Backpacking ke Taiwan: Restoran Halal di Taipei

Ketika mencoba gugling soal makanan halal di Taipei, Taiwan, saya cukup suprise. Ternyata tak terlalu susah menemukan restoran dan makanan halal di Taipei.

Untunglah sewaktu ke sana, saya ditemani oleh Sarah, adik ipar teman saya, yang sedang mengambil kuliah S2 di sana. Dialah yang menunjukkan di mana saya bisa membeli makanan halal di Taipei dan sekitarnya.

Baca juga: Lost in Translation in Taichung

Berikut beberapa restoran dan makanan halal di Taipei yang sempat saya cicipi.

1. Chang Beef Noodle Shop

Salah satu makanan yang wajib dicoba di Taipei adalah Beef Noodle, sejenis mie dengan kuah kaldu bening dan irisan daging. Di mana-mana bertebaran tempat makan beef noodle ini, tapi kebanyakan tak halal.

Nah, Chang Beef Noodle Shop ini menghadirkan mi halal dengan kuah kaldu sapi. Rasanya lezat dan potongan daging sapinya empuk banget. Selain mie, mereka juga menyajikan pangsit isi daging rebus dan pangsit isi daging goreng.

  • Restoran ini terletak di No. 21, Yanping South Road, Zhongzheng District, Taipei City. Tak jauh dari Ximending area, pusat perbelanjaan anak muda Taipei.
  • Di dinding restoran penuh dengan kaligrafi bertuliskan ayat Al Quran. Ada logo halalnya juga di depan pintu restorannya.
Beef Noodle Halal Taipei
restoran halal Taipei
Di depannya dijual banyak camilan, tapi saya ga coba sih..

2. Fried Chicken Master Gongguan Night Market

Sarah mengajak saya ke salah satu night market kecil dekat kampusnya. Gongguan Night Market namanya. Di sini ada beberapa stall makanan, salah satunya Fried Chicken Master. Restoran fast food ala Taiwan ini memiliki sertifikat halal dari komunitas muslim Tiongkok. Di sana ada taiwanese street food yang tersohor, seperti chicken fillet, chicken pop corn, kentang goreng, dan sebagainya.

restoran halal Taipei
Makanan-makanan di Friend Chicken Master. Foto ambil dari DanielFoodDiary.com. Lupa foto-foto saking lapernya
  • Fried Chicken Master ini beralamat di No. 158, Sec. 3,Tingzhou Road, Zhongzheng District, Taipei. Letaknya satu blok di seberang Gongguan Station.
  • Restoran ini ada di beberapa cabang, tapi yang saya coba adalah di sini.
  • Dan restoran ini ga punya tempat duduk, jadi cuma bisa takeaway ya..

3. At Taqwa Musolla and Restaurant di Ruifang

Ini sebenarnya bukan berada di wilayah Taipei, tapi sudah di wilayah Ruifang. Saya mampir ke sini sebelum menuju Juifen. Restoran ini letaknya sekitar 500m dari Stasiun Kereta Ruifang. Mesti berjalan kaki memang, namun sepanjang jalan menuju restoran ini akan ada deretan toko yang menarik buat dilihat.

Dari luar tampilan restoran ini memang tidak terlalu mengesankan, sangat sederhana. Makanan yang tersedia juga sangat sederhana, yakni baso, indomi, telur dadar, ikan goreng, dan beberapa makanan Indonesia lain. Tapi lumayan lah buat mengisi perut sebelum datang ke Jiufen Old Street.

Di sini juga tersedia musala, jadi bisa numpang selonjoran kalau capek. Dan ada juga barang-barang merek dari indonesia. Kalau akan menuju Jiufen Old Street menggunakan bus, setelah makan tinggal menyebrang ke perempatan di dekatnya. Di depan warung kecil ada tempat perhentian bus menuju Jiufen.

Lokasi restoran halal di Ruifang
Lokasi restoran halal di Ruifang

Baca juga: Jajanan Halal di Night Market Taipei

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!