Cari Hotel di Semarang dengan Traveloka

Akhir-akhir ini saya banyak disibukkan oleh tugas ke berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Dalam sebulan, bisa dua atau tiga kali saya pergi. Seneng aja saya sih, apalagi setelah pekerjaan selesai dan saya ada waktu banyak (baca: ga dikejar dosen pembimbing tesis), saya diperbolehkan eksten alias memperpanjang waktu saya di sana sendiri. Lumayan kaan, liburan tanpa mesti beli tiket pesawat #anakmodis.

Salah satu tempat yang akan saya sambangi (lagi) adalah Semarang. Ya, setelah tugas tiga hari di Semarang bulan depan, saya ingin menjelajahi ibu kota Jawa Tengah ini. Sendirian saja. Banyak objek di Semarang yang ingin saya kunjungi lagi, terutama objek-objek wisata arsitekturnya. Kata kawan-kawan saya yang baru saja dari sana, pembangunan yang dilakukan pemerintah kota menjadikan Semarang kini menjadi lebih cantik dan menarik.

Kota tua Semarang akan menjadi tujuan utama saya. Saya sebenarnya sudah beberapa kali ke sini, namun katanya lagi, sekarang ini pemda Semarang melakukan revitalisasi kota tua sehingga Kota Tua Semarang menjadi lebih tertata rapi. Bangunan-bangunan yang dulunya kumuh dan tak terawat dipugar dan diperbaiki; ada yang kemudian dikelola pemerintah, ada pula yang diambil alih oleh swasta dan kemudian dijadikan restoran atau kafe.

DSCF7509
kota tua Semarang

Ya, café. Selain tempat-tempat wisata seperti Gereja Blenduk, di kota tua sekarang ini katanya banyak cafe baru bermunculan. Salah satunya Cafe Siegel, sebuah cafe modern namun berlokasi di dalam bangunan tua. Saya jadi ingat starbuck cafe yang ada di salah satu daerah Shamian Dao di Guangzhou, China. Saya betah berlama-lama di sana karena cafenya ada di bangunan tua yang dibangun sejak tahun 1920. Kebayang kan kerennya?

Tempat lain di Semarang yang bikin saya penasaran adalah Kampung Pelangi, sebuah kampung warna-warni yang fotonya pernah saya lihat di timline IG kawan pejalan. Katanya sih, area ini dulunya adalah sebuah kampung kumuh. Kini, kampung kumuh tersebut dibersihkan lalu dicat dengan aneka warna. Selain menarik dilihat, di sini banyak lukisan dinding yang bisa dijadikan latar belakang profile picture IG. Semacam yang ada di Bali Lane Singapura atau Melaka di Malaysia gitu.

Walaupun sudah berkali-kali ke Semarang, namun biasanya saya menginap di rumah teman ataupun di rumah sepupu saya di Semarang Atas. Kali ini, saya mesti mencari-cari sendiri hotel yang letaknya strategis: dekat dengan tempat tugas saya, tapi ga jauh juga dengan objek-objek wisata yang akan saya datangi. Setelah bertanya sana-sini, saya disarankan menginap di area Semarang Tengah saja. Okelah

Pilihan jatuh pada hotel Dafam. Saya mendapat harga Rp375.000/malam yang saya booking lewat situs traveloka. Kalau saya bandingkan dengan situs lain, harga di situs traveloka ini lebih murah. Apalagi kalau belinya lewat aplikasinya.  Saya coba intip situs lain, harganya berkisar Rp385.000 lebih. Bagi saya sih, 10ribu itu lumayan lho, apalagi kalau dikalikan sekian malam.

Btw, akhir-akhir ini saya selalu cari hotel pake situs pencari hotel Traveloka. Selain harganya relatif murah, pilihan hotelnya lumayan lengkap, mulai dari hotel yang mahal sampai yang murah. Mulai dari hotel bintang lima hingga losmen bed and breakfast. Kalau lihat di situsnya, di situ ada tulisan kalau mereka bekerja sama dengan banyak jaringan hotel lokal dan internasional, mulai dari Swiss Bell, Accor, Tauzia, Santika, dan banyak lainnya. Ada juga hotel-hotel yang ada di bawah bendera airyroom.

peta
list penginapan di Traveloka sangat lengkap.

Dan yang penting buat saya niih,  harga yang tertera di sana adalah harga akhir. Artinya, yang saya lihat di halaman awal itulah yang akan saya bayar. Saya pernah pakai situs pencari hotel yang lain. Di situs itu, yang ditampilkan adalah harga awal yang belum termasuk pajak dan biaya administrasi. Saat mau bayar, baru deh keliatan total harganya yang ternyata berbeda sekian puluh ribu dengan harga yang ditampilkan di awal. Nyebelin kan

Selain itu, di traveloka ini juga ada filter-filter yang mempermudah saya mencari hotel yang sesuai  buat saya. Ada filter bintang, harga, kategori, fasilitas. Ada pula filter jenis properti jadi bisa mencari jenis penginapan yang diinginkan apakah apartemen, hotel, atau hostel. Yang paling sering saya pakai (selain filter harga tentunya) adalah filter area. Jadi saya bisa memilih lokasi yang sesuai dengan keinginan saya. Misalnya nih, saya kan inginnya di area dekat tengah kota. Saya klik filter area dekat Lawang Sewu, muncullah sederet hotel yang bisa saya pilih.

Ada juga fitur pencarian dengan peta. Jadi hotel-hotelnya ditampilkan bukan berupa daftar panjang, tapi dengan peta. Dengan peta begini, lebih enak mencari hotel sesuai lokasi yang saya mau. Di situs lain ada juga sih fitur semacam ini, tapi di traveloka ini terasa lebih mudah.

peta 2
fitur peta yang jadi andalan saya. lebih gampang kalau pilih hotel sesuai lokasi yang saya mau

Bagaimana soal kemudahan pembayaran? Waktu booking hotel ini, saya bayar pakai kartu kredit biar dapat poin kartu kredit dan dapat promo. Yap, ada promo khusus dengan kartu kredit BNI saat saya booking. Makanya, sebelum booking atau bayar, sering-sering deh cek halaman promo traveloka karena pasti ada aja promo menariknya. Sekarang ini aja ada promo beberapa kartu kredit.

Selain pembayaran dengan kartu kredit, ada beberapa metode pembayaran yang saya bisa pilih: mulai dari bayar di atm, mobile banking, ataupun pay at hotel alias bayar di hotel.  Metode yang terakhir ini memang ga berlaku di semua hotel sih. Daftar hotel yang menggunakan sistem pay at hotel akan muncul kalau mengklik menu “pay at hotel” di bagian atas list hotel atau di sidebar di sisi kiri (ini kalau buka di pc).

peta 3.jpg
berbagai pilihan pembayaran traveloka

Sejauh ini, saya pribadi masih akan pakai situs ini. Harganya lebih murah (apalagi kalau ada promo),  situsnya mudah dipakai alias user friendly, dan banyak pilihan cara pembayarannya. Kalau kamu, gimana? (ADV)

 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!