku cuma 3 jam 40 menit.

    Aku berencana check in online dan print boarding pas untung langsung masuk ke area transit, tapi seperti kata Mbak di penjelasan di atas jika peraturan tidak berubah hal ini dapat dilakukan.
    Yang mau aku tanyakan untuk jaga-jaga jika aku harus keluar imigrasi dan check in ulang, apakah jarak dari keluar imigrasi ke departure hall cukup jauh atau berdekatan?

    Terima kasih sebelumnya Mbak 🙂

    1. 3 jam 40 menit insyaAllah cukup Mbak, meski harus keluar imigrasi dulu. Tapi, kalau masih ragu, usahin begitu keluar dari pesawat, jalannya cepat, jgn mampir ke kamar mandi dulu ;D. Jarak dari turun pesawat ke imigrasi lumayan jauh.

      Jarak dari keluar imigrasi ke departure hall ga jauh cuma beda lantai aja (arrival hall di lt 2 dan departure hall lt3). Tapi bagi yg baru pertama kali bisa jadi membingungkan krn banyaaaak bgt orang seliweran.

  30. Halo, mbak..
    Saya berencana ke KL dan Singapore pekan depan.
    Rute saya naik pesawat ke KLIA2 trus langsung lanjut naik bus ke Johor Bahru.
    Saya mau tanya..
    Sebaiknya saya pesan bus berapa lama setelah waktu kedatangan?
    Trus kalo misalnya pesawat delay dan saya ketinggalan bus (naudzubillah) apakah tiket bus saya bisa direschedule?

    Terima kasih sebelumnya, mbak..

    1. Saran saya sih langsung beli on the spot aja Mas, banyak busnya. Apalagi kalau nggak buru-buru, soalnya setau saya, bus yang dibeli dengan jam tertentu nggak bisa direshedule.

      Kalau beli on the spot, ga was-was ketinggalan bus, walau kerugiannya harganya biasanya lebih mahal daripada booking online (di esybook.com atau redbus.com suka ada diskon).

      Tapi kalau mau beli online juga, spare waktunya dilebihin minimal dua jam deh dari jam kedatangan. Pertama, antrian imigrasi KLIA2 lumayan panjang belum lagi jalan ke luar dan ambil bagasi (kalau ada). Yang kedua, antisipasi Airasia delay (walaupun selama ini saya naik AA belum pernah delay lama kecuali ada force majeur atau cuaca ga baik).

    2. Halo mba. Mau tanya saya naik pesawat malaysia airlines dengan jena 1jam 15 menit transit KLIA2 tiket flytrue. Apa itu aman? Apa waktunya cukup? Apa bila ada keterlambatan apa pihak maskapai akan bertanggung jawab?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!